Saturday, June 7, 2014

Mengenal Jenis Dongkrak Mobil dan Fungsinya

Dongkrak mobil digunakan untuk mengangkat mobil, mengangkat mobil ini sering dilakukan untuk oleh pemilik mobil memperbaiki bagian bawah mobil seperti kaki-kaki mobil (velg, ban, shockbreaker, dll) ataupun mesin yang letaknya berada di bawah mobil (misalnya pada mobil minibus). 
Secara umum ada 3 jenis dongkrak yang biasa digunakan antara lain: dongkrak jenis botol, dongkrak jenis gunting dan dongkrak jenis buaya. 

Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri yang mana secara umum dongkrak buaya lebih aman digunakan dan lebih mahal harganya sedangkan dongkrak gunting lebih ringkas dan harganya murah. Berikut ini adalah Jenis dongkrak mobil dan fungsinya:
Jenis Dongkrak Botol (Botle Jack)
Dongkrak botol adalah dongkrak dengan sistem hidrolis yang bentuknya menyerupai botol, dongkrak ini untuk menggunakannya diletakkan dibawah mobil dan memompa tuasnya (digerakkan naik turun dengan tangan) yang kemudian sistem hidrolis dongkrak akan mengangkat beban di atasnya (mobil), untuk menurunkan mobil yang telah diangkat cukup mudah yakni dengan cara memutar katup dongkrak pada bagian bawah sehingga secara perlahan sistem hidrolis akan kehilangan tekanannya dan beban akan turun dengan perlahan. Jenis dongkrak botol ini cukup ergonomis dan kecil (ringkas) sehingga banyak disukai pemilik mobil, pecinta otomotif banyak membawa dongkrak ini sebagai piranti dasar dalam perawatan mobil serta dibawa kemana-mana.
Selain praktis dongkrak botol juga cukup murah harganya (meskipun masih lebih murah dongkrak gunting).
Jenis Dongkrak Gunting
Dongkrak guntung juga sering disebut dangkrak ketupat atau dongkrak jembatan, gerakan naik/ turun dongkrak gunting ini sangat mirip dengan gunting yang mana untuk menaikkan beban pecinta otomotif cukup memutar poros searah jarum jam dan untuk menurunkan pecinta otomotif memutar ke arah sebaliknya. Sistem dongkrak guntuing ini tidak memakai sistem hidrolis sehingga pecinta otomotif tidak perlu khawatir bocor saat mobil telah terangkat, resikonya memutar ulir (poros) juga terasa agak berat.
Gambar dongkrak gunting ada di paling atas
Jenis Dongkrak gunting ini menjadi dongkrak yang paling murah harganya jika dibandingkan dengan ke 2 jenis dongkrak lain (buaya dan botol), perawatan sangat mudah, agak sulit menggunakannya karena agak berat memutarnya dan harus membungkuk.
Dongkrak tipe gunting ini menjadi dongkrak standar/ bawaan mobil (disertakan saat pecinta otomotif membeli mobil baru), cukup ringkas pula
Jenis Dongkrak Buaya
Jenis dongkrak buaya memakai sistem hidrolis untuk mengangkat beban, akan tetapi cara mengangkat beban dongkrak ini sangat mirip dengan membukanya mulut buaya sehingga dinamakan dongkrak buaya. Dongkrak buaya menjadi dongkrak yang paling mudah digunakan karena memakai sistem hidrolis dan tuas yang panjang sehingga mudah memasukkan dalam kolong mobil, mudah dipindahkan karena dongkrak ini memiliki 4 roda, ringan karena memaki sistem hidrolis.
Kekurangan dongkrak buaya adalah harganya yang mahal dan dimensi yang besar sehingga kurang praktis, membutuhkan tempat yang besar untuk menyimpan dongkrak buaya sehingga dongkrak tipe ini jarang dibawa kemana-mana. Jenis dongkrak buaya sangat cocok untuk pecinta otomotif yang memiliki usaha bengkel mobil atau sangat sering membenahi mobil di rumah.
Bagaimana tips mendongkrak mobil yang benar? ikuti tips berikutnya tentang Tips Mendongkrak Mobil Dengan Aman

1 comment:

  1. Saya punya masalah dalam wiring Corolla gl 84, bisakah dibantu untuk gambar wiring diagram nya ? Karena Corolla jenis ini sedikit berbeda dalam system wiring nya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...