Saat mudik lebaran banyak sekali pemudik yang memakai motor, alasannya adalah agar saat dikampung bisa berpergian dengan motor, selain itu mudik dengan motor juga lebih murah dibandingkan naik kendaraan umum.
Padahal sebenarnya resiko kecelakaan pemudik memakai kendaraan roda dua ini sangat tinggi dimana tidak sebanding dengan resiko yang ditanggung.
Berkaca dari beberapa hari raya lebaran dimana kecelakaan banyak terjadi pada pemudik dengan kendaraan roda dua, maka tahun ini pemerintah melakukan berbagai himbauan untuk tidak naik sepeda motor saat mudik.
Berbagai cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi fenomena mudik dengan motr antara lain:
1. Menghimbau masyarakat untuk tidak memakai motor untuk mudik
2. Memberikan layanan mudik gratis dengan mengangkut motor menggunakan truk, semntara orangnya bisa naik angkutan umum seperti bus atau kereta api
3. Memberlakukan aturan khusus pada pemudik yang menggunakan motor, antara lain:
- tidak membawa barang bawaan yang banyak
- tidak digunakan untuk mengangkut lebih dari 2 orang dewasa + 1 anak-anak
Nah bagi yang melanggar aturan akan kami tindak tegas, ungkap Budi Karya Sumadi selaku menteri perhubungan.4. Membangun/ menyediakan rest area khusus untuk pemudik dengan sepeda motor
5. Akan menggodok aturan tentang mudik dengan motor ini.
Bahaya mudik dengan motor
Berbeda dengan mobil, motor memang sangat rentan terjatuh: tersenggol sedikit saja motor akan jatuh, terkena batu di jalan motor juga akan jatuh, terkena lubang dijalan motor juga bisa jatuh.
Nah jika rentan jatuh kemudian dipakai untuk perjalanan jauh tentunya itu sangat berbahaya karena perjalanan jauh selain menguras tenaga juga menguras konsentrasi, terlebih saat mudik jumlah motor mencapai ribuan dan mobil juga sangat banyak sampai memenuhi jalan.
Tahun lalu kecelakaan yang dialami pemudik dengan motor mencapai angka hampir 3000 kasus (2900 kecelakaan), ini angka kecelakaan yang sangat tinggi
Solusi mudik memakai motor
Beberapa langkah safety yang bisa dilakukan oleh pemudik dengan motor antara lain:
1. Memakai jaket, celana jeans, sepatu dan helm yang kuat: keempat pakaian ini akan melindungi pemotor saat terjatuh, pilihlah yang paling bagus kualitasnya yang dimiliki
2. Istirahat setiap 2 atau 3 jam perjalanan: jika dengan mobil manusia bisa berkendara selama 3 jam tanpa henti, kalau dengan motor manusia berkendara 2 jam itu sudah sangat capek. Maka perlu relaksasi untuk menyegarkan pikiran dan otot-otot tubuh yang tegang
3. Kurangi barang bawaan: bawa barang bawaan yang penting-penting saja selama perjalanan
4. Penumpang tidak lebih dari 2 orang dewasa dan 1 anak-anak. Jangan membawa 2 anak-anak.
5. Istirahat dengan tidur yang cukup pada saat malam hari sebelum besoknya mudik, tidur minimal 8 jam pada malam sebelum berangkat sehingga paginya sudah segar dan tidak kecapekan menempuh perjalanan jauh
Spesifikasi | mobil | motor | mesin | interior | eksterior | fitur | tenaga | Hp | akselerasi | kelebihan | kekurangan | Harga | konsumsi | BBM | cara | tips | merawat | mengatasi | rem | mogok | Toyota | Honda | Suzuki | Mitsubishi | Daihatsu | Nissan | Isuzu | wuling | Panther | Jimny | Kijang | pajero | fortuner | HR-V | Rush | Terios | Taruna | Avanza | xenia | Ayla | agya | Xpander | Calya | Sigra | Ertiga | Carry | Espass | Escudo | APV | Brio | L300 | irit | offroad | Innova | pickup |
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi
Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...
-
Mazda 323 Interplay adalah mobil jenis sedan yang keluar tahun 90an secara resmi tahun 1989 sampai 1997, mobil ini banyak dijumpai di Indon...
-
Daihatsu Classy dan Daihatsu Winner merupakan varian dari Daihatsu Charade , perbedaan antara classy dan winner adalah pada tipe mobil y...
-
Isuzu D-Max mesin turbo diesel semakin dicari para penikmat off road indonesia, semakin ramainya mobil double cabin yang dikeluarkan ma...
No comments:
Post a Comment