Posisi ban saat parkir
Masih banyak yang beranggapan bahwa saat parkir ban harus lurus, padahal ini salah besar.
Saat parkir posisi ban haruslah diposisi tertentu.
Untuk keselamatan mobil, ternyata ban harus dibelokkan tergantung kondisi jalan tempat kita parkir: misalnya parkir di tanjakan/ parkir di jalan menurun.
Parkir yang benar
Memarkir atau memberhentikan mobil ditepi jalan membutuhkan teknik tertentu agar kita terhindar dari kecelakaan, berikut antara lain:
1. Posisikan ban dengan tepat (berbelok ke kanan/ ke kiri/ lurus)
2. Masukkan gigi yang tepat (jika jalan menurun masukkan gigi ke gigi mundur), jika jalan menanjak masukkan ke gigi 1, untuk mobil matic posisikan tuas transmisi ke P
3. Aktifkan hand rem (rem tangan sebutan yang tepat adalah rem parkir)
4. Ganjal jika perlu
Parkir di jalan datar, posisikan ban lurus
Jika memarkir mobil di jalan yang datar memang sebaiknya pecinta otomotif meluruskan ban depan, hal ini bertujuan untuk memberikan ruangan yang luas pada jalan seperti menutup kaca spion. Posisi ban yang lurus juga lebih memperlama usia power steering dibandingkan membelokkan ban saat parkir
Parkir di jalan menanjak, belokkan ban ke kanan atau ke kiri
Pernahkan pecinta otomotif parkir di jalan menanjak, eh ternyata ketakutan bagaimana kalau mobil ini meluncur jauh ke bawah? menabrak pengguna jalan lain! Nah sebenarnya ada teknik parkirnya saat di tanjakan yakni dengan membelokkan ban agar tidak terus meluncur ke bawah.
Saat kita melewati tanjakan dan kita memarkir mobil di pinggir jalan tersebut maka posisi yang tepat adalah membelokkannya ke sisi kanan, hal ini berlaku jika pada pinggir jalan terdapat trotoar atau halangan semacam gundukan tanah. Tujuan membelokkan ke sisi kanan adalah agar ban depan mengganjal trotoar sehingga jika secara tidak terduga mobil turun maka akan terganjal trotoar tersebut.
Berbeda saat di pinggir jalan tidak ada apa-apa alias hanya rerumputan maka belokkan ban ke arah kiri, hal ini agar saat secara tidak terduga mobil meluncur turun maka mobil tidak akan lurus ke bawah menabrak mobil lain. Akan tetapi mobil akan berbelok ke kiri saja. Hal ini sangat aman karena mobil hanya akan berbelok ke kiri dan dia mencari keseimbangannya sendiri (tidak ke kiri terus), melainkan setelah berbelok dia akan berhenti tepat 90 derajat
Parkir di jalan menurun
Nah untuk jalan menurun ini pecinta otomotif juga harus membelokkan ban ke sisi kiri, ini berlaku baik jalan memiliki trotoar (halangan) ataupun tidak memiliki trotoar.
Membelokkan ban ke posisi kiri mencegah mobil meluncur turun ke bawah mengikuti jalan dan menabrak apa-apa yang ada dibawah, dengan membelokkan ke kiri maka mobil tidak akan meluncur kedepan tetapi berbelok 90 derajat ke arah kiri sehingga mencegah kemungkinan kecelakaan yang ditimbulkannya saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Oh iya jangan lupa mengganjal ban mobil dengan kayu atau batu saat parkir di jalan yang curam/ terjal, baik itu tanjakan maupun turunan demi keselamatan
Nah mungkin pecinta otomotif sudah jelas dengan posisi roda saat parkir
Spesifikasi | mobil | motor | mesin | interior | eksterior | fitur | tenaga | Hp | akselerasi | kelebihan | kekurangan | Harga | konsumsi | BBM | cara | tips | merawat | mengatasi | rem | mogok | Toyota | Honda | Suzuki | Mitsubishi | Daihatsu | Nissan | Isuzu | wuling | Panther | Jimny | Kijang | pajero | fortuner | HR-V | Rush | Terios | Taruna | Avanza | xenia | Ayla | agya | Xpander | Calya | Sigra | Ertiga | Carry | Espass | Escudo | APV | Brio | L300 | irit | offroad | Innova | pickup |
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi
Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...
-
Mazda 323 Interplay adalah mobil jenis sedan yang keluar tahun 90an secara resmi tahun 1989 sampai 1997, mobil ini banyak dijumpai di Indon...
-
Daihatsu Classy dan Daihatsu Winner merupakan varian dari Daihatsu Charade , perbedaan antara classy dan winner adalah pada tipe mobil y...
-
Isuzu D-Max mesin turbo diesel semakin dicari para penikmat off road indonesia, semakin ramainya mobil double cabin yang dikeluarkan ma...
No comments:
Post a Comment