Tuesday, November 29, 2011

toyota fortuner memiliki keunggulan di medan berat

tipsmobilbaru.blogspot.com - kesan kokoh dan gaya telah menjadi keunggulan toyota fortuner, Toyota Fortuner terkenal sebagai mobil SUV bermesin diesel yang tangguh, selain mesinnya dia juga memakai penggerak 4x4 sehingga medan yang sulit pun bisa dilewatinya dengan baik.
Kelemahan mobil bensin adalah tenaga mesin yang kecil meskipun terasa nyaman mengendarainya, kekuatan mesin diesel rupanya menarik minat pabrikan toyota untuk membuat mobil bermesin diesel dengan kenyamanan berkendara serupa mesin berbahan bakar bensin.
Toyota kijang meskipun memiliki keunggulan dalam ketahanan mesin, akan tetapi tidak memiliki tenaga yang cukup besar sehingga kijang innova hanya bisa dikendarai pada medan yang relatif ringan.
ketertarikan pabrikan mobil toyota untuk memproduksi mobil SUV dengan mesin diesel yang mampu digunakan pada medan berat akhirnya diwujudkan oleh produk fortuner, toyota fortuner mulai diperkenalkan ke masyarakat tahun 2007, mengusung konsep mobil SUV yang nyaman dikendarai tapi mampu melaju pada medan berat. kelebihan utama mobil ini adalah pada bentuk mobil yang besar, badan mobil yang relatif tinggi dan ban dengan batik ber alur pacul yang tebal dimana posisi ini diperlukan untuk melewati medan yang tidak rata atau berair selain keunggulan mesin yang memang benar2 tangguh.
kapasitas mesin dari toyota fortuner adalah 2500 cc yang bertransmisi manual dan berpenggerak 4x2, untuk transmisi otomatis mesin diperbesar dengan kapasitas 2700 cc untuk mensupport akselerasi dan kehandalan dalam menaklukkan medan. Toyota fortuner manual memiliki 6 kecepatan dengan tenaga maksimal 102 dk/ 3.600 rpm dengan berat 1.800 kg mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam 18 detik.
kemampuan berjalan pada medan berat dari toyota fortuner adalah:
- medan berair / genangan air yang tinggi yang sulit dilewati mobil lain
- medan berbatu dengan mudah akan dilahap mobil ini, mobil ini melaju tenang dengan medan berbatu seukuran bola (sepak bola)
- medan pasir, mobil ini sangat mumpuni dalam melewati medan pasir, pada pasir dengan ketinggian 10 cm toyota fortuner masih mampu melaju dengan kecepatan 40 km/jam
- tanjakan dengan kemiringan 45 derajat di jalan makadam bisa dilewati.
untuk generasi yang lebih garang, toyota mengeluarkan toyota fortuner v6.40 dengan kapasitas silinder 4000 cc, hmmm maka kemampuan yang telah saya sebutkan diatas bisa dilipatkan :)
Tahun 2012 telah hadir All New Fortuner VNT Turbo, baca ulasan kelebihan dan kekurangannya disini
Dibawah ini adalah Saingan dari Toyota Fortuner :
1. Pajero Sport Dakar (baca Ulasan Disini)
2. Mitsubishi New Strada Triton (baca Ulasan Disini)
Toyota Fortuner yang keluar pada 5 tahun berikutnya yakni tahun 2016 mesinnya sudah sangat berbeda, tenaga yang bisa dikeluarkan meningkat sangat drastis mencapai 150 Hp meskipun mesin yang dipakai juga sama yakni 2500 cc, mungkin karena perkembangan teknologi ya sobat.

1 comment:

  1. ada yang salah, katanya mesin diperbesar menjadi 2700 cc, bukan begitu. Yang 2700 cc itu bensin bukan diesel lagi.

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...