Sunday, October 18, 2015

Apakah Mobil Perlu Dipanaskan

Pernahkan pecinta otomotif tidak memanaskan mobil dalam waktu 1 minggu? saya pernah mobil tidak dipanaskan selama 1 minggu... maka aki mobil habis bahkan hanya untuk starter/ menghidupkan mobil saja tidak bisa...artinya harus bawa ke strum aki... kesal sekali
Memanaskan mobil sangat perlu, perannya untuk menjaga mobil tetap siap pakai, baik mobil lama (tua) maupun mobil baru dengan memang prioritas pada mobil lama karena teknologi mesin berbeda dengan sekarang.
Untuk mobil generasi tahun 90 an atau yang lebih tua celah antar komponen dalam mesin lebih lebar daripada mesin jaman sekarang sehingga mobil 90an butuh penyesuaian suhu mesin terlebih dahulu agar memuai seperti yang dikehendaki, sirkulasi oli pada seluruh komponen dalam mesin juga diperlukan sebelum mobil dijalankan dimana untuk menyirkulasikan oli mesin perlu dipanasi terlebih dahulu.
Itu sebabnya kenapa jika mobil langsung kita gas tanpa kita panaskan terlebih dahulu kadang-kadang mobil batuk-batuk/ tersendat.
Manfaat Mobil Dipanaskan
Memanaskan mobil sangat penting akan tetapi tidak boleh berlebihan/ tidak terlalu lama, cukup 5 menit sekali pemanasan sudah cukup selebihnya malah pemborosan BBM danmembuat mesin terlalu panas. Sedangkan mobil seperti apa yang perlu dipanaskan? yakni mobil yang akan dipakai/ saat keadaan dingin (misalnya pagi hari), yang kedua adalah mobil yang lama tidak dipakai sampai beberapa hari (lebih dari 3 hari).
Berikut ini adalah manfaat memanaskan mesin mobil:
1. Mengisi aki, terutama untuk mobil yang jarang dipakai
2. Menyirkulasikan oli mesin
3. Agar mesin berada pada suhu yang sesuai sebelum dijalankan
4. Mesin terbiasa dengan gerakan/ mekanis sebelum mobil dijalankan terutama saat cuaca dingin
5. Menghindari mobil batuk2 terutama untuk mobil lama
6. Mengurangi resiko aus pada mesin
Bagaimana memanaskan mobil yang benar?
1. Mobil dipanaskan cukup 5 menit (waktu ideal), lebih dari itu pemborosan waktu dan BBM
2. Mobil di gas pada RPM mesin 2000 selama kira-kira 1 menit agar aki diisi kembali oleh alternator, banyak pecinta otomotif memanaskan mobil hanya dihidupkan saja tanpa digas, padahal syarat aki mengisi adalah ketika putaran mesin mencapai 2000 Rpm
3. Dilakukan dipagi hari lebih baik, saat mobil benar-benar butuh pemanasan saat akan dipakai di cuaca yang sedang dingin
4. Dilakukan ditempat terbuka agar asapnya tidak meracuni kita
5. Hindari menghidupkan AC atau sistem kelistrikan lainnya agar waktu pemanasan tidak terlampau lama
6. Jika mobil tidak dipakai, paling tidak 5 hari sekali dipanaskan

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...