Monday, November 7, 2011

off road, berkendara bersama menikmati alam raya

off road pada mulanya adalah salah satu hobi berkendara melintasi alam yang sampai saat ini tetap menjadi icon, namun saat ini off road juga menjadi cabang olah raga yang dilombakan. lepas dari dilombakan atau tidak off road merupakan kegiatan mengendarai mobil melintasi alam tanpa melewati jalan yang selayaknya dilewati mobil.

hobi ini berkembang pesat karena ternyata banyak pemilik mobil justru menyukai alam pedesaan, hutan, gunung, laut dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. kegiatan offroad memiliki tantangan tersendiri karena pada dasarnya ia menghindari jalan aspal, maka lumpur, batu, tanah, air, licin, curam adalah hal-hal yang biasa dilewati bahkan menjadi keharusan untuk melewatinya.

tak jarang cuaca ekstrim berpadu dengan jalan ekstrim tapi kita harus melewatinya,,maka peran bersama kini menjadi sangat penting. mulai parit sampai jurang merupakan medan2 kegiatan off road ini, beberapa jenis kegiatan off road yang sering dislenggarakan di Indonesia antara lain:

1.  fun off road, fun off road lebih mengutamakan wisatanya melihat alam pedesaan dengan medan biasa biasanya diikuti karyawan perusahaan atau keluarga dengan waktu yang tidak terlalu banyak.

2. touring off road, bersifat wisata petualangan alam dengan medan lebih berat dari fun off road dan waktu yang lebih lama.

3. adventure offroad, off road ini mulai bertujuan untuk menaklukkan alam, mulai menghilangkan aroma wisata alam akan tetapi meningkatkan penaklukan terhadap kerasnya medan atau cuaca

4. extreme offroad, ini merupakan off road kompetisi, dengan medan yang berat dan tingkat keamanan yang tinggi.

5. speed off road, off road jenis ini merupakan kompetisi, menggunakan kecepatan dan waktu terpendek untuk sampai tujuan.

6. formula off road, merupakan perlombaan balap off road dengan sirkuit berpasir.

di luar negeri masih banyak jenis-jenis offroad yang tidak diulas disini seperti grandlaning, two tracking, dll

*Berikut Ini merupakan ulasan mengenai mobil-mobil yang biasa digunakan untuk off road di indonesia:

1. Jeep Willys (silahkan liahat ulasannya)

2. Toyota Hartop / land cruiser

3. Taft 4x4

4. Pajero Sport Dakar 4x4

5. dan yang akan keluar tahun 2013 Suzuki Jimny 4x4 (silahkan lihat ulasannya masing-masing)

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...