Sunday, October 21, 2018

Akibat Ganjil Genap, Mobil Bekas ini Laris Manis

Pemberlakuan ganjil genap di Jakarta ternyata berdampak pada pemilik kendaraan (mobil) di Jakarta, mereka yang awalnya memiliki 1 mobil untuk aktivitas sehari-hari kini mulai melirik mobil bekas yang sudah memiliki plat nomor yang berbeda (ganjil genapnya) agar bisa dipakai bergantian dengan mobil terdahulu.
Uniknya mobil yang dilirik bukanlah mobil baru, karena mobil baru jelas nantinya belum tentu nomor kendaraan seperti yang diinginkan (ganjil genapnya), yang diburu adalah mobil bekas dengan rentang harga dibawah 100 juta, ada juga yang diatas 100 juta tetapi tidak lebih dari  150 juta rupiah.

Wednesday, October 17, 2018

Cara Mengatur Posisi Spion yang Benar

Spion menjadi bagian penting saat berkendara baik itu mobil atau motor, posisi spion yang ideal akan sangat memudahkan kita untuk mengetahui keadaan di belakang mobil saat kita ingin mengubah jalur kendaraan, mau berbelok di jalan raya, mau mundur, parkir, atau memutar mobil.
posisi spion memperlihatkan 1/4 body mobil dan 1/4 garis horizon
Sebelum berkendara pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com wajib terlebih dahulu mengatur spion ke posisi yang paling ideal, jika pecinta otomotif belum menemukan sudut yang tepat atau pandangan di belakang belum maksimal maka mobil jangan dijalankan dulu, aturlah dulu dengan sabar.
Nah berikut ini cara mengatur posisi spion yang ideal yang dilansir dari halaman Suzuki Indonesia:
1. Arahkan Spion ke belakang
2. Atur garis horizon berada pada separuh sampai seperempat kaca spion bagian bawah, garis horizon ini sebagai patokan atas bawah kita sehingga kita tidak bingung saat melihat ke spion karena patokan atas bawah langsung terlihat. Jika kita tidak mempertimbangkan garis horizon (tidak menampakkan garis horizon) maka kita akan kebingungan saat melihat spion
3. Atur sudut spion, dimana bagian body mobil minimal terlihat 1/4, atau pada kaca spion terlihat 1/4 body mobil sampai 1/2 bodi mobil. Memperlihatkan 1/4 sampai 1/2 body mobil ini berfungsi untuk mengurangi blind spot yang ada pada pilar belakang mobil, sementara 3/4 sampai 1/2 kaca spion masih menampakkan lingkungan luar.
Memperlihatkan body mobil pada kaca spion ini juga perlu sebagai patokan posisi mobil dengan keadaan lingkungan sekitar dan kita tidak kebingungan antara posisi mobil dengan sebelah kanan dan kiri mobil, Kita malah akan kebingungan jika kita sama sekali tidak menampakkan bodi mobil pada kaca spion.
4. Mengatur "spion dalam" arahkan ke belakang dan sebisa mungkin seluruh spion dalam menampakkan kaca belakang mobil secara keseluruhan, karena pandangan pengemudi dari spion dalam ke belakang mobil sepenuhnya tergantung pada bagian kaca belakang mobil. Makin luas kita melihat seluruh kaca belakang mobil maka pandangan kita ke belakang makin baik.
mengatur posisi spion ideal untuk memperoleh pandangan baik
Nah mudah bukan mengatur posisi spion mobil yang benar? hal pertama yang dilakukan driver setelah masuk pintu mobil adalah mengatur spion, agar saat berjalan kita sudah tidak bingung mengatur lagi spion mobil dan ini faktor yang menunjang keselamatan dalam berkendara

Monday, October 15, 2018

Memperbaiki Bumper Penyok dengan Air Panas, Begini Caranya

Bumper mobil merupakan bagian dari mobil yang terletak paling luar dari mobil, bumper mobil termasuk bagian yang paling sering mengalami kerusakan akibat benturan ringan (menabrak atau ditabrak kendaraan lain) atau menabrak sesuatu saat kita sedang parkir.
Bumper penyok siram dengan air panas
Kerusakan bumper yang paling sering adalah penyok, karena kebanyakan bumper mobil sekarang terbuat dari plastik dimana akan penyok saat menabrak sesuatu, paling sering ketika mundur menabrak benda yang tidak terlihat seperti tempat sampah atau tiang...
Nah bagaimana cara memperbaiki sendiri bumper yang penyok akibat tabrakan ringan dan tidak perlu membawanya ke bengkel?
Cara paling mudah adalah memperbaiki bumper penyok dengan air panas, prinsipnya adalah melembekkan bumper yang penyok tersebut dengan cara memanaskannya (disiram air panas) lalu menekannya dari sisi dalam sampai penyok hilang (kembali ke bentuk semula sebelum menabrak sesuatu). Berikut ini adalah caranya:
1. Bersihkan bumper yang penyok sambil siapkan teko atau ceret yang akan digunakan untuk merebus air.
2. Isi teko dengan air sampai penuh lalu rebus air (dalam teko) hingga mendidih di kompor
3. Setelah mendidih, angkat teko dan tunggu sebentar (2 menit) agar air tidak terlalu panas untuk disiramkan pelan-pelan pada permukaan bumper yang penyok, jangan terlalu panas (saat mendidih) karena jika air terlalu panas akan merusak cat bumper
4. Guyur/ siramkan/ tuangkan pelan-pelan air di dalam teko ke bumper yang penyok secara merata (bumper yang akan diperbaiki saja)... Cara menyiramkannya persis seperti menuangkan air ke dalam gelas. kenapa memakai ceret atau teko karena lebih mudah menyiramkan air secara merata dan sesuai kebutuhan.
5. Setelah menyiram periksalah apakah plastik sudah cukup lembek atau masih keras? jika masih keras siramlah lagi sampai lembek, jika sudah lembek tekanlah bumper yang penyok tadi dari sisi dalam untuk mengembalikan bentuknya seperti semula. Cara menekannya bisa menggunakan jari yang dibungkus kain lap, tekan pelan-pelan.
Nah sekarang bumper yang penyok tersebut sudah kembali ke bentuk semula, tetapi biasanya saat bumper mobil menabrak benda, selain penyok juga ada goresan...nah untuk menyamarkan goresan tersebut tinggal di cat saja sewarna, atau jika sudah cukup puas dengan bentuknya tanpa mengecat juga tidak masalah.
Memperbaiki body mobil yang penyok dengan air panas
Manurut artikel life hack dari luar negeri, metode perbaikan dengan air panas ini juga bisa dipakai untuk memperbaiki body mobil yang penyok, caranya mirip dengan poin 1-5 di atas, karena logam yang panas akan memuai dan lebih mudah dibengkokan atau diluruskan. Siram body mobil yang penyok ringan dengan air panas lalu tekan dari dalam agar kembali ke bentuk semula (sebelum penyok)
Memperbaiki mobil penyok dengan air panas
Perlu dicoba nih :-)
Memperbaiki bumper penyok dengan hair dryer
Prinsipnya sama dengan air panas, akan tetapi yang dipakai adalah hair dryer (pengering rambut) yang mengeluarkan hawa panas untuk melembekkan plastik.. Panaskan bumper plastik dengan hair dryer sampai lembek lalu dorong dari sisi bagian dalam.
Nah mudah dan sederhana bukan? silahkan dipraktekkan yaaa, lumayan tidak usah ke bengkel bukan?

Friday, October 12, 2018

Spesifikasi Gesits, Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Gesits adalah motor listrik buatan anak bangsa yang sudah beberapa tahun diuji coba untuk masuk pasar kendaraan roda dua di Indonesia, produsen Gesits ini adalah kolaborasi dari Institus Teknologi Sepuluh November (ITS) dan PT. Gesits Technologies Indo (PT. GTI).
Spesifikasi Gesits Motor Listrik nasional
Rencananya skuter listrik akan mulai diproduksi masal Bulan Desember 2018, peluncuran motor listrik nasional karya anak bangsa ini bakal dilakukan di Istana negara yang akan disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Spesifikasi Gesits
Gesits masuk dalam jenis skuter, tetapi bukan skuter kebanyakan yang memakai BBM sebagai sumber energinya tetapi Gesits memakai baterai untuk menyalurkan listrik ke dinamo yang akan menggerakkan roda, artinya gesits ini memakai tenaga listrik untuk sumber energinya.
Motor bertenaga listrik ini bisa diisi dengan cara dicharge dirumah atau di SPLU yang sudah disediakan pemerintah di tempat-tempat umum, jika di charge dirumah dia membutuhkan waktu 4 jam untuk mengisi penuh baterainya.
Baterai motor listrik gesits
Untuk tenaga yang bisa dihasilkan dari motor listrik gesits ini adalah 5 Kw pada 3000 Rpm sedangkan torsinya 15 Nm, sementara baterai yang digunakan adalah lithium ion 3000 Wh. Untuk satu kali pengisian baterai hingga penuh, motor bisa digunakan untuk menempuh jarak 85 Km sedangkan kecepatan maksimum gesits ini mencapai 110 km/jam.
Jadi sebenarnya dia cukup bisa bersaing dengan motor-motor berbahan bakar minyak seperti Honda Beat, Vario, dll. Sedangkan pengisian selama 4 jam terbilang cepat untuk ukuran motor listrik, beberapa motor listrik bahkan membutuhkan waktu antara 7 sampai 8 jam untuk mengisi baterainya hingga penuh.
Menurut informasi baterai gesits ini masih diimpor dari jepang, hal ini wajar karena untuk membuat baterai itu sangat sulit, bisa dikatakan komponen paling sulit pada motor listrik adalah baterai, setelah itu baru dinamo.
Kekurangan motor listrik
1. Baterai
Kelemahan motor listrik sampai saat ini adalah masalah pada baterainya, yang mana baterai yang digunakan masih memakai material li-ion  sama seperti baterai laptop atau bateri HP yang karakternya tentu saja sama dengan baterai laptop.
Pemilik motor harus bisa merawat baterai motor agar tidak cepat ngedrop seperti: cara pengechasan harus sampai full dan tidak boleh lupa mencabut charger jika baterai sudah penuh, karena jika baterai sudah penuh tetapi masih di charge akan menyebabkan baterai rusak/ ngedrop/ soak.
Jika baterai soak/ ngedrop maka harus mengganti dengan baterai baru, yang mana harga baterai motor listrik ini tidaklah murah, sebagai perbandingan harga baterai laptop aja sekitar 700 ribuan padahal baterai laptop jauh lebih kecil, maka harga baterai motor ini bisa mencapai jutaan dan hampir menyentuh harga motornya. Misalnya motornya dijual 15 Juta maka harga baterainya bisa diatas 8 Juta. Ini artinya pecinta otomotif harus memberikan perhatian yang ekstra pada baterai.
2. Daya Jelajah
Kelemahan motor listrik dibanding motor bensin tentunya adalah daya jelajah yang tak seluas motor bensin untuk saat ini, motor listrik memiliki daya jelajah 80 km selanjutnya harus dicharge selama 4 jam untuk menempuh 80 km lagi. Bandingkan dengan Honda Beat yang jika diisi penuh dia bisa mencapai jarak tempuh 200 km, jika sudah menempuh 200 Km motor bisa diisi bahan bakar di SPBU hanya dengan waktu beberapa manit sana (5 menit), bandingkan pada motor listrik untuk menempuh jarak 200 km harus diisi selama 10 jam.
3. Pengisian energi lebih murah mana?
Untuk motor listrik diperlukan Rp. 7500 (rata-rata skutik listrik) dan bisa dipakai untuk menempuh jarak 80 km, sedangkan untuk honda beat (sebagai contoh kasus) jika diisi premium 20 ribu (full) bisa untuk menempuh jarak 200 km. Artinya untuk biaya pengisian tenaga bisa dikatakan sama untuk saat ini.
Ternyata daya jelajah dan waktu pengisian masih unggul motor bensin ya :-) yaaa itu saat ini,
sedangkan jika dikonversi dengan biaya pengisian energi keduanya bisa bersaing.
4. Motor listrik memiliki usia pakai baterai
Nah ini menurut admin tipsmobilbaru.blogspot.com adalah kelemahan utama motor listrik, yakni baterai motor listrik hanya bertahan sampai 700 kali isi ulang saja, setelah 700 kali charge maka baterai akan ngedrop dan harus dibelikan baterai baru. Berbeda dengan motor bensin yang meskipun diisi bensin sampai beribu-ribu kali juga tidak masalah (tidak perlu ganti tangki bahan bakar).
Artinya jika pecinta otomotif memakai setiap hari, maka dalam 2 tahun atau 730 kali pengechasan maka baterai harus diganti, atau baterai motor listrik harus diganti setiap 2 tahun...itu jika perawatan baik, tetapi jika perawatan baterai kurang baik maka usia baterai bisa lebih pendek lagi.
Sudah diutarakan diatas bahwa harga baterai motor listrik tidaklah murah dan bisa mencapai separuh dari harga motor, atau tiap 2 tahun pecinta otomotif harus menyiapkan dana 7,5 jutaan untuk anggaran beli baterai baru.
Keuntungan motor listrik
1. Murah
Karena mesinnya sederhana hanya dinamo dan baterai sebagai penyimpan listrik, maka harga motor listrik lebih murah daripada motor bermesin bensin yang relatif sangat rumit pembuatannya (komponen-komponen mesinnya).
Jika kita melihat harga motor listrik yang sudah ada saat ini yakni Viar Q1 yang dijual dengan harga 16 jutaan tentunya lebih murah daripada motor-motor bensin, apalagi jika permintaan pasar tambah tinggi maka motor listrik bisa lebih murah lagi cost produksinya karena fix costnya bisa ditekan untuk menghasilkan motor per unitnya.
2. Tarikan lebih responsif
Salah satu kelebihan dinamo adalah putaran yang seketika, dan ini menghasilkan tarikan motor yang seketika pula...akselerasi motor listrik ini jauh lebih cepat dibandingkan motor bensin
3. Biaya perawatan yang rendah
Karena mesinnya sederhana (hanya dinamo) maka perawatan motor listrik ini juga mudah dan biayanya rendah, tidak perlu oli, komponen-komponen yang rumit dalam mesin bensin. Jika rusak paling-paling kumparan dinamonya saja yang rusak/ terbakar.
Meskipun begitu bagaimanapun komponen pasti memiliki umur pakai yang akan kehilangan fungsinya jika umur pakainya habis, tipsmobilbaru.blogspot.com masih belum menemukan berapa umur pakai dinamo motor listrik bisa dipakai.
4. Senyap dan tanpa polusi
Motor listrik ini tidak memiliki polusi asap seperti motor bensin, dia juga tidak bersuara sehingga saat berjalan motor ini tidak memiliki suara alias senyap.
Motor listrik Viar Q1
Pabrikan besar juga siap-siap meluncurkan motor listrik
Pabrikan otomotif yang sudah menjual motor listrik adalah Viar yakni Viar Q1 yang dijual 16 jutaan, selain itu Honda juga sudah bersiap-siap mengeluarkan motor listrik dimana pengujian motor listrik dari Honda sudah dilakukan beberapa tahun lalu, praktis honda tinggal menunggu waktu yang tepat saja.
Motor listrik dari Honda
Tak hanya Honda tetapi Suzuki dan yamaha juga sudah bersiap mengeluarkan motor listrik jika aturan pemerintah sudah jelas dan juga infrastruktur listrik sudah mencukupi maka pabrikan besar sudah bersiap-siap menjual motor listriknya.

Wednesday, October 10, 2018

5 Tips Membeli Sparepart Original (Asli), Hindari Sparepart Aspal

Melakukan service berkala pada motor/ mobil sangat diperlukan untuk menjaga performa kendaraan kita tetap baik, selain untuk menjaga performa kendaraan, perawatan secara periodik ini juga bermanfaat untuk keselamatan berkendara kita. 
Misalnya perawatan pada bagian rem akan berakibat pada tingkat keselamatan berkendara yang lebih tinggi, perawatan kaki-kaki juga bisa mencegah kecelakaan.
Perawatan mobil atau motor identik dengan penggantian sparepart/ suku cadang yang telah habis umur pakainya atau telah aus misalnya: kampas rem yang tipis, ban yang gundul, oli yang sudah waktunya diganti, bahkan ada kalanya komponen dalam mesin juga waktunya diganti. 

Friday, October 5, 2018

Angkat Wiper saat Parkir, Ini Manfaatnya

Mengangkat wiper mobil saat parkir memang masih menjadi kontroversi apakah perlu dan apa manfaatnya? sebagian orang mengatakan tidak ada manfaatnya mengangkat wiper saat mobil diparkir di tempat terbuka, tetapi banyak orang ternyata justru melakukan itu. Lantas bagaimana pendapat tipsmobilbaru.blogspot.com tentang mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka? berikut ini penjelasan admin tipsmobilbaru.blogspot.com
manfaat mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka yang panas terik dan berdebu
Saat parkir di tempat terbuka yang cenderung berdebu dan panas, memang sebaiknya kita mengangkat wiper mobil, hal ini memberikan 2 manfaat antara lain:
1. Mencegah akumulasi debu di karet wiper
Jika kita memarkir mobil ditempat terbuka maka otomatis hanya angin dan debu yang menerpa mobil kita, jika posisi wiper tidak diangkat maka debu yang menerpa kaca mobil bagian depan akan luruh kebawah lalu menumpuk di atas karet wiper.
Nah banyaknya debu pada karet wiper ini beresiko membaret kaca mobil saat pemilik mobil lupa membersihkan debu dan tergesa-gesa menyapukan wiper untuk membersihkan kaca mobil, untuk mencegah kemungkinan kaca baret akibat debu ini sebaiknya pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka yang banyak debu, toh mengangkat wiper mobil saat mobil diparkir ini tidak berbahaya, lain halnya jika mengangkat wiper saat mobil berjalan pasti menghalangi visibilitas pengemudi dan bisa beresiko mengagetkan pengemudi saat tiba-tiba wiper jatuh.
2. Mencegah karet wiper gampang getas
Banyak praktisi otomotif sepakat bahwa memarkir mobil di tempat terbuka yang terkena panas matahari secara langsung akan membuat karet wiper cepat getas/ aus/ pecah-pecah/ kehilangan elastisitasnya. Jika karet wiper sudah kehilangan elastisitasnya dan menjadi keras maka sapuan air pada kaca mobil pun tidak sempurna dan meninggalkan jejak sapuan yang mengganggu visibilitas pengemudi saat berkendara pada cuaca hujan.
Akan tetapi mengangkat wiper juga ada sedikit kerugian yakni jika karet wiper terlalu sering diangkat/ terlalu lama, saat diturunkan membutuhkan waktu beberapa saat agar karet wiper menyesuaikan bentuk dengan kaca mobil dan menempel sempurna, sehingga sapuan wiperpun dapat sempurna menyeka air/ kotoran pada kaca mobil.
Nah sekarang pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com sudah tahu kan bahwa mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka memiliki keuntungan, meskipun dari pabrikan otomotif hanya mengatakan boleh mengangkat wiper saat parkir...artinya tidak dilarang
Ganti karet wiper tiap berapa bulan?
Idealnya mengganti karet wiper adalah tiap setahun sekali ketika memasuki musim penghujan, terutama untuk mobil-mobil jaman sekarang yang mayoritas memiliki kaca depan yang lebar dan saat hujan membutuhkan performa wiper yang baik.
Tetapi beda mobil beda perlakuan, contohnya mobil jadul admin tipsmobilbaru.blogspot.com Suzuki Katana yang memiliki kaca depan relatif tidak lebar dan cenderung tegak, sudah 3 tahun karet wiper tidak saya ganti tetapi sapuan air saat hujan masih baik-baik saja (sempurna).
kaca mobil baret mengganggu visibilitas pengemudi dan menyebabkan mata cepat lelah
Karena karakter mobil Katana yang saat kaca depan terkena air maka dia bisa segera turun ke bawah, jadi performa wiper sebenarnya tidak begitu diperlukan karena desain kaca yang tegak juga memudahkan air cepat mengalir ke bawah
Hal ini berbeda dengan mobil-mobil baru seperti Honda Jazz atau Mitsubishi Xpander atau Mobilio yang memiliki kaca lebar dan kurang tegak, maka saat hujan performa wiper sangat menentukan visibilitas pengemudi.

6 Tanda Ban harus Segera Diganti

Ban mobil memiliki peran yang sangat penting terhadap keselamatan berkendara dan juga kenyamanan seluruh penumpang, ban mobil yang sudah mulai aus akan terasa tidak enak dikemudikan, mobil sering selip, ban mudah bocor dan yang paling parah ban bisa pecah saat kita di kecepatan tinggi yang ujungnya tentu saja fatal karena mobil akan terbalik. baca: cara mengemudi saat terjadi pecah ban agar tak terbalik
mobil terbalik akibat pecah ban

Selain mengetahui berapa tekanan ideal ban mobil kita, yang tak kalah penting adalah kita juga mengetahui berapa persen kondisi ban mobil kita atau kita mampu mengetahui apakah ban kita masih layak pakai atau harus segera diganti?
Jika memang muncul 6 tanda-tanda/ ciri-ciri seperti dibawah ini maka pecinta otomotif harus segera mempertimbangkan untuk menggantinya, jika punya uang segera ganti dan jika tidak punya uang segera nabung:
1. Kembang ban tipis
Ketebalan corak ban
Kembang atau corak pada ban berfungsi untuk mengalirkan air yang terjebak pada ban ketika ban melibas jalanan berair, jika corak ban makin tipis atau bahkan tidak terlihat maka ini berbahaya saat melewati hujan atau jalan berair.
TWI ban
Selain itu corak ban yang menipis juga sebuah sinyal bahwa ban anda sudah tipis dan mudah bocor bahkan meskipun tidak terkena tusukan ban bisa bocor kalau sudah tipis/ botak. Batas aman ketebalan corak ban adalah 1,6 mm, artinya ukurlah kedalaman kembang ban, jika kedalaman coraknya masih diatas misalnya (2 mm) itu aman dan sebaliknya jika dibawah 1,6 mm artinya ban sudah tidak layak pakai
2. TWI Ban
Pada ban terdapat TWI atau Tread Wear Indicator, dia berupa tonjolan karet pada sela kembang ban, TWI juga ada pada pada batas terbawah kembang ban... Nah perhatikan kedua TWI ini, jika ban makin tipis dan sudah tak layak pakai maka tanda TWI ini akan terkikis, jika TWI sudah semakin samar maka sebaiknya pecinta otomotif segera mengganti ban kaera itu artinya karet ban sudah tipis dan tak sekuat sebelumnya
3. Usia ban
Lihat usia ban mobil, sudah berapa lama dia dipakai atau bisa juga dengan melihat kapan tahun pembuatan ban, ban mobil yang layak pakai memiliki umur pakai dibawah 6 tahun. misalnya sekarang tahun 2018 maka ban yang masih baik dibuat pada tahun 2012 atau yang lebih muda misalnya 2014 atau 2015 masih aman, sementara jika ban dibuat pada tahun 2010 atau lebih tua maka ban tersebut dikhawatirkan mudah pecah karena karet ban juga akan kehilangan elastisitasnya seiring waktu. Pabrikan mobil biasanya menerapkan 6 tahun untuk usia optimal ban
4. Ada benjolan
Ban bisa benjol karena beberapa sebab seperti terkena minyak tanah/ cairan yang secara kimiawi bisa membuat karet bengkak, ban bisa benjol juga karena struktur dalam ban rusak akibat terbentur sesuatu (benang/ baja putus).
Jika ada benjolan pada ban mobil sebaiknya pecinta otomotif lekas mengganti ban, karena itu rawan pecah dan tidak bisa diperbaiki.
ban benjol
5. Retak
Retakan pada ban bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain karena usia ban terlalu tua, kualitas karet ban kurang bagus, karena cuaca. Retakan pada ban bisa terjadi pada bagian tapak ban atau pada dinding ban, keduanya sama-sama menimbulkan potensi bahaya ban meledak/ pecah dijalan... Jika terlihat ban ada retakan yang berbahaya maka sebaiknya ban diganti
ban retak
6. Ban robek
Seringkali tanpa kita ketahui penyebabnya tiba-tiban ban robek, tetapi sebenarnya ban robek disebabkan karena goresan atau benturan fisik dengan benda keras, meskipun tidak bocor tetapi ban sudah terlihat robek aka sebaiknya pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com segera menggantinya. Pengalaman admin tipsmobilbaru.blogspot.com ban robek setelah melewati jalan yang ada besi bekasnya tiang reklame, artinya ban bisa robek saat melindas barang yang keras dan tajam bahkan tak menutup kemingkinan ban robek karena melindas batu makadam yang tajam.
ban sobek
Nah hal-hal diatas adalah beberapa ciri/ tanda ban harus diganti, jika pecinta otomotif mengalami salah satu kondisi diatas lebih baik siap-siap menggantinya dengan menabung dulu.

sumber: tipsmobilbaru.blogspot.com

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...