Saturday, November 19, 2011

tentang ketok magic dan body repair

BODY REPAIR dan KETOK MAGIC mempunyai metode perbaikan yang berbeda dalam pengerjaannya, dimana ketok magic menggunakan metode (Ketok Halus) dengan mengetok dengan kayu, dan body repair menggunakan metode
Ketok Las untuk memperbaiki body atau chassis mobil. masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan tapi pada intinya tetap sama untuk memperbaiki body atau chassis yang rusak agar kembali normal seperti sebelumnya.
Dalam memperbaiki body atau chassis sangat tergantung pada keahlian pekerja. Tidak semua bengkel bisa menerapkan dua metode (ketok las dan ketok halus) secara bersamaan, karena keterbatasan jumlah tenaga ahli ketok halus sekarang. Biasanya bengkel menerapkan satu metode saja yaitu ketok las untuk memperbaiki body dan chassis. Saat memperbaiki chassis yang bengkok; perbaikan dengan metode ketok halus sangat tepat untuk mempertahankan kekuatan chassis, bila bagian chassis patah
terlipat atau mungkin putus maka metode ketok las yang diterapkan.
Dalam menangani perbaikan mobil tabrakan, kemungkinan2  yang perlu diperbaiki adalah:
1. Chassis & body tidak presisi/ miring
2. Roda depan dan belakang tidak simetris.
3. Setir mobil lari kekiri dan kekanan serta laju kendaraan tidak stabil
4. Jarak body kanan-kiri atau depan-belakang dengan permukaan tanah berbeda
Memperbaiki bodi penyok sendiri
Sekarang banyak mobil yang dibuat dengan plat yang lebih tipis, hal ini memungkinkan kita untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan sangat mudah yakni dengan menyiramnya dengan air panas, kemudian menekan-nekan bodi mobil dari dalam agar yang penyok kembali ke semula. Tujuan menyiramkan air panas adalah untuk membuat bodi lebih lentur dan memudahkan kita menekan penyokan dari dalam.
Tak hanya itu, metode menyiram air panas ini juga sangat efektif digunakan untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok akibat tabrakan ringan, nah berikut adalah detail cara memperbaiki bumper dan bodi yang penyok dengan air panas

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...