Sunday, November 13, 2011

Cara Mengganti Ban Mobil dengan Benar

www.tipsmobilbaru.blogspot.com - ada hal yang menarik yang biasanya terjadi saat kita sedang berkendara, ban bocor adalah hal tak terduga yang sangat mengganggu saat kita dalam situasi perjalanan. Ban bocor akan menjadi sulit buat kita saat kita tidak memiliki kemampuan untuk menambal atau mengganti ban mobil.
cara, tips, ganti, ban, mobil, bocor, dijalan
Biasanya kita akan tahu ban kita bocor ketika kita merasakan ada yang aneh pada handlingnya (lebih berat dan bisa oleng), nah untuk memastikan kita bisa berhenti sejenak untuk turun (melihatnya).
Jika terjadi kebocoran tiba-tiba
Saat mobil berjalan lalu tiba-tiba kita merasa ban bocor, maka ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mengatasinya, antara lain:
1. bersikaplah tenang jangan panik, karena kepanikan akan menyebabkan pengendara dibelakang kita kebingungan, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak mengenakkan.
2. segera lihat sekeliling, hidupkan lampu riting cari sela untuk menepi. pilih tempat yang datar (bukan jalan naik atau turun) untuk menjaga mobil kita melorot dari ketinggian saat mobil diservice, cari tempat yang rata (bukan jalan berbatu/makadam/lumpur) untuk memudahkan kita memperbaiki ban, pilih tempat yang longgar agar kita dapat leluasa memperbaiki ban.
3. setelah mendapat tempat yang layak, segera posisikan persneleng/ kopling pada posisi R, segera turun dan pasang rambu segitiga pada jarak 10 sampai 20 meter tergantung besar kecil mobil.
4. setelah itu keluarkan alat-alat untuk mengganti ban, alat yang dibutuhkan adalah: ban serep atau cadangan, dongkrak, kunci untuk ban (ukuran ban)
5. longgarkan baut-baut ban yang bocor akan tetapi jangan sampai lepas, langkah selanjutnya adalah memasang dongkrak pada bawah mobil, pilih bagian mobil yang cukup kuat atau lihat dibuku manual.
6. setelah baut melonggar, dongkrak mobil sampai ban terangkat (menggantung). lepaskan baut-baut dengan tangan, pastikan baut ditempatkan pada tempat yang aman jangan sampai hilang. lepaskan roda, lalu pasang ban cadangan tapi ingat dalam mem`sang ban cadangan yang perlu diperhatikan adalah saat memperkencang baut tidak boleh dilakukan secara urut, akan tetapi dilakukan dengan cara bersilangan dan terlebih dahulu sebisa mungkin dikencangkan dengan tangan.
7. setelah ban terpasang, turunkanlah mobil dengan mengendorkan dongkrak. lepaskanlah dongkrak, lalu kencangkan lagi baut serapat-rapatnya dengan menginjak kunci serapat-rapatnya, jika yakin sudah kencang maka anda bisa segera memasukkan semua peralatan dan mengambil segitiga pengaman tadi :)
so, silahkan melanjutkan perjalanan :)
ganti, ban, mobil, bocor, cara, tips
artikel selanjutnya:

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...