Saturday, November 12, 2011

Mengganti velg mobil dengan velg racing dan ban radial

Mengganti velg mobil merupakan hal yang sangat lazim dilakukan untuk meningkatkan penampilan mobil, mengingat velg mobil orisinil sudah bukan rahasia lagi hampir semua memiliki model yang standart (kurang menarik).
Wajar jika pemilik mobil menjadi resah kala melihat mobil kesayangannya terlihat biasa-biasa saja. saat ini tren mengganti velg biasa dengan velg racing mulai tinggi, velg racing dengan penampang dan diameter veleg yang lebih besar akan meningkatkan gaya (style) mobil.
Meningkatkan performa mobil melalui perubahan velg adalah sangat mungkin dilakukan terlebih jika ban yang dipakai tepat (baca: cara memilih ban yang baik).
Ban yang lebih tipis akan membebankan beban mobil pada velg sehingga fungsi ban benar-benar maksimal, ban yang lebih lebar juga akan meningkatkan daya cengkram ke tanah sehingga tidak mudah selip saat menikung, disini penggantian ban (radial) sangat disarankan untuk menambah kemampuan mobil.
penggantian ban radial dapat dilakukan jika velgnya sudah diganti, jika memakai velg yang tidak racing (biasa) maka akan sulit untuk memasangkannya dengan ban yang radial (balap). mengganti velg bawaan mobil dengan velg yang berdiametel lebih besar biasa disebut plus-size, yakni menambah ukuran misalnya dari 15 ke 16 inch, beberapa penelitian di Amerika untuk perlindungan konsumen juga mengatakan bahwa plus sizing akan meningkatkan performa mobil, dengan catatan untuk mobul tipe SUV seperti kijang avanza dan xenia tidak direkomendasikan melakukan plus size lebih dari 1 inch.
Plus size juga memiliki kekurangan (resiko), antara lain tidak memiliki ketahanan seperti velg original untuk jalan rang tidak rata (berlobang atau makadam), oleh karena itu sebelum melakukan modifikasi velg dan ban harus mengetahui kebutuhan dan track dari mobil. selain itu penggantian velg dengan ukuran yang terlalu besar juga tidak disarankan, misalnya plus 3 atau 4, hal ini akan dapat membahayakan mobil, karena penggantian velg lebih dari 2 inchi akan memberikan dampak yang sedikit pada kenyamanan dan performa mobil yang berakhir dengan rusaknya velg.
Memilih Velg jika kita akan mengganti velg yang lebih besar atau melakukan plus sizing maka prinsip yang perlu diperhatikan adalah,
1. Jika kita melakukan plus size 1 inch maka kita haru mengurangi tebal dinding ban sekitar 5 sampai 10 persen, hal ini dilakukan untuk menjaga agar ban tetap dalam ukurannya dan tidak menyentuh body mobil.
2. Bahan dalam membuat velg juga sangat berpengaruh, usahakan memilih velg yang berkualitas, hindari velg yang dibuat dengan cara cetakan (cor) karena velg ini mudah retak dan pecah...sangat berbahaya jika ini terjadi.
3. Periksa baut velg apakah benar-benar sesuai dengan mobil anda, pilih yang benar2 sesuai...hindari pemakaian adapter karena rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan...
oke, selamat mencoba,,,be carefull :)

7 comments:

  1. gan,,pelk rising yg pas dipasang di daihatzu espass itu kepunyaan mobil apa ya gan?dah lama nyari tp nggak dapat dapat..tolong gan bagi2 info ya..kirim ke 082175434730/293de100. tq

    ReplyDelete
  2. Mas bro veleg resing utk avanza apa yg bagus tks.

    ReplyDelete
  3. Siang gannn,ane baru neh gan
    Ane mo nanya nh gan, futura pick up dati ring 13 pngin gnti belg rcing ring 14.. masalah apa gk gan ma muatan ... klo klo muatan bnyak...
    Yang pas pke ukuran ban brpa klo pke ring 14
    Mhon pncerahanya gann..
    mkasih..

    ReplyDelete
  4. Siang gann, slm kenal
    Mo nanya nh gan, futura pick up standar pngin ganti velg dari ring 13 jdi velg racing ring 14 masalh gak gann ma muatan yang klo klo bwa muatan bnyak
    Yang pas pke ukuran ban brapa klo pke velg rcing ring 14 gann.. biar gk ngaruh sma muatan bnyak.
    Mhon pncerahanya... gan...
    Mksih sblumnya...

    ReplyDelete
  5. ngerubah ban juga,,, kayaknya gak gasruk kalau cuma 1 step mas...
    kalau dinding ban lebih tips suspensi menjadi keras (karena ban juga memiliki sistem suspensi).
    Jika suspensi dipertahankan seperti ban ring 13 dengan ukuran dinding ban yang sama maka pengaruhnya saat menanjak jadi lebih berat aja mas

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...