Sunday, December 23, 2018

Tol Trans Jawa, Tarif, Rest Area dan Peta

Tol Trans Jawa atau Tol Lintas Jawa adalah jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Jawa mulai Merak sampai rencananya Banyuwangi yang panjangnya lebih dari 1000 Km (sekitar 1150 Km), meskipun sampai saat ini yang tersambung masih sampai grati (pasuruan saja) sekitar 933 Km.
Tol Trans Jawa (lintas jawa)
Jalan Tol Trans jawa ini saat ini sebenarnya digunakan untuk menghubungkan antara 2 kota metropolis dan terbesar di Indonesia yakni Jakarta dan Surabaya, akan tetapi Tol Trans Jawa juga menghubungkan beberapa kota lain seperti Serang, Bogor, Bandung, Cikampek, Pemalang, Batang, Semarang, Solo, Ngawi, Kertosono, Mojokerto, Surabaya, Pasuruan. Nantinya akan terus dibangun sampai menyambung ke denpasar. Tol Trans Jawa atau lintas jawa ini sebenarnya juga masuk dalam proyek Asian Highway (AH2) yang menghubungkan Denpasar, Bali Indonesia sampai Khosravi di Iran.
Peta Tol Trans Jawa atau Lintas Jawa
Jalan Tol Trans Jawa sekarang terdiri dari 26 ruas jalan tol yang saling menyambung dengan melanjutkan Tol-tol yang sudah ada, yang mana saat ini sudah ada 19 jalan tol lintas jawa yang sudah beroperasi dan dikenakan tarif, sementara pada 7 ruas jalan tol lintas jawa sudah bisa dilintasi akan tetapi masih gratis dan baru dikenakan tarif pada 1 Januari 2019. 
Nah pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com bisa memanfaatkan untuk libur natal dan tahun baru sebelum 1 Januari nanti ya jika masih gratis, tetapi jika sudah dikenakan tarif pecinta tipsmobilbaru.blogspot.com tidak perlu khawatir karena disini kita akan mengulas berapa tarif pada masing-masing ruas jalan tol trans jawa ini (tak perlu khawatir uang gak cukup ya), tipsmobilbaru.blogspot.com juga akan menyajikan peta sekaligus letak rest area untuk istirahat.
Berikut ini adalah Tarif Tol Trans Jawa:
Merak - Tangerang (72,45 Km): Rp. 41.000
Jakarta - Tangerang (27 Km): Rp. 7.000
Cawang - Tomang (13 Km): Rp. 9.500
Jakarta - Cikampek (72 Km): Rp. 15.000
Cikopo - Palimanan (116,75 Km): Rp. 102.000
Palimanan - Kanci (26 Km): Rp. 12.000
Pemalang - Batang (6 Km): Rp. 5.500
Kanci - Pejagan (35 Km): Rp. 29.000
Pejagan - Pemalang (57,5 Km): Rp. 57.500
Semarang AB (5 Km): Rp 5.000
Semarang - Solo (40,4 Km): Rp. 33.000
Solo - Ngawi (90,43 Km): Rp. 86.500
Ngawi - Kertosono (50,02 Km): Rp. 52.000
Jombang - Mojokerto (40,5 Km): Rp. 46.000
Surabaya - Mojokerto (36 Km): Rp. 36.000
Gempol - Pasuruan (20,55 Km): Rp. 23.000
Sedangkan 7 ruas tol yang sekarang belum dikenakan tarif, dan baru dikenakan tarif 1 Januari 2019
Batang - Semarang (Pasekaran-SS Krapyak) (75 Km)
Semarang - Solo (Salatiga-Kartasura) (32,5 Km)
Ngawi - Kertosono (Wilangan-Kertosono) (39,1 Km)
Jombang - Mojokerto (Bandar-Kertosono) (40,5 km)
Gempol - Pasuruan (Pasuruan-Grati) (12,2 Km)
Surabaya - Gempol (Porong-Kejapanan) (6,3 Km)
Selain tarif tol, kita juga memerlukan rest area untuk istirahat, karena perjalanan yang aman adalah mengemudi maksimum 3 jam lalu istirahat 1 jam, lalu mengemudi lagi 3 jam sampai batas mengemudi dalam satu hari adalah 9 jam atau 3 x istirahat. Lebih dari itu tubuh manusia sudah kelelahan dan kehilangan konsentrasi serta sangat rawan terjadi kecelakaan.
Tarif tol trans jawa
Nah dibawah ini adalah lokasi Rest Area Tol Trans Jawa
Nah pecinta tipsmobilbaru.blogspot.com sekarang sudah mengetahui bahwa terdapat 35 Rest Area dan 4 Parking Bay yang mengcover Tol Trans Jawa, biasanya saat hari raya atau libur panjang pemerintah menambah fasilitas Tempat Istirahat Sementara (TIS), Tempat Istirahat (TI) dan Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) yang tersebar lebih banyak dari rest area. Banyaknya TI, TIS dan TIP ini tergantung momennya dan perkiraan seberapa banyak kendaraan yang lewat, pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com bisa memanfaatkan Tempat Istirahat (TI) jika menemuinya.
daftar lokasi Rest area tol Trans Jawa
Tetapi paling tidak pecinta otomotif mengetahui lokasi Rest Area yang pasti ada baik ada momen libur atau hari biasa.

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...