Tuesday, March 24, 2015

Beberapa Part yang Perlu Diganti saat Merawat Mobil

tipsmobilbaru.blogspot.com - Nah setelah kemaren membahas service pada mobil baru, kali ini tipsmobilbaru menyajikan tips perawatan untuk mobil second, tiap berapa km harus di service dan apa saja (komponen) yang mungkin diganti jika kilometer pada odometer mencapai angka tertentu/ kelipatannya, berikut:

Filter Udara

Bersihkan filter udara tiap 3000 sampai 5000 km, akan tetapi cuaca dan kondisi jalan juga
berpengaruh. Jika sering melewati jalan berdebu membersihkan filter udara bisa lebih sering. Ganti filter udara jika telah mencapai jarak 20 ribu km (5 kali cuci)
baca cara membersihkan filter udara pada artikel berikut: cara membersihkan filter udara pada mobil

Oli Mesin

* Periksa kualitas oli mesin dan kuantitasnya, kualitas ini terkait dengan kekentalan/ kemampuan lubrikasi sedangkan kuantitas adalah jumlah/ volume oli dalam mesin (bisa dilihat dengan mengecek tinggi oli melalui batang kontrol). lihat cara mengecek kualitas oli pada artikel berikut: tips memeriksa kualitas oli mesin mobil
* Ganti oli mesin dilakukan setelah kilometer mencapai 3000 sampai 5000, akan tetapi tergantung berat/ ringannya mobil sehari-hari jika mobil sering melewati jalanan macet seperti jakarta maka penggantian oli mesin harus lebih sering, karena pada jalanan macet odometer tidak berjalan tapi mesin berputar terus

Air Radiator

Ganti air radiator (air pendingin mesin)setiap 10.000 km, penggantiannya relatif mudah, bersihkan radiator jika dirasa mesin cepat panas (kemungkinan ada sumbatan pada radiator). baca tips tentang mengganti air radiator dan membersihkan radiator di sini

Timing Belt

Penggantian timing belt dilakukan ketika mobil mencapai jarak 30 ribu sampai 50 ribu kilometer, kualitas sparepart sangat berpengaruh. Usahakan memakai yang original dari produsen otomotif atau perusahaan yang memiliki reputasi bagus

Minyak Rem

Penggantian minyak rem ini biasanya berkisar pada angka 20 ribu kilometer, minyak rem juga berfungsi mengontrol ketebalan kampas rem. Pada saat pecinta otomotif menemui minyak rem yang semakin sedikit juga bisa mengindikasikan kampas rem sudah menipis.

Kampas Kopling

Penggantian kampas kopling mobil biasanya setelah mencapai jarak 50 ribu km sampai 80 ribu kilometer

Busi

Penggantian busi dilakukan setiap mobil menempuh jarak 20 ribu kilometer, selalu cek kualitas nyala api busi dan bersihkan saat mencapai jarak 5000 km

Oli power steering

Oli power steering bisa diganti saat mencapai 50 ribu kilometer

Filter Bahan Bakar

* Filter bahan bakar bertugas menyaring BBM yang masuk ke ruang bakar agar kotoran tidak ikut masuk ke silinder mesin (ruang bakar), pembersihan filter BBM ini biasanya tiap 5000 sampai 10.000 km.
* Penggantian filter BBM ini dilakukan tiap 20 ribu kilometer

Filter Oli

Penggantian filter oli biasanya sebelum mencapai 10 ribu km

Oli Transmisi dan Oli Gargan

* Oli transmisi dan oli gardan ini biasanya diganti setiap 10 ribu sampai 20 ribu km, tergantung kondisi kerja mobil dan kualitas oli, jika memakai oli yang bagus dengan kerja yang tidak terlalu berat (jalan aspal datar tidak macet) maka bisa bertahan sampai 20 ribu km.
Berikut artikel tentang oli transmisi: tips mengganti oli transmisi pada mobil matic
* Selalu periksa saat service, ketinggian oli dan kemungkinan kebocoran, tambah jika volume berkurang
sebagai pelengkap artikel ini: baca artikel sebelumnya

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...