Wednesday, August 22, 2012

Kijang super dan grand ekstra bandel sangat diminati

Kijang Super dan Grand Extra merupakan mobil keluaran toyota tahun 1986 sampai 1996 dengan perbedaan kijang super dan grand extra adalah pada kapasitas mesin mobil, mobil ini adalah generasi ke 3 mobil kijang yang lebih modern daripada kijang kotak dengan sentuhan teknologi power steering merupakan teknologi baru tahun 1990 an.
Toyota kijang super merupakan penerus generasi ke 2 kijang (kijang kotak/ tepak), mobil ini memiliki 3 varian utama yakni long (sasis panjang) yang banyak diproduksi dan sangat diminati, short sasis pendek yang sedikit diproduksi akan tetapi memiliki penggemar yang sangat loyal dan pick up yang sangat tangguh dan diminati untuk angkutan pedesaan sampai saat ini.
Kijang super merupakan mobil kijang dengan bentuk kotak yang diperhalus lengkungnya dikeluarkan mulai 1986 sampai 1992 memiliki kapasitas silinder mesin 1500 cc. Sedangkan kijang grand extra merupakan perbaikan dari kijang super yang dikeluarkan tahun 1992 sampai 1996 dengan penambahan kapasitas mesin menjadi 1800 cc, dibuat dengan press body / bebas dempul, penambahan power steering, double blower dengan perubahan pada lampu depan dan gril mobil sehingga nampak lebih pas dipandang.
Keunggulan kijang super dan extra yang utama adalah pada kekuatan mesin, mobil ini sangat tangguh untuk perjalanan medan yang cukup berat bahkan sampai sekarang banyak sekali ditemui di daerah pinggiran kota dan masih sangat diminati di daerah pedesaan untuk medan naik turun dan berliku, pasaran mobil kijang super dan kijang extra juga sangat stabil karena memiliki pangsa pasar kuat/ loyal yang menjaga harga kijang stabil. 
Kijang super dan grand extra termasuk mobil jenis MPV berbahan bakar bensin dan memiliki akselerasi/ tarikan mesin yang sangat bagus. Mesin toyota kijang terkenal bandel, tenaga yang dihasilkan kijang super 1500 cc adalah 63 Hp dengan menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan.
Kijang sebagai mobil keluarga terbaik adalah slogan yang benar-benar menjadi kenyataan disamping kehandalan mesin, body yang cukup manis rupanya menjadi kelebihan tersendiri bagi pemilik mobil ini, daya muat penumpang yang bisa mencapai 9 orang juga merupakan keunggulan utama mobil ini. Saya sendiri berkeinginan memiliki kijang grand extra 1800 cc karena menurut beberapa pengalaman teman ternyata mobil ini masih sangat lincah untuk medan pegunungan dengan diisi 8 penumpang, sedangkan milik saya saat ini adalah kijang super tahun 1992 yang masih kurang pas menurut saya :). Ada juga yang kadang-kadang menemui varian kijang jantan (raider) dan kijang rover, ini sebenarnya adalah mobil kijang yang bodynya dibuat oleh karoseri dalam negeri/ lokal akan tetapi untuk fitur-fiturnya tetap sama.
Harga Kijang super bervariasi tergantung tahun dan kondisi mobil, biasanya untuk keluaran tahun 1986 diharga 30 juta, harga kijang super tahun 1996 mencapai 68 juta an, berikut ini harga toyota kijang super dan harga grand extra bekas update 2012:
Harga Toyota Kijang Super tahun 1986 : Rp. 30.000.000
Harga Toyota Kijang Super tahun 1988 : Rp. 35.000.000
Harga Toyota Kijang Super tahun 1990 : Rp. 40.000.000
Harga Toyota Kijang Super tahun 1991 : Rp. 45.000.000
Harga Toyota Kijang Grand Ekstra tahun 1992 : Rp. 50.000.000
Harga Toyota Kijang Grand Ekstra tahun 1993 : Rp. 53.000.000
Harga Toyota Kijang Grand Ekstra tahun 1994 : Rp. 58.000.000
Harga Toyota Kijang Grand Ekstra tahun 1995 : Rp. 63.000.000
Harga Toyota Kijang Grand Ekstra tahun 1996 : Rp. 68.000.000
Kami sertakan juga beberapa MPV kelas bawah sebagai perbandingan:
1. Toyota Avanza Veloz
2. Nissan Evalia
3. Nissan Grand Livina Highway Star
4. APV
5. Granmax Minibus
6. Suzuki Ertiga
Diatas berturut-turut adalah gambar Toyota Kijang
Kijang Super
Kijang Rover
Kijang Jantan
Kijang Grand Extra

190 comments:

  1. pilah2 aja brdskn tipe sx,lx,ssx,ssx g,lsx,lsx g,lgx

    ReplyDelete
  2. iya,,,sudah mas,,,
    bs dilihat di posting selanjutnya
    http://tipsmobilbaru.blogspot.com/2012/09/kijang-kapsul-lx-lsx-lgx-krista.html

    ReplyDelete
  3. Kalau buget 40jt-45jt apakah itu sudah aman dgn memilih kijang buat mobil keluarga, dibandung jenis sedan dgt buget yang sama mohon saran, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mendingan kijang mas , selain kapasitas sear nya lebih banyak , juga pajaknya lebih murah

      Delete
  4. usahakan dapat kijang yang grand extra 1800 cc mas karena kijang super masih 1500 cc,, tenaga dan akselerasi bagus kijang grand extra...

    ReplyDelete
  5. g. extra mah masih 65 jt ke atas gan,, tergantung tipe short ama long nya,, punya bpk ane aja dulu dpt 68 jt (long),, tp ini emang mobil bandel buanged,,heheehe

    ReplyDelete
  6. mas klw kijang grand extra Raider 1995 ada di mn kekuranganya makasih bos sblmnya...........

    ReplyDelete
  7. kalo menurut saya tenaga kijang itu termasuk pas-pasan, bahkan dibanding carry 1000 masih lebih lamban kijang tenaganya.

    TAPI, untuk kenyamanan, dan keawetan kaki-kaki, kekuatan medan berat, dan Body. jangan ditanya lagi memang kijang paling awet nyamannya. soal tenaga sih relatif, kecuali versi 1800cc.

    ReplyDelete
  8. Berapa ys ukuran dimensi grand exstra long atau short, msu prrsiapan buat garasi dulu supaya muat nanti kalo beli mobilnya, thanks

    ReplyDelete
  9. Berapa ya ukuran dimensi kijsng grsnd exstra long atau short,,, mau persiapan buat garasi dulu muat ga kalo nanti beli mobilnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih yang sulit mbak,,soalnya kijang tipe itu menggunakan jasa karoseri juga sehingga berbeda2,, (ngukur punya tetangga aj mbak)

      Delete
  10. aku punya tahun 1995 kok cc-nya cuma 1500, jadi masuk katagori mana ? Kijang Super atau Grand Extra ? penasaran aku jadinya ???

    ReplyDelete
  11. aku punya kijang tahun 1995, tapi cc-nya kok cuma 1500, jadi kijang aku itu super ayau extra ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. extra mas,, penambahan 1800 cc untuk thn 1995 keatas,,,

      Delete
    2. bisa Super standar, Bisa Super G(Grand), Bisa Grand Ekstra.

      coba check rem tepan tromol/ckram, transmisi 4/5speed, & kalo udah ada power windows, dan tachometer sudah dipastikan Grand Ekstra.

      Delete
  12. setelah bolak-bolak baca artikel ini, semakin bingung untuk memahami sosok Toyota Kijang, hmmm... Begini maksud saya utk mas ato bapak ato siapalah yg membuat diskripsi artikel ini, tlong dunk dibuat spesifikasi khusus dari tahun'nya, kmudian bentuk bodynya ataupun jenis2 bentuk body/karoseri berikut contoh gambarnya...
    Soalnya saya pribadi pengen beli Toyota Kijang yang relatif murah untuk kendaraan keluarga namun tidak terkesan Murahan, begitu... Dan sebelumnya terima kasih..

    ReplyDelete
  13. Tuh udah dijawab mbak,,,trims ya berkunjung :)

    ReplyDelete
  14. Adminnya mood mood'an nih,,,klo moodnya jelek liat komentar diem aj...mohon pembaca ikut membantu juga?

    ReplyDelete
  15. Asyik jg baca artikel walaupun ƍäªK ngerti masalah per-mobilan
    Siapa tau dapet rejeki beli deh

    ReplyDelete
  16. kijang extra dan kijang super masing-masing brp konsumsi bahan bakarnya, se liternya brp km?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2:
      kijang super bisa dapat 9 km dalam kota, dan 1 liter untuk 13 km luar kota (tanpa ac)

      kijang extra 1800 cc sedikit lebih boros, 8 km dalam kota dan 11 km luar kota

      Delete
    2. tergantung mas, punya saya Kijang GE 1996 1800cc luar kota bisa 12-13 km/liter, tergantung bobot, medan jalan dan cara mengemudikannya

      Delete
    3. tergantung mas, saya punya kijang grand extra 94 dalem kota cuma 1:4-5 pake ac. luar kota 1:10

      Delete
    4. Saya punya kijang THN 95 kapasitas mesin 1500Cc
      Sdh power window dan power steering AC double spido meter sdh rpm apakah t4 saya termasuk katagori grand extra
      Terimakasih

      Delete
  17. salam kenal,mbl sy Kijang KF-52(long) body NCH, mesin k-7 1.800cc th.1996 dasboard sedan,ac dbl blower. tdk ada penjelasan termasuk seri Super, Super Kijang G / Grand extra??? Di STNK hny disebutkan Kijang KF-52 Super. sbg tambahan Molai th.1995 sasis kijang dikenal dg KF-42(short) & KF-52(long). perhatikan antena radionya,u/Super&Kijang G model antena luar, antena Grand extra model tanam. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims mas,,makasih dah masuk,,, salam kenal :-)

      Delete
    2. super : tanpa power steering.
      G : dengan power steering.
      grand extra : dashboard ada rpm, kaca samping belakang ada lis bintik2 warna hitam.
      apa bila grand extra tidak ada ciri2 tersebut, dpt dikatakan grand extra jadi2an alias modifikasi. Ciri tersebut baru dapat dilihat kalau dari dekat.

      Delete
  18. Kijang super/grand termasuk model yg gak ketinggalan zaman.

    coba rendengin Kijang Super/Grand dengan Luxio/Grandmax. tetaplah bentuknya lebih enak kijang.

    ReplyDelete
  19. mas/mbak yg baik... mau tanya donk,aq baru pny rover 89.lalu ada yg mau aq tambahin....bisa kasih info ga :
    1. AC msh singgle mau jd double blower,brp estimasi total biayanya? plus lokasi bengkel yg murah dan bagus,dijakarta.
    2. Mau pasang power stering buat kijang jg dimana?
    mksh sblmnya

    ReplyDelete
  20. Mantab, semakin kedepan semakin seru untuk ulasan Toyota Kijang, mudah-mudah'an Admin atau para pecinta Kijang selalu meng-update info2 yang berkaitan dengan Toyota Kijang untuk menambah pengetahuan juga referensi pecinta Toyota Kijang, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  21. gimana c cara mengetahui karoseri keluaran mn??biasanya kn ad d pintu blkng tp pnyaku ga ad cm ad 1.8 aj pnyaku kf 52 th 96 dashboard sedan double blower pwer steering,,kya grand extra di stikernya tp model mirip super jd bingung nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo karoseri paling gampang dibedakan antara astra atau bukan (rover, jantan). kalo astra pintu tengah kacanya model geser.

      Delete
    2. buka kap mesin lihat di bawah saringan mesin nempel di body biasanya ada karoseinya..kalau tidak ada yaa lihat di bpkb atau faktur pasti ada keterangannya..

      Delete
  22. Andai ada juga pembahasan tentang kijang tahun 86 kebawah...tentu makin asyik...

    ReplyDelete
  23. Saya punya Toyota Kijang Super tahun 1992, saya beli secondnya tahun 1992 akhir, selama 21 tahun pemakaian hanya satu kekurangannya, tidak adanya double blower AC, mau pasang takut merubah kondisi aslinya sih...dan kilometer sudah empat kali bolik-balik...hehe...emang mantap kijang super.

    ReplyDelete
  24. Saya punya kijang 93 long tapi kok banyak kekurangannya ya:
    - 4 Speed
    - Kopling Kabel
    - Blm Power Steering
    - Rem Tromol Smua
    Jadi nyesel deh beli kijang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. di balik kekurangan pasti ada kelebihan gan.

      kijang 4 speed biasanya lebih jago nanjak, dan irit konsumsi bbm dalam kota. cz rasio gear 1, dan 2 gak kelewat pendek macam 5 speed.

      kecuali masuk tol, mungkin rada boros klo di kebut2 dibanding 5 speed.

      Delete
    2. dan klo menurutku kijang 93 4speed modelnya lebih gagah, dengan syarat grill depan masih standar(model super). modelnya gagah macam jeep.

      Delete
  25. Saya punya toyota kijang tahun 1993, tapi banyak kekurangannya speednya cuma 4 koplingnya pake kabel blm hidrolis belum power steering terus remnya tromol smua. Jadi nyesel deh beli toyota kijang Standart.

    ReplyDelete
  26. kijang jantan,rover,super,grand,,letak perbedaan di buritan belakang(kalau jantan/rover lebih jenong/kotak banget)
    ,,jendela belakang jg sangat beda
    super 87-92 jendela belakang msh kaca geser,
    grand sudah model tip top,
    sedang jantan/rover jendela belakang ada tambahan grill plastik.
    untuk mengetahui karoseri,silahkan buka di bagian kap mesin,,liat sebelah kanan,,

    ReplyDelete
  27. saya punya kijang kf 50 tapi short, gimana tuh?

    ReplyDelete
  28. Aku barusan beli Toyota Kijang type KF52 SPR LG tahun pembuatan dan tahun perakitan 1996. Harganya Rp 90.000.000,- (sembilan puluh juta rupiah). Harganya tentu "Ora Umum" tapi aku kadung tresno, ya tak bayar karena nyari yang seperti itu ∂ɪ̣̝̇ wilayah Eks Karesidenan Pati tak jamin Ъќ bakal dapat. Lha yang mau saya tanya, Kijang saya ini termasuk Kijang Extra atau Kijang Grand Extra? ACnya sih double blower, tapi kaca pintu kanan kiri model geser. Sekali lagi saya mau tau, ini Extra atau Grand Extra. Bagi yang paham betul tolong share ya, atau call ∂ɪ̣̝̇ Nomor HPku: 085 226 348 410. ROSID PATI - JATENG (sekalian kita kenalan. "̮ћϱћϱ (♥̃͡♥̃͡) ћϱћϱ"̮_ barang kali juga kita bisa kerja bareng mengentaskan kemiskinan ∂ɪ̣̝̇ Indonesia).

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengok kelengkapan grand ekstra pak,

      biasanya dah ada Tachometer(rpm), dan power windows.

      Delete
  29. kalau mau cari body kijang grand dmna ya...???
    saya butuh body az masalahnya sayang dengan mesinnya..
    body lama pakai body kijang jantann..
    tolong donx info ny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dengan mas Satrio Wicaksono, saya juga ingin cari body kijang grand ....

      Delete
  30. trnyata kijang standar tahun 1993 s.d 1996 4speed adalah varian yg sangat jarang ditemui. kebnyakan grillnya dah dimodifikasi model 5speed. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, aku sdh 4 th pake kijang rover 86 dan sejak beli sudh 5 speed, ac double, rem dpan cakrm.yah, begitulah orng indonesia, suka modif tp gak bisa buat, hahahahahhaa, just kidding

      Delete
  31. Apa di setiap tahun pembuatan Kijang Grand Ekstra di STNKnya selalu tertuliskan huruf SHR, misal Kijang Super KF50 1.5 SHR untuk tahun 1994?, karena kemarin saya berniat membeli mobil Kijang Grand Ekstra tahun 1994, di STNK tidak ada huruf tersebut, jadi ada keraguan untuk membelinya. Terima kasih

    ReplyDelete
  32. Kemarin saya ditawari Kijang Grand Ekstra tahun 1994 1.500 cc, karena pernah membaca Artikel ini bahwa ciri2 Grand Ekstra yang asli itu ada tulisan SHR, maka saya belum memutuskan untuk membeli kijang tersebut, karena di STNKnya tidak tercantum huruf2 tersebut, apa tulisan SHR hanya untuk keluaran Kijang Grand Ekstra yang sudah 1.800 cc? atau di semua tahun yang sudah dinamakan Grand Ekstra sudah ada tulisan tersebut (SHR)? Tolong bagi yang tahu untuk bisa memberikan penjelasan. Matur tengkyu.

    ReplyDelete
  33. Apa dari pertama kali dikeluarkan akhir th 92 sampai 1996, di STNK Kijang Grand Ekstra pasti tertuliskan huruf SHR? karena kemarin aku ditawari Kijang Grand Ekstra th 1994 di STNK-nya tidak ada tulisan SHR.
    Mohon bagi teman2 yang tahu, kiranya bisa memberikan penjelasan. Matur tengkyu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal gak usah2 jauh2 ampe Stnk, tengok dashboard ada tachometer sudah pasti GE

      Delete
  34. admin.. total biaya utk perbaikan kaki-kaki depan kijang super thn 92 tolong di muat dong..

    ReplyDelete
  35. mobil Mario Teguh nih
    Kijang Superrrr :D

    ReplyDelete
  36. ijin menambahkan ya agan2 sekalian khususnya yang masih pusing mengenal ciri kijang grand extra asli.
    kijang grand extra asli itu terbagi kedalam 2 kelompok :
    1. Kijang grand extra kode mesin 5k 1486 cc :
    - tahun 1992 s.d 1995.
    - ada 2 tipe yaitu lgx (long grand extra) dan sgx (short grand extra, selain dari itu bukan kijang grand extra asli misalnya lsx atau lx. lsx (long super extra) atau biasa disebut super kijang G sedangkan lx (long extra) atau biasa disebut kijang super standart.
    - garis pada grill depan kesamping, ada over fender samping dan pijakan kaki.
    - fasilitas udah power steering, power windows hanya depan, central lock, ac double blower, speedometer udh ada RPM.
    - di STNK tidak ada ciri khusus mengenai jenis grand extra, hanya tertera kode KF awalan 4 atau 5 menandakan yang awalan 4 itu short sedangkan awalan 5 long.

    2. Kijang grand extra kode mesin 7k 1786 cc :
    - tahun 1995 s.d 1996 akhir
    - ada 2 tipe yaitu lgx (long grand extra) dan sgx (short grand extra, pada emblem diawali dengan angka 1.8 misalnya 1.8 lgx atau 1.8 sgx.
    - garis pada grill depan keatas, ada over fender samping dan pijakan kaki.
    - fasilitas udah power steering, power windows hanya depan, central lock, ac double blower, speedometer udh ada RPM.
    - di STNK tidak ada ciri khusus mengenai jenis grand extra, hanya tertera kode KF awalan 4 atau 5 menandakan yang awalan 4 itu short sedangkan awalan 5 long.

    mungkin hanya segitu yang bs ane jelaskan mudah2an ada pencerahan :-) . Jadi kalau tidak ada ciri yang telah disebutkan diatas berarti itu bukan kijang grand extra asli.
    salam kijang lovers....

    ReplyDelete
  37. ijin menambahkan ya agan2 sekalian khususnya yang masih pusing mengenal ciri kijang grand extra asli.
    kijang grand extra asli itu terbagi kedalam 2 kelompok :
    1. Kijang grand extra kode mesin 5k 1486 cc :
    - tahun 1992 s.d 1995.
    - ada 2 tipe yaitu lgx (long grand extra) dan sgx (short grand extra, selain dari itu bukan kijang grand extra asli misalnya lsx atau lx. lsx (long super extra) atau biasa disebut super kijang G sedangkan lx (long extra) atau biasa disebut kijang super standart.
    - garis pada grill depan kesamping, ada over fender samping dan pijakan kaki.
    - fasilitas udah power steering, power windows hanya depan, central lock, ac double blower, speedometer udh ada RPM.
    - di STNK tidak ada ciri khusus mengenai jenis grand extra, hanya tertera kode KF awalan 4 atau 5 menandakan yang awalan 4 itu short sedangkan awalan 5 long.

    2. Kijang grand extra kode mesin 7k 1786 cc :
    - tahun 1995 s.d 1996 akhir
    - ada 2 tipe yaitu lgx (long grand extra) dan sgx (short grand extra, pada emblem diawali dengan angka 1.8 misalnya 1.8 lgx atau 1.8 sgx.
    - garis pada grill depan keatas, ada over fender samping dan pijakan kaki.
    - fasilitas udah power steering, power windows hanya depan, central lock, ac double blower, speedometer udh ada RPM.
    - di STNK tidak ada ciri khusus mengenai jenis grand extra, hanya tertera kode KF awalan 4 atau 5 menandakan yang awalan 4 itu short sedangkan awalan 5 long.

    mungkin hanya segitu yang bs ane jelaskan mudah2an ada pencerahan :-) . Jadi kalau tidak ada ciri yang telah disebutkan diatas berarti itu bukan kijang grand extra asli.
    salam kijang lovers....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tahun 96, 1.8 tapi speed 4, belum power steering, apakah itu ?

      Delete
    2. Super Standar itu.

      Delete
    3. makasih ya...aq uda dapat jawabannya disini...
      cuman apaka itu dikatan Kijang G ya? slx yg saya mau beli keluaran tahun 96 4 speed suda ada power stering. gmn tuh?

      Delete
    4. ok. banget penjelasannya. ini yang saya cari soale ane juga bingung cara bedakan grand extra yang asli selain dari RPM-nya

      Delete
    5. Kalo sya punya kijang tahun 1995, nomor mesin 7k, tapi nomor rangkanya KF42, body-nya long, sudah dicek di stnk dengan mobil cocok (tapi stnk-nya pengganti/duplikat) . Gimana tu?

      Delete
  38. kijang ane th. 95 beli second katanya sih jantan raider. kc blkg ada wiper. utk ciri2 mirip yg disebut @sj... cuman ga ada rpm di dashbor. yg ane mo tanya agan2 yg paham... tu kijang ane dah grand pa blm ya... tks atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 95 pasti udah grand lah bro, tpi bukan "Grand Ekstra" yg ada rpmnya

      Delete
    2. itu namanya kijang jantan raider bos..dashbord udah sedan tapi tanpa RPM..kalau jantan 95 harusnya sudah 7K mesinnya..biasanya di tambahi kelengkapan power windows 4 pintu,central lock,dan sudah 6speed 5maju 1mundur.. :)

      Delete
    3. stau ane sih yg karoseri macam Jantan/Rover gak ada tachometernya. tachometer cuma ada digrand ekstra.

      kalo pun yg paling lengkap raider exclusive tetep gak ada tachometer rpm.

      Delete
  39. kalo menurut ane sih itu tidak termasuk kategori kijang grand karena kijang yang punya agan itu kijang jantan raider yang notabene udah beda lagi karoserinya, sama halnya seperti kijang rover, hobart, perkasa, baby cruiser.
    Yang termasuk kijang grand itu :
    1. Super Kijang G (LSX/SSX-LSX-G/SSX-G)
    2. Kijang Grand Extra (LGX/SGX, 1.8LGX/1.8SGX)
    semoga membantu :-)

    ReplyDelete
  40. Saya punya kijang thn 1995 di STNK tertulis KIJANG SPR LG/KF 50, 1.500 cc. Apakah termasuk Super Kijang G atau Super Standar? Terima kasih bagi yg bisa memberikan pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk spesifikasi kijang itu sendiri tidak bisa dilihat dari stnk karena di stnk tidak ada penjelasan mengenai jenis kijang tsb, karena di stnk hanya di tulis kijang KF 50 (Long) atau KF 40 (short) untuk yang 1500cc, sedangkan KF 52 (Long) dan KF 42 (short) untuk 1800cc. untuk menentukan jenis kijang itu sendiri tinggal dilihat berdasarkan ciri fisik dari kijang tsb. contoh super kijang G hal yang paling mudah dengan melihat dashboard model sedan dengan speedometer non RPM, kalo kijang super standart dashboard msh menggunakan model lama.
      semoga membantu :-)

      Delete
  41. Saya punya Kijang thn 1995, di STNK tertulis KIJANG SPR LG KF50, 1.500 cc. Termasuk Super Kijang G atau Super Standar? Terima kasih bgi yg mau menjelaskan!

    ReplyDelete
  42. dimana ya aku bisa dapatkan buku petunjuk perawatan kijang extra, soalnya aku baru saja beli mobil itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di internet mas, manual book kijang extra..
      barangkali ada, trims berkunjung

      Delete
  43. ass,,kunjungan perdana gan,, :-)
    slm knl dri saya!
    artikelnya sgt komplet untuk pengetahuan meski saya pakai suzuki carry jadul..tp TOYOTA kijang top..
    do'ain gan bs miliki kijang super..amiin. ;-)

    ReplyDelete
  44. Neh Mas, numpang nulis, ane baru aja bayari milik temen kijang tahun 1995, KF50 kondisi masih bagus dgn harga 65 jeti, masih muahaall, kekurangan ya cuma sedikit ada cat di talang air yang perlu perbaikan.
    Dari sekian lama bolak balik baca2 artikel di net, ternyata benar mobil tersebut sangat enak dipake, kekurangannya rada boros... Siap2 aja budget yg agak tebal jika memilih Toyota Kijang...
    mantabbbb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar ga boros gampang gan...pakein voltage stabilizer..tarikan enteng walaupun pake ac...udh ane terapin di kijang jantan raider ane th 93.,cari yg lokal aje..ane pake unicorn stabilzer...biar kelistrikanny stabil...maklum mbil tua...dinamo amper jg udh sistim IC..jd udh ga stel cut off lg dn pengisian ke accu jg stabil..accu awet

      Delete
    2. pingin lebih irit lagi, ganti pengapian dengan cdi, & ganti kipas dengan model electric fan macam suzuki apv. dijamin akselerasi lebih enteng bensin lebih irit ketika macet...., karna mesin lebih enteng engkolny gk muterin kipas

      Delete
  45. salam kenal gan..
    Ane baru beli kijang tahun 94 kf40 4speed.. single blower.interior orisinil. Body kaleng ( cuma cat sudah disiram ulang) 48jt bro..! Menurut tapi ane nggak tau karoserinya buatan apa..tapi yang jelas bukan jantan/rover. Kira2 itu karoserinya apa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 3 kemungkinan, kalo atapny tinggi banget(high roof) bisa jadi kijang kencana, montana, & aurora. semuanya 5 pintu.

      Delete
    2. Siang bang, mohon pencerahan nih, Kam kijang yang 4 speed moganti gearbox 5+1 mundur bisa gak om......
      Kira kira harganya berapa n di sekitar tangerang ada g om bengkel yg jual......
      Makasi atas pencerahannya

      Delete
  46. menurut ane sih kalo bukan karoseri jantan/rover yang agan maksudkan, mungkin kijang agan termasuk karoseri kijang super standart type short (KF 40). ciri yg paling gampang dari kijang super standart (lx=long / sx=short) adalah dashboard masih model lama (kotak) tetapi sudah berwarna abu karena tahun pembuatannya >1992. belum power steering, gearbox 4 speed.
    semoga membantu :-)

    ReplyDelete
  47. menurut ane sih kalo bukan karoseri jantan/rover yang agan maksudkan, mungkin kijang agan termasuk karoseri kijang super standart type short (KF 40). ciri yg paling gampang dari kijang super standart (lx=long / sx=short) adalah dashboard masih model lama (kotak) tetapi sudah berwarna abu karena tahun pembuatannya >1992. belum power steering, gearbox 4 speed.
    semoga membantu :-)

    ReplyDelete
  48. Kijang... Memang tiada duanya...

    ReplyDelete
  49. saya punya kijang super tahun 89: saya ingin selebornya, pijakan kaki samping kanan kiri dibuat kaya kijang gran extra;kira kira bisa ga yah: kalau bisa kira kira berapa ongkosnya terima kasih

    ReplyDelete
  50. Mas-Bro, salam kenal semua, ane minta tolong tipsnya, kijang super 90 gimana menghilangkan silau kalau malam hari, lampu di luar atau mobil lain sangat silau, apa ada pelapis dalam kaca yang bisa dipakai ya n brp hrganya, trims infonya ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti kaca mas setahu ane,,,,

      Delete
    2. poles kaca ke salon mobil, & pasang Kaca film yg bermerek macam t*ga Em, L*mar, Sp*rtan, H*pper optik, & v-c**l. biarpun kaca depan di full blok kalo kacany mulus & kaca filmny bagus gk bikin gelap wktu malam, & gk bikin silau sorot lampu.

      Delete
    3. block kaca film pake 3m crystaline, mantep

      Delete
  51. kijang grand extra emang mantafffff....

    ReplyDelete
  52. masih rame aja ni tritt kijang, emng bodyny gk ngebosenin ni mobil. meski udah ketinggalan zaman dengan mobil2 berbody kapsul

    ReplyDelete
  53. Ane pake rover 87/88 short, pengen ganti kaca tengahnya yang model tiptop jadi geser, itu musti dateng ke mana ya? Ato ada tempat yg cuma khusus ngerjain gituan doang? Terus tempat ban serepnya dimana si? Soalnya selama ini ane simpennya di ruang belakang, ban sering kempes sendiri soalnya ketindihan jok kanan kiri.

    ReplyDelete
  54. saya punya kijang super 89, bensin boros trus mau ganti dashboard sama body gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian Aja Om... Ganti Mobilnya...wkwkkwkwkwk

      Delete
  55. saya pake kijang super 89, bensin boros trus mau ganti dashboard sama body gimana ya?

    ReplyDelete
  56. saya punya kijang standard 94.. 1500 cc 4speed... tidak power stering .. Ada ac cuma masih single.. Tapi lumayan nyaman iritlah untuk bawa keluarga kecil plus mertua.. penumpangnya bisa muat bnyak hehe

    ReplyDelete
  57. maaf numpang tanya....buat juragan semua..saya punya kijang G Short 1995...klo mau pasang power stering....kira2 dimana ya..trus untuk merubahnya...kira2 habis dana berapa???matur suwun.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah pernah nanya tue...., perkiraan orang bengkel..., materialnya harganya sekitaran Rp. 3.5 s/d Rp. 4.5 Juta...,itu untuk wilayah Binjai - Sumut.

      Delete
  58. Assalamu'alaikum Agan-agan dan Sister-Sister para Pencinta Toyota Kijang...
    Kebetulan saya dari Aceh ...masi' buta ma yang namanya Toyota Kijang...
    Kebetulan Saya baru beli Toyota Kijang Peliharaan Baru....
    Setelah saya membaca semua postingan diatas...saya jadi bertanya kijang jenis apakah yang saya miliki mohon...agan-agan dan sister-sister mohon masukkannya ya...
    Adapun ciri-cirinya...
    - Body dari depan sama persis dengan gambar nomor 1 (kijang super)
    - Transmisi 4 speed, no power window, no power stering, no central lock, no double bloawer (AC Single)
    Keterangan berdasarkan STNK
    Tahun Pembuatan 1996, Type Kijang Super KF 42 Short, Isi Silinder 1781, Nomor Rangka ; MHF 21KF42..., Nomor Mesin : 7K-0076024
    Mohon bantuannya ya..., untuk masukkan jenis apakah Peliharaan Kijang Saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dipastikan itu Kijang tipe SX, Standar.

      Delete
    2. Apa ya Kelemahan dan Kelebihannya Om...dibandingkan dengan Kijang Non Standart Om... ,
      Mohon Pencerahannya ya Om...,
      Terima kasih

      Delete
    3. kalo kijang standar biasanya Sx(short), ato Lx(long)

      biasanya masih menggunakan gearbox 4 speed, kelebihannya karna masih memakai gearbox speed maka tenaganya lumayan untuk akserelasi dan lumayan irit bbm untuk pemakaian dalam kota/menaklukkan medan tanjakan dibanding 5speed yg cenderung jomplang antara gear 1 & 2 yg pendek namun lumayan panjang dari gigi 3 keatas.

      tapi kekurangannya karna masih 4speed cenderung meraung & boros ketika memasuki jalan bebas hambatan, & kijang tipe standar kekurangannya di rem depan yg masih tipe tromol kalo gak salah koplingnya pun masih tipe mekanisme tali bukan tipe hidrolis untuk tipe standar.

      Delete
    4. kalo kijang standar biasanya Sx(short), ato Lx(long)

      biasanya masih menggunakan gearbox 4 speed, kelebihannya karna masih memakai gearbox 4speed maka tenaganya lumayan untuk akserelasi dan lumayan irit bbm untuk pemakaian dalam kota/menaklukkan medan tanjakan dibanding 5speed yg cenderung jomplang antara gear 1 & 2 yg pendek namun lumayan panjang dari gigi 3 keatas.

      tapi kekurangannya karna masih 4speed cenderung meraung & boros ketika memasuki jalan bebas hambatan, & kijang tipe standar kekurangannya di rem depan yg masih tipe tromol kalo gak salah koplingnya pun masih tipe mekanisme tali bukan tipe hidrolis untuk tipe standar.

      Delete
    5. Terima kasih Om..., Atas pencerahannya...
      tapi saya masih penasaran nie...
      karena kijang peliharaan saya rem ban depannya sudah menggunakan Rem Cakram dan CCnya tertulis di STNK Isi Silinder sebesar : 1781 CC
      Klo Perihal Kompling nie saya yang ga' bisa membedakan..., mana yang masih pake tali atau yang sudah hidrolik...,
      Apakah Kijang SX saya sudah rombakan atau masi' original nie....
      Mohon pencerahannya lagi ya Om....

      Delete
    6. membedakannya mudah om, kalo sudah kopling hidrolis disebelah booster rem/hidrolis rem ada pompa hidrolis yg lebih kecil ukuran tabung minyaknya. tapi kalo masih pakai kopling mekanisme tali' pompa hidrolis itu tidak ada sama sekali. untuk keamanan dan kenyamanan memang rata2 sudah dimodifikasi ke sistem hidrolis.

      remnya kalo cakram sudah rombakan om, kya beruntunglah kalo udah rombakan, daripada modifikasi rem yg bisa menghasilkan uang sbesar 2jt-an om... :)

      Delete
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Delete
    8. Sekali lagi Terima kasih Om.....atas pencerahannya
      Namun perihal pompa hidrolis yang om maksud sepertinya ada om..., memang sih koplingnya sangat ringan sama persis dengan ringannya dengan kopling avanza....
      Hanya saja untuk kijang 1.8 SX pembuatan 1996 apakah memang tidak ada yang menggunakan Rem Cakram dan Hidrolis Kopling ....
      Jika memang tidak ada, berarti Kijang 1.8 SX yang saya miliki sudah rombakanlah ya Om....
      Karena untuk Rem Cakram sudah lengkap
      Kopling sudah hidrolik...

      Delete
    9. Tambahan: Untuk kijang 1.8 SX th96 rem depan sudah cakram dan kopling sudah hidrolik,
      kekurangan AC masih 1 blower, dashboard masih yang lama,

      Delete
  59. Numpang tanya, saya pake kijang kf 40 spr, tahun 94 - 1486 cc, 5 speed, power steering, ac double blower, ada rpmn ya, waktu dibawa jalan Palembang-Jakarta (Cibubur tepatnya) dengan Ac non-stop sepanjang perjalanan Oktober'13 kemarin dan mengisi 3 kali full tank bensin dan sampai Cibubur (Jkt) masih ada 1/4 tanki, itu boros apa standard atau malah irit ya? terima kasih

    ReplyDelete
  60. sya punya kijang rover grx th 94 klo tanjakan ko berat . bensin jakarta pekalongan 450 ribu termasuk bros apa ga gan . kopling baru dah cdi

    ReplyDelete
  61. Itung aja...kilometernya om..berapa jaraknya...
    klo kijang super umumnya perbandingannya 1:12 untuk luar kota dan 1;9 untuk dalam kota...

    ReplyDelete
  62. jakarta pekalongan jaraknya krang lbh 450 kilo trus klo sya mau ganti gardan pake gigi brapaya byar tanjakan ga lemot end ditol ngacir masalah bensin alhamdulilah dah ok sekarang 1;8 dlem kota 1;11 luar kota sya rasa bensin dah cukup mengingat mobil sya dah ada umur yg penting gardan om mohon pencerahanya trim sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelemahan kijang emang ditanjakan gak roso, saya rasa gak usah ganti gardan karena bukan gardannya tapi rasio gearboxnya

      Delete
  63. assalamualaikum...numpang tanya gan..sodara ane baru beli mobil grand extra 1.8 sgx keluaran thun 1995, tp acnya tryata nggak double blower..emang ada yg kyak gtu ya gan? trus klw mau mengubah ac jdnya double blower kira2 berpengaruh terhadap performa mobil nggak? mohon bantuannya ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak pengaruh gan,,,, asal nambanynya bener gak bakal ada pengaruh buruk

      Delete
  64. untuk pecinta kijang jika bermiinat silahkan bergabung di TKCI (Toyota Kijang Club Indonesia) tp khusus kijang tua kl agan mau msk klub kijang tp mobil kijang muda sperti; kijang innova,kijang kapsul silahkan bergabung di IKC (Indonesia Kijang Club)..Untuk TKCI sedang mencari member lg tp maksimal kijang ny tahun 1995 diatas '95 gk bisa

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah...punyaku kijang SX tahun 1996.., bisa ga' ya..

      Delete
    2. kata siapa gan kijang di atas th 95 gak blh daftar TKCI??judul nya aja TOYOTA KIJANG CLUB INDONESIA,jadi seluruh varian kijang mulai th 79 sampe 2014 ada semua..jgn kan kijang,mbl selain kijang aja blh mendaftar kok,asal mau serius berorganisasi dgn TKCI..untuk info nya di www.tkci25112k.com atau d fb twitter banyak..

      Delete
    3. ikut gabung bisa bro, ane kijang akhir 91 super style alto

      Delete
  65. Assalamualaikum..
    Saya sedang cari2 mobil amreican muscle to bkn holden saya lg cari plymouth kira2 cari dimana ya?
    Trus saya mohon info spesifikasi dari Plymouth Roadrunner '89

    Makasih

    ReplyDelete
  66. Kalau kijang jantan super KF 40 buatan astra atau karoseri lokal. trims

    ReplyDelete
  67. ASS. SAYA MAU TANYA KALAU KIJANG JANTAN SUPER KF 40 SHORT TAHUN 1994 ITU BUATAN ASTRA ATAU LOKAL. TRIMS

    ReplyDelete
  68. saya ada rencana mau beli kijang grand apa yang harus tau tentang mobil itu..?

    ReplyDelete
  69. slm sobat !!!
    abang-2,om-2 dan mas-2,
    ane pnya budget 50jt ni, kira-2 pilih kjg ape ya?

    ReplyDelete
  70. slm sobat !!!
    mo tanya ni hrg pasaran kjg grand ama kjg super ,
    ane pnya budget 50jt doang...
    ada yg bs comment , pleassssse!!

    ReplyDelete
  71. bagi yg suka kijang, saya mau jual kijang tahun 1985/1996 (body), Power stering, AC double blower, Central lock, warna biru, ban racing, 5 speed, nama pemilik pribadi, pajak oke masih lama, desember 2018, biasa pakai Bogor-jakarta-Bandung (liburan), harga nego 39 juta, warna biru, Kabupaten BOGOR, serius 082113827319

    ReplyDelete
  72. Numpang nanya nih agan2, ada yg bsa ksih info ga nih untuk bisa kredit mobil kijang super/grand extra yg murah & terpercaya kualitas ny tp jgn yg rada sulit2 jg ,,, mohon bantuan ny, makasih bnyak sblm ny ,,, jazakumullah khairon

    ReplyDelete
  73. Numpang tanya, saya pake kijang kf 40 spr, tahun 94 - 1486 cc, 5 speed, power steering, ac double blower, ada rpmn, itu sudah grand extra atau masih kijang super? terimakasih

    ReplyDelete
  74. Nambah rame nih.. Oya gan,ane udah baca2 komen diatas.tp masih bingung ama kijang ane tipe apa. Taun 96, 1800cc,power steering, ac doble blower,body long,ada tachometer/rpm, 5 pintu, 5 speed+1 mundur,tapi blum power window dan belum central lock, buka kaca pintu depan masih pake engkol/diputar.kira2 tipe apa ya? Oiya kalo ada yg tertarik,ane mau jual juga nih..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tachometernya modifikasian pa.
      atau power windows, & Central locknya dicopot akibat rusak. :D

      Delete
  75. Ane punya kijang tahun perakitan 93 (di stnk)
    Spek
    -5speed
    -Ac double
    -power windows depan
    -tachometer
    -rem cakram
    -tidak power steering
    Di stnk tertulis kijang Standart kf 40 short
    Isi silinder 1486 thn pembuatan /perakitan 1993,,
    Yang ane tanyakan ini jenis kijang type apa ya gan,
    Terus kalo dijual pasaran nya berapa ya..
    Tolong bantuan nya ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jenis "Sx" yg dimodifikasi rem, dashboard, dan transmisinya.

      cz biasanya kalo yg 5 speed, sudah power steering, dan kalo ada tachometer biasanya Grand Extra.

      coba aja di check diantara grill dan bemper kalo asli grand atau grand extra ada lubang hawa dua, sedangkan tipe standar ada tiga lubang hawa.

      kalaupun tidak mungkin power steering dicopot.

      Delete
    2. Mau di jual brp gan, klo posisi di jkt boleh saya liat dulu, saya lg nyari kijang super th 90an keatas.

      Delete
    3. Posisi mbl skrng di mana boss, kalo di jkt boleh saya liat dulu, kebetulan saya lg nyari kijang super thn 90an ke atas. Atau bsa call aku 08159975434. Thx

      Delete
  76. sekedar sharing

    kalo menurut saya, untuk membeli mobil lawas macam kijang super, atau kijang grand, tidak perlu memperhatikan tahun pembuatan.

    soalnya kijang super 1986 s.d 1991 punya model yg sama, atau grand 1992 s.d 1996 punya kemiripan.

    yg perlu diperhatikan dalam memilih kendaraan tua adalah kondisi mobil, atau orsinalitas.

    percumah juga tahun muda 1992 yg lebih mahal, tapi kondisinya lebih mengkhawatirkan dari tahun muda 1987.

    disamping itu untuk memilih kijang perhatikan juga jenis transmisi, dan rem depannya. biasanya beda harganya tuh. antara 5 speed sudah cakram, dan 4 speed rem tromol.

    ReplyDelete
  77. ass saya mau tnya ni ada gak ? kijang grand yg tahun pembuatan nya1996 mesin 1.8 tp 4speed??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adalah punya...saya...sama persis..

      Delete
    2. Ad mas pny sy... Mesin mantap.... Tinggal di rapiin bodi jd lbh mantap deh.... Di jual mas... Minat 081808967893 jkt

      Delete
  78. ●๋•αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..●๋•
    salam knal
    saya mau tnya ni ada gak kijang grand yg tahun pembuatan 1996 mesin 1'8 tp 4speed?

    mohon d.respon trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 96 masih ada yg 4 speed 1.8
      seri Sx, atau Lx. masih grill model kijang super.

      Delete
  79. kijang ane th 1990, kalo ngecet brp yah biayanya
    warna merah.
    tks

    ReplyDelete
  80. salam persaudaraan bos, dr madiun jawa timur
    aku dpt mobil udah 1 tahun ini, di STNK tertulis jenis kendaraan=Kijang Super Tahun Pembuatan=1996
    yang saya tanyakan : Kijang saya Termasuk Kijang Super Apa Kijang Grand Extra,
    1. AC cuma satu di bawah Tape/Audio (Tidak Double Blower)
    2. Pada Spidometer Cuma Ada Panel Spidometer, Panel Bensin dan Panel Radiator.
    2. Transmisi 5 Speed
    3 7k = 1800 cc

    ReplyDelete
  81. salam persaudaraan dr madiun - jawa timur

    ReplyDelete
  82. salam kenal dr madiun-jawa timur
    Perbedaan Kijang Super dan Kijang Grand Extra apa Bos
    aku punya mobil Kijang Super 1996,
    * AC cuma ada di Bawah Tape/Audio ( tdk Double Blower )
    * Pada Dasboard Spidometer Cuma Ada Panel Spidometer, Panel Bahan Bakar dan Panel Radiator ( Rpm tdk ada )
    * Mesin 7k = 1800 cc
    * 5 Speed

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bpk punya itu tipe "Super G".
      perbedaannya.

      - ada tachometer
      - ac double blower bawaan tipis
      - switch ac model geser yg menyatu dengan dashboard, bukan model putar dan terpisah dngan dashboard.
      - power windows
      - central lock & power steering (sama sperti super G)
      - antena body, bukan model tempel
      - over fender(spakbor)
      - kaca tip top samping belakang ada list hitam, dan titik-titik
      - grill dengan list krom, tengahnya hitam, kalo super G abu-abu metalik.
      - konsole box yg menyatu dengan tuas gigi
      - didoortrim kanan dkat supir ada konsole seperti saku

      Delete
  83. salam kenal dr madiun - jawa timur
    Perbedaan Kijang Super Dan Kijang Grand Extra
    aku punya mobil kijang super tahun 1996
    * Pada Spidometer cuma ada panel Spidometer, panel Bahan Bakar dan Panel Radiator ( Panel RPM tidak ada )
    * AC cuma satu dibawah Tape/Audio ( tidak Double Blower )
    * Mesin 7k = 5 Speed = 1800 cc
    tipsmobilbaru termasuk Kijang Super apa Kijang Grand Extra Bos

    ReplyDelete
  84. Asalmullaikum numpang tanya kalaw kijang super g 94 pengapian orsinil bawaan pabrik platina atw cdi paak makasih

    ReplyDelete
  85. Numpang nanya agan kaalaw kijang super. G 94 cdi atw platina ya Ťђάηκ•⌣•ў☺ϋ. Gan

    ReplyDelete
  86. numpang nanya, saya rencana mau beli kijang super KF70 untuk dipake di jalan pegunungan yang belum beraspal? ni mobil tahan banting ga yak dijalan ekstrim kaya gitu? mohon infonya gan?

    ReplyDelete
  87. numpang nanya gan, kalo kijang super kf70 tahan banting ga dijalan pegunungan yang belum beraspal? mohon info gan, rencana mau beli soalnya.

    ReplyDelete
  88. permisi gan numpang tanya ? saya punya mobil kijang tahun pembuatan 1995, isi silinder 1781 cc, 5 transmisi manual. pertanyaannya mobil saya termasuk jenis kijang super atau super kijang g atau grand extra ? mohon pencerahan ?

    ReplyDelete
  89. Permisi numpang nanya, Saya punya kijang thn 1995 di STNK tertulis Toyota Kijang STD. 1781 cc. no power windows, no sentral lock, semi power strering, transmisi 5 speed. termasuk kategori yang manakah Kijang saya ? Apakah termasuk Kijang Super atau Super Kijang G ? Terima kasih bagi yg bisa memberikan pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijin om, ciri dashboardnya gimana? kalo udah dashboard sedan termasuk kategori Super Kijang G, kalo dashboard masih kotak termasuk kategori Super Kijang.

      Delete
  90. ...setelah baca panjang lebaaaaarrr ctatan teman semua...maka sy survey toki sy....Alhamdulillah semua syart Kijang Grand Extra 1,8 LGX terpenuhi..jd semakin cinta sama Toki...walau banyak minum...nggak apalah..

    ReplyDelete
  91. kijang grand yg 1.5 saya lebih suka lebih irit tenaga gak jauh beda sama 1.8 klw di modif gak kalah sama mobil th 2000 an

    ReplyDelete
  92. Permisi gan... Mau Jual kijang 96... 4 speed... Antiq tuh... Biru... Mesin mantap... Tinggal rapiin2 lg jd lbh mantap... 081808967893 jkt...

    ReplyDelete
  93. Om rencana mw beli kijang tmn sy dg spek kijang super, th93, 1500cc, dasbor sedan, ac single, blm ps & pw & cl, 5pintu, 6speed termasuk mundur, apa benar termasuk super ya? Emang udah dasbor sedan thn segitu? Tq om admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAsalah dasboard itu diganti Mas Broo, tergantung selera, yang jelas, emang Kijang itui enak dibawa model bagaimana, karena menggunakan sasis... (bukan promo), murah tapi ga murahan...

      Delete
  94. Mending kijang super g 1.8 atau grand extra 1.5
    Dari segi knyamanan apakah sama antra kdua mobil trsebut
    Mohon penjelasannya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijin sharing gan, kalo untuk standar kenyamanan lebih baik kijang grand extra karena merupakan varian tertinggi kijang gen-3, fasilitas sudah komplit seperti double blower, power windows (depan), kalo untuk kapasitas mesin tinggal disesuaikan kebutuhan, 1.5cc = BBM irit, Power besar (cocok buat perkotaan) - 1.8cc = BBM Boros, Torsi besar (cocok buat pegunungan).
      untuk kenyamanan jarak jauh kijang grand extra 1.8 sangat cocok apalagi untuk versi long (LGX) kabin luas bisa muat banyak orang atau barang.
      kalo buat perkotaan atau perjalanan jarak dekat kijang super g 1.5 sudah cukup nyaman.
      semoga membantu :-)

      Delete
  95. mo nanya, klo kijang grand pake pertamax gmn??? cocok g??? kan masih karbu???? makasih..

    ReplyDelete
  96. kijang grand klo pake pertamax cocok ga ya??? kan masih karbu??? ada efek samping ga??? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kijang grand yang berkapasitas mesin berapa cc??
      ga ada kaitannya karbu dan injeksi, karena itu cuma sistem penyuplai bahan bakar saja, tetap saja yang menentukan nilai oktan bahan bakar suatu kendaraan dari rasio kompresi mesinnya, contohnya kijang bermesin 5k 1.5cc sangat disarankan memakai pertamax karena mempunyai rasio kompresi mesin 9,3:1 sehingga mesin tidak akan ngelitik, sedangkan kijang bermesin 7k-7KE (Karbu/Injeksi) 1.8cc cukup premium mempunyai rasio kompresi mesin 9,0:1.
      - nilai oktan 88 (Premium) untuk kompresi mesin 7,0:1 - 9,0:1
      - nilai oktan 92 (Pertamax) untuk kompresi mesin 9,1:1 - 10,0:1
      - nilai oktan 95 (Pertamax Plus) untuk kompresi mesin 10,1:1 - 11,0:1
      semoga membantu :-)

      Delete
    2. kijang grand yang berkapasitas mesin berapa cc??
      ga ada kaitannya karbu dan injeksi, karena itu cuma sistem penyuplai bahan bakar saja, tetap saja yang menentukan nilai oktan bahan bakar suatu kendaraan dari rasio kompresi mesinnya, contohnya kijang bermesin 5k 1.5cc sangat disarankan memakai pertamax karena mempunyai rasio kompresi mesin 9,3:1 sehingga mesin tidak akan ngelitik, sedangkan kijang bermesin 7k-7KE (Karbu/Injeksi) 1.8cc cukup premium mempunyai rasio kompresi mesin 9,0:1.
      - nilai oktan 88 (Premium) untuk kompresi mesin 7,0:1 - 9,0:1
      - nilai oktan 92 (Pertamax) untuk kompresi mesin 9,1:1 - 10,0:1
      - nilai oktan 95 (Pertamax Plus) untuk kompresi mesin 10,1:1 - 11,0:1
      semoga membantu :-)

      Delete
  97. Siang gan....
    Mo nanya nih.....
    - Kijang yg 4 speed + 1 mundur bisa ganti gearbox 5 speed + 1 mundur gak ya...?
    - kalo bisa etimasi biaya kira kira berapa gan?
    - bengkel yg jual di seputaran tangerang ada gak gan....?
    Tq atas pencerahannya........

    ReplyDelete
  98. Ijin gabung gan.....
    Ane mo tanya, ane ditawarin kijang tahun 1995, 4 speed + 1 mundur, Kijang tipe apakah itu...?
    Trus kalo mo rubah ke 5 maju + 1 mundur bisa gak om, btw kena biaya berapa,..?
    Ad yg punya ref. bengkelnya gak?
    Makasih atainfonya from para master kijang lovers.....

    ReplyDelete
  99. pernah make kijang ini buat nanjak wonosobo, full penumpang sampai belakang, ngos ngosan tenaganya disalip sama yg muda muda

    ReplyDelete
  100. mau tahu nich tentang kijang hobart. mohon keterangannya, soalnya blank sih ?

    ReplyDelete
  101. saya jual kijang super tahun 1993 kondisi mesin 1.5cc halus banget sudah 5 speed, power steering, double blower, penampilannya oke punya bisa saya kirimkan fotonya jika ada yang berminat. saya berdomisili di daerah Serang, Banten. anda bisa hubungi saya 087774009796, harga mulai 48 juta bisa nego.

    terima kasih

    ReplyDelete
  102. Selamat siang,
    Saya mau menjual Kijang Super KF 50 Long. Special Edition. Tahun pembuatan 1989. Warna Abu-abu metalik.
    Apabila berminat dpt menghubungi saya Henry (08164381588 / 08194136678)
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  103. sy pernah punya kijang super 92 standard stabil dan nyaman walau ky angkot
    pernah jg punya kijang jantan 94 fasilitas nyaman sdh acdb, pw ps, tapi limbung

    Hormat kami,
    mulyono

    ReplyDelete
  104. betul itu gan kedua varian kijang tersebut memang mempunyai mesin jago dan masih cukup nyaman, namun sayang sekali penggunaan BBM lumayan boros untuk saat ini

    ReplyDelete
  105. Saya mencari/ mau beli klo ada yg punya chasis n juga body nya kijang grand 93~ tangki bensin ditengah. Hubungi sy di 081333429988, trimakasih.

    ReplyDelete
  106. Mf numpang tanya agan agan....apakah hampir semua kijang super,amper temperatur ny pada mati..?tolong penjelasan ny

    ReplyDelete
  107. Mf agan agan saya mau tanya apa semua kijang super amper temperatur ny pada mati?....mohon penjelasan ny

    ReplyDelete
  108. Sore admi
    Mau tanya, membedakan cc mesin 1,5 dan 1,8 selain dari stnk dari fisik mesin, bagaimana caranya
    Mohon saran. . .

    ReplyDelete
  109. Cara membedakan cc mesin 1,5 dan 1,8 selain dari stnk, dari fisik mesin bagaimana caranya
    Mohon infony
    Thanks.

    ReplyDelete
  110. SALAM KENAL, SAYA PUNYA KIJANG 1996 BGMN CARA BESIN TIDAK BOROS, TRIM'S MHN BALAS

    ReplyDelete
  111. Mau nanya nih agan2 semua, mobil Kijang kotak saya itu di Stnknya bertulis 'Kijang Standart Kf 50', ciri mobilnya long, tg 94, 5speed, tachometer + rpm, ac double blower, karoseri NCH, itu termasuk Kijang jenis apa ya?

    ReplyDelete
  112. Salam kijang "orakikangoradisayang" perawatan yg paling harus d krjakan untuk kijang grand th 1996 apa mas, atau tips" merawat kijang
    Mtrswun

    Kalau ada kontak wa, boleh lah d share heee

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...