Monday, June 6, 2016

Cara Ganti Ban Mobil dengan Mudah dan Aman

Melakukan perjalanan dengan mobil sendiri itu artinya kita harus siap jika terjadi apa-apa dengan mobil kita misalnya rusak di jalan, tiba-tiba mogok atau tiba-tiba ban bocor. 
Hal yang paling sering terjadi terkait dengan kerusakan adalah bocornya ban mobil karena ban adalah salah satu bagian mobil yang paling sering bersentuhan dengan lingkungan luar yakni jalan (aspal, batu, pasir, lumpur, dll) dan pada jalan sering ada paku/ batu/ benda lancip lain yang berpotensi membocorkan ban atau membuat ban kempis.
Nah hal yang bisa dilakukan saat ban bocor ditengah jalan adalah dengan menambalkan di tukang tambal ban mobil, akan tetapi keseringan yang terjadi adalah kebocoran ban cukup jauh dari lokasi tukang tambal ban mobil sehingga mau tidak mau kita harus mengatasinya sendiri, langkah yang bisa dilakukan adalah pertama dengan menggantinya dengan ban serep, sedangkan langkah kedua yakni dengan menambalnya sendiri jika kebetulan kita membawa alat tambal sendiri. Untuk menambal ban mobil sendiri sudah kami ulas pada artikel sebelumnya yakni di cara menambal ban bocor
Mengganti ban mobil sendiri
Nah dibawah ini tipsmobilbaru.blogspot.com akan mengulas tentang cara yang aman untuk mengganti ban mobil saat tiba-tiba bocor di jalan.... jika tiba-tiban ban mobil kempis di jalan, apa yang harus dilakukan?
1. Jangan panik, kurang kecepatan pelan-pelan sambil nyalakan lampu sein ke arah kiri dan pinggirkan mobil.
2. Cari tempat yang tepat untuk berhenti, tempat yang tepat tersebut dengan kriteria: tempatnya rata (datar) sehingga mobil tidak mudah menggelinding sendiri, cukup luas sehingga bisa minggir total dari jalan aspal, tidak ramai agar minim gangguan, tidak dekat dengan tikungan agar terhindar dari tabrakan kendaraan dari belakang, pastikan juga tampatnya kuat (tidak ambles saat didongkrak)
3. Pasang segitiga pengaman pada jarak yang cukup antara 20 sampai 50 meter sudah cukup, jangan terlalu dekat sehingga pengendara kendaraan lain punya waktu untuk mengurangi kecepatan mobilnya
4. Keluarkan kunci-kunci: kunci roda, dongkrak dan ban serep
5. Setelah ban serep dikeluarkan dan kunci-kunci sudah disiapkan maka lakukan pengenduran pada mur ban yang bocor, kendurkan akan tetapi jangan sampai lepas
6. Setelah mu-mur ban sudah kendur pasang dongkrak pada lokasi yang tepat (titik pemasangan dongkrak pada sasis) tiap mobiol berbeda, akan tetapi titik-titik pemasangan dongkrak bisa dilihat pada buku manual mobil, jika tidak membawa sebenarnya titik tumpuan dongkrak ini bisa dilihat secara fisik dengan tanda berupa lingkaran atau segi empat dengan struktur yang lebih tebal dari bagian lain pada sasis... atau bisa dibaca pada ulasan titik tumpuan dongkrak berikut ini
7. Mulai dongkrak dan jika sudah memungkinkan maka pasanglah jack stand jika membawa, jika tidak membawa maka letakkan ban serep di bawah mobil untuk berjaga-jaga jika dongkrak tiba-tiba jatuh atau terselip.
8. Setelah naik sempurna maka lepaskan mur-mur roda dengan tangan saja (karena tadi sebelum diangkat sudah dikendurkan dengan kunci roda), setelah ban yang bocor dilepas maka segera letakkan ban yang bocor tadi di bawah mobil untuk menggantikan posisi ban serep. Lalu tarik/ keluarkan ban serep dari kolong mobil lalu pasang pada tempat roda yang tidak ada bannya tadi
9. Pasang ban serep lalu kencangkan mur secukupnya sampai ban tidak bergerak, pada saat ini tidak perlu dipasang sampau sangat kuat karena dikhawatirkan mengganggu posisi mobil yang tengah didongkrak. Pasang dengan kekuatan secukupnya asal ban tidak bergerak, akan tetapi untuk pemasangan mur jangan dilakukan secara berurutan akan tetapi dilakukan secara bersilangan agra ban mobil kencang secara merata.
10. keluarkan ban yang bocor dari kolong mobil lalu turunkan dongkrak (lepaskan)
11. Kencangkan mur-mur roda yang tadi dipasang tidak terlalu kencang, kencangkan dengan cara menginjak kunci roda yang terpasang pada mur
12. Masukkan semua perlengkapan ke tempatnya (kunci roda, dongkrak, ban yang bocor), baru lepas segitiga pengaman
13. Mencari tukang tambal ban mobil untuk memperbaiki ban yang bocor sekaligus memastikan kekuatan pemasangan yang kita lakukan tadi.
14. Pada mobil yang kebetulan ban serepnya sama dengan keempat ban lain maka bisa memakai ban serep tersebut sampai ada kebocoran lain, akan tetapi jika ban serep mobil berbeda ukuran dengan dengan keempat ban lain maka pecinta otomotif juga bisa sekalian mengganti kembali ban serep dengan ban yang sudah ditambal tadi di bengkel/. tukang tambal ban mobil...
tipsmobilbaru.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...