Honda Civic Hatchback Turbo adalah varian terbaru dari Honda Civic yang keluar tahun 2017, perbedaan yang paling signifikan dengan Civic sedan adalah diubahnya bagian bagasi menjadi bagian kabin mobil akan tetapi bagian belakang sedikit dipangkas sekitar 10 cm.
Panjang total Honda Civic Hatchback hanya 4519 mm lebih pendek dari varian sedan yang memiliki panjang 4622 mm, pengurangan dimensi panjang ini akan memberikan kestabilan mobil terutama saat menikung.
Honda Civic Hatchback Turbo memakai mesin berkapasitas 1500 cc, akan tetapi jangan meremehkan mesin Civic Hatchback karena mobil ini mampu melepaskan tenaga sampai 174 Hp (daya kuda). Torsi yang dimilikinya juga cukup besar yakni 167 Nm pada putaran mesin 1800 Rpm sampai 5500 Rpm, tenaga dan torsi ini sangat besar untuk mobil bermesin 1500 cc.
Civic Hatchback Turbo untuk kalangan yang lebih muda
Mobil sedan identik dengan mobil yang elegan dan mewah, pemakai mobil sedan juga kebanyakan adalah kalangan usia 35 tahun ke atas yang lebih mengedepankan kenyamanan berkendara serta image mobil sedan adalah mobil mewah.
Berbeda dengan kalangan muda dengan usia 20 sampai 35 tahun yang masih lebih ingin tantangan, anak muda masih bersifat dinamis, tidak membutuhkan mobil mewah akan tetapi mobil yang bisa digunakan untuk mobilitas tinggi serta bergaya.
Kalangan ini juga lebih memilih mobil yang casual + sporty daripada mobil yang elegan dan mewah, mobil berjenis City Car dan hatchback biasanya menjadi pilihan banyak anak muda...seperi Honda Jazz, Honda Brio, Toyota Yaris, Agya dan lain sebagainya. Kalangan muda ini jika sudah berkeluarga juga masih keluarga kecil sehingga tidak membutuhkan banyak kursi penumpang.
Ubahan lain dari versi Civic sedan
Selain ubahan dimensi panjang, perubahan juga dilakukan pada air intake (lubang pasokan udara) yang didesain lebih lebar daripada versi sedan, alhasil Civic Hatchback Turbo lebih banyak memasukkan udara (makin powerful), lampu kabut juga dirubah disesuaikan desainnya dengan mobil hatchback yang lebih muda dan dinamis.
Spoiler disematkan pada bagian atap belakang mobil ini, spoiler ini selain berfungsi sebagai penutup panas sinar matahari sebenarnya fungsinya adalah untuk keseimbangan mobil saat melaju pada kecepatan tinggi misalnya di jalan bebas hambatan yang melaju diatas 100 km/ jam.
Ubahan memang banyak dilakukan pada bagian belakang termasuk adanya knalpot kembar dimana pada versi sedannya lubang knalpot ini hanya ada satu, pada bagian grill jika Civic sedan berwarna Chrom maka pada Civic Hatchback berwarna hitam (hal ini untuk menghilangkan kesan elegan pada mobil ini)
Spesifikasi Honda Civic Hatchback Turbo
Jenis Mesin: Bensin
Bahan Bakar: Bensin oktan 92 ke atas (Pertamax sampai Pertamax Turbo)
Kapasitas Mesin: 1498 cc turbocharged 4 Silinder
Jumlah katub: 16
Teknologi mesin: DOHC
Suplai bahan bakar: Direct Injection
Transmisi: 6 kecepatan Manual, CVT
Tenaga maksimum : 174 Hp pada putaran mesin 5500 Rpm (transmisi manual)
174 Hp pada 6000 Rpm (transmisi CVT)
Torsi maksimum: 167 Nm pada putaran mesin 1800 sampai 5500 Rpm (versi manual)
162 Nm @ 1700 - 5500 Rpm (transmisi CVT)
Rasio Kompresi: 10,6 : 1
Sistem Penggerak: Roda depan
Konsumsi BBM Honda Civic Hatchback Turbo
* Transmisi manual
Dalam kota: 1 : 12,5 (1 liter untuk 12,5 km)
Luar kota: 1 : 16,12 (1 liter untuk 16,12 km)
* Transmisi CVT
Konsumsi BBM dalam kota: 1 liter : 12,98 Km
Konsumsi BBM jalan Tol: 1 : 16,6 (1 liter untuk 16,6 Km)
Dimensi
Panjang: 4519 mm
Tinggi: 1434 mm
Lebar: 1798 mm
Jarak sumbu roda: 2700 mm
Ground Clearance: 133 mm
Kapasitas tangki BBM: 47 liter
Volume kabin: 2752 liter
Radius putar: 5,4 meter
Velg: Aluminum-Alloy 16 Inch (Aero Design)
Fitur Civic Hatchback Turbo
- ECON mode : mode menghemat BBM
- Adaptive Cruise Control Low Speed: kontrol kecepatan mobil pada titik tertentu dan bisa beradaptasi dengan kecepatan lingkungan sekitar
- Auto High Beam: fitur yang bisa menyesuaikan lampu sorot secara otomatis
- AC dengan Auto Climate Control dengan penyaring udara
- Pengukur suhu luar mobil
- Immobilizer
- Kamera parkir dengan multi angel
- Start Stop engine; tombol untuk menghidupkan dan mematikan mesin
- Keyless Entery; menghidupkan mesin tanpa kunci
- Power window dengan auto Up down
- Power door lock; kunci pintu dari kursi pengemudi
- Cup Holder; tempat botol
- Tilt Steering Telescopic; mengubah posisi stir menyesuaikan dengan pengemudi
- Sistem Audio: Radia, MP3, Windows media Audio Playback dengan 8 speaker (Suppor android dan apple)
- Konektifitas: bluetooth, Wifi, USB dua slot
Sistem Keselamatan
* Aktif :
- Rem ABS, Brake Assist (BA), EBD, CMBS
- Hill Start Assist (anti mundur di tanjakan)
- Line departur warning
- LED DRL
- Road Departure Mitigation System
- VSA dengan kontrol traksi
- Multi SRS Airbags: depan, samping, kaca (tirai)
- Sabuk pengaman 3 titik, dengan automatic tension (otomatis mengunci saat ada hentakan)
- Struktur Bodi ACE
Kelebihan Mesin 1500 cc dengan turbo
Banyak pembaca menanyakan mengapa Civic Hatchback Turbo ini bisa mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar padahal mesin mobil standar (bisa dibilang kecil)? karena pada mesin ini disematkan turbo (peningkat tenaga dan torsi) yang akan aktif secara otomatis saat mesin menyentuh putaran tertentu (Rpm tertentu)
Menggunakan mesin yang kecil (1500 cc) memang sengaja dilakukan agar lebih hemat bahan bakar, jika kita ingin menghemat bahan bakar maka mengemudilah dibawah Rpm tertentu dimana Turbo tidak aktif... Hal ini berbeda dengan mesin yang besar dimana tenaganya besar tetapi boros bahan bakar.
Mobil ini tersedia dalam dua versi yakni varian S CVT dan E CVT, berikut adalah harganya:
- Tipe S CVT: 399 juta rupiah
- Tipe E CVT: 439 Juta rupiah
Varian yang dijual di Indonesia saat ini hanya tersedia versi matic saja, alasannya adalah kepraktisan mobil. Di beberapa negara terutama Amerika dan Eropa Civic Hatchback Turbo juga tersedia versi manualnya.
menurut admin tipsmobilbaru.blogspot.com kemungkinan besar kedepan Honda Indonesia bakal memasukkan versi manualnya juga, mengingat ini mobil crossover sebenarnya. Bagi pengemudi yang menyukai transmisi manual tentunya mengharapkan ada varian manualnya
Harga di atas adalah harga on the road Jakarta, kemungkinan jika ada perubahan harga atau keluar varian yang lain selain dua yang disebutkan di atas akan segera kami update..terutama harganya
sekedar catatan bahwa Civic Hatchback Turbo ini harganya lebih murah dibanding versi Sedan
No comments:
Post a Comment