Monday, December 14, 2015

All New Mazda 2 Skyactiv Spesifikasi Lengkap, Kelemahan dan Kelebihan

Mazda 2 adalah mobil jenis Hatchback kelas midle (medium), meskipun mobil Mazda2 sangat berkualitas akan tetapi penjualannya di Indonesia bisa dibilang tidak sebaik mobil sejenis sebut saja Honda Jazz dan Toyota Yaris. 
Penyebabnya bukanlah Mazda kurang bagus bahkan menurut tipsmobilbaru.blogspot.com Mazda2 adalah yang terbaik dikelasnya jika dibandingkan Jazz dan Yaris, akan tetapi masalah jaringan penjualan dan fasilitas service pabrikan mazda memang masih terbatas. 
Bandingkan dengan Honda dan Tiyita yang memiliki Jaringan di Hampir semua kota di Indonesia,,,masalahnya sebenarnya disana
Jika melihat fitur maka diantara hatchback dikelasnya Mazda2lah yang paling unggul mulai fitur peredam, AC, keselamatan, kenyamanan, dan lain sebagainya...
bahkan mobil ini menjadi pilihan mobil terbaik di jepang tahun 2015 ini mengalahkan mobil-mobil BMW (peringkat 3) dan Honda (peringkat 2), tahun 2014 Mazda2 juga menjadi yang terbaik di Jepang (yang jelas mengalahkan yaris dan jazz). di Indonesia Mazda2 juga meraih penghargaan sebagai mobil terbaik 2015 dari salah satu media yang mengulas otomotif yakni autobild
Eksterior
Pada bagian depan desain kodo soul of motion desain, mengingat jaman sekarang desain bagian depan mobil adalah seperti desain wajah, ada yang garang, menyeramkan, casual, mengintimidasi, berkecepatan tinggi dll. Nah Kodo ini katanya sih mengandung daya tarik magis (kalim mazda sih),,,, yah anggap saja desainnya lumayan bagus gitu aja...
Lampu depan Mazda2 skyactiv ini menggabungkan antara teknologi proyektor dan parabola dengan penggunaan LED di dalamnya (LED lampu yang sangat tahan lama atau ada yang mengatakan tidak bisa putus), pada bagian headlam ini juga terdapat DRL sebagai sinyal pada saat siang hari.
Pada bagian depan bawah bumper dibenami dengan foglamp berdesain unik yang menyatu dengan bumper, dimana bumper Mazda2 sendiri menyatu dengan body mobil
Pada bagian velg All New Mazda 2 ini dibekali velg berukuran 16 inch, desain velg dengan jari-jari yang kokoh dengan memadukan kilap logam dan permukaan kasar logam.
Interior
Beberapa fitur yang menarik perhatian pada Mazda2 antara lain:
* Drive Selection Switch; panel untuk mengaktifkan mode sport, tombol/ panel kendali ini terletak dibelakang tuas transmisi dimana sekali sentuh pengemudi bisa beralih dari mode normal ke mode sport yang lebih agresif.
* Sistem transmisi paddle shift; ini adalah sistem transmisi modern saat ini, jarang sekali mobil yang memakai transmisi paddle shift ini. Sistem transmisi ini biasanya disematkan pada supercar/ mobil kelas atas, yakni mampu mengubah gigi secara manual hanya dengan menyentuh tombol + atau - pada tuas transmisi paddle meskipun mobil bertransmisi matic,,,, jadi matic tapi bisa dipindah secara manual.....
* Active Driving Display, yakni informasi kecepatan mobil dan sistem nafigasi yang keluar melalui layar transparan di bagian atas dashboard, ini seperti teknologi pesawat tempur 
* 7 Colour Touch Screen; yalar sentuh 7 inch yang bisa dikoneksikan dengan smartpone untuk menikmati fitur hiburan, panggilan telepon sampai browsing internet
* Start stop engine; fitur menyalakan dan mematikan mesin hanya dengan sebuah tombol, pencet tombol tersebut maka mesin bisa hidup/ mati..tak perlu kontak, akan tetapi tidak sembarangan orang bisa memencet tombol, karena start stop engine biasanya bekerja bersama immobilizer
* AC Climate Control; AC ini dapat mengetahui suhu di luar kabin. AC ini bisa di set secara digital dan mampu menyesuaikan hembusan angin dan suhu seperti yang kita kehendaki, misalnya kita ingin suhu kabin 18 derajat maka kita tinggal setting di 18 derajat maka AC akan segera menyesuaikan
* mobil ini berkapasitas penumpang 4/5 atau ideal diisi 4 penumpang dewasa, maksimum 5 penumpang
Mesin
Mesin All New Mazda 2 memakai mesin bensin berkapasitas 1500 cc, memiliki silinder berjumlah 4 dengan masing-masing silinder memiliki 4 katub (total 16 valve) berteknologi DOHC, Dual S-VT dan ETC. Mesin mobil ini memiliki tenaga maksimum 110 Hp pada 6000 Rpm, tenaga mesin sebesar ini termasuk lumayan yakni sedikit lebih besar dari salah satu rivalnya yakni Toyota Yaris yang memiliki tenaga maksimum 109 Hp. Torsi mazda2 adalah 141 Nm pada 4000 Rpm (lumayan)
Sistem pasokan bahan bakar yang sangat terukur dengan Electronic Controled Direct Injection yakni merupakan teknologi pasokan bahan bakar fuel injection yang terbaru.
Nah yang unik dari Mazda2 ini adalah memiliki rasio kompresi sangat tinggi yakni 13:1 padahal kebanyakan mobil di kelas ini paling tinggi hanya memiliki rasio kompresi 11:1, semakin tinggi rasio kompresi mesin maka akan membuat performa mesin semakin bagus, akan tetapi resikonya juga harus meminum BBM dengan oktan yang juga tinggi misalnya pertamax atau Pertamax Plus. Pihak pabrikan Mazda2 menyarankan untuk penggunaan BBM adalah memakai BBM tanpa timbal dengan RON 91 atau diatasnya (baiknya memakai pertamax plus), harga pertamax plus Rp. 10.000 selisih sedikit dengan harga pertamax Rp. 9000
Konsumsi BBM dari beberapa tes yang dilakukan adalah 1:13 untuk dalam kota, sedangkan untuk luar kota/ jalan bebas hambatan bisa mencapai 1:21
Sistem Keselamatan
Sistem keselamatan mobil ini sangat baik jika dibandingkan dengan rivalnya (Jazz dan Yaris), sistem keselamatan aktif dan pasifpun dibenamkan, sistem keselamatan yang tak hanya aktif waktu benturan saja akan tetapi bisa aktif jika mobil dalam keadaan darurat misalnya mau membentur mobil lain... nah berikut adalah kecanggihan sistem keselamatan pada mazada2:
* Hill Launch Assist; fitur yang biasanya ada pada mobil offroad/ SUV kelas atas, yakni fitur yang mampu menahan mobil saat kita berhenti di jalan yang menanjak. Fitur ini mendeteksi adanya tanjakan dengan menghitung kemiringan mobil kemudian jika tiba-tiba mobil berhenti (entah disebabkan macet/ kerusakan mesin/ hal lain) maka secara otomatis fitur Hill Launch Assist ini akan aktif dan menahan mobil agar tudak mundur/ meluncur ke bawah,,nah ini bermanfaat banget buat pemula saperti saya :-)
* ABS, EBD, EBA, DSC dan TCS; merupakan fitur keselamatan aktif, sangat jarang mobil di indonesia yang memiliki 5 sistem keselamatan pada remnya kebanyakan mobil kelas medium hanya memiliki paling banyak 3 (ABS, EBD dan EBA)
* BSM System (Blind spot monitoring); yakni sensor pintar yang dapat mengidentifikasi adanya mobil lain di kanan/ kiri/ belakang yang luput dari spion.... saat kecepatan 30 km/jam fitur ini akan aktif, saat dalam kondisi bahaya maka fitur ini bisa mengeluarkan tanda bahaya berupa bunyi alarm. Fitur ini juga bisa secara otomatis menyalakan lampu LED di spion luar jika terdapat mobil lain yang berjalan di jalur yang akan kita tuju (jadi masalah keselamatan Mazda2 adalah no 1)
* SCBS (Smart City Brake Support); fitur yang memancarkan sinar inframerah untuk mendeteksi adanya mobil di depan kita terutama saat kondisi jalan macet, fitur ini secara otomatis akan menghitung jarak aman mobil kita dengan mobil di depan kita dan jika diperlukan (dipandang terlalu beresiko) maka mobil bisa mengerem sendiri tanpa diinjal pedal rem. Fitur SCBS ini sangat bermanfaat saat macet/ jalan merayap kita tidak usah injak rem, hanya gas saja :-)... fitur ini akan akftif pada kecepatan 4-30 km/jam
* Rear Cross Traffic Alert (RCTA); peringatan terhadap mobil lain yang melaju dari arah kiri dan kanan. Misalnya di lampu merah mobil akan memberikan sinyal berupa lampu kedip pada spion luar jika terdapat mobil yang melintas/ menyeberang, haoi ini juga bisa berlaku waktu kita akan keluar dari parkiran saat ada mobil yang melintas dari arah samping maka lampu akan berkedip memberi peringatan pada pengemudi
* I Stop; mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti (pedal rem diinjak) misalnya di lampu merah/ perempatan, kemudian saat pedal rem dilepas maka mesin akan menyala otomatis dalam waktu 0,3 detik.
* ESS (Emergency Stop Signal); yakni lampu hazard yang akan berkedip dengan cepat saat kita menginjak pedal rem, lampu hazard ini letaknya dibelakang dan akan mengingatkan mobil dibelakang kita saat kita mengerem
Skayactiv
Skyactive adalah teknologi yang dikembangkan Mazda untuk meningkatkan efisiensi pemakaian BBM dan meningkatkan kinerja output mesin, teknologi ini meliputi mesin, desain, transmisi, chassis, dll.
Tipe terbaru dari Mazda2 adalah All New Mazda2 Skyactiv, menggunakan teknologi skyactive pada 5 elemen pokok sebuah mobil yakni:
1. Skyactiv-G; mesin berteknologi skyactive yang dibuat dari material logam berkualitas dengan tingkat presisi sangat tinggi, mesin Skyactiv G ini mampu menghasilkan performa yang sangat baik dengan penggunaan BBM yang sangat efektif dan efisien. Lebih dinamis dan akseleratif dalam berkendara
2. Skyactiv-Drive; yakni sistem transmisi terbaik yang dibuat khusus untuk mengimbangi dinamisasi mesin mazda2, menggabungkan karakter transmisi manual 6 percepatan berperforma tinggi dengan karakter transmisi CVT yang konstan dan stabil
3. Skyactiv-Body; memakai material "ultrahigh - tensil steel" dan di desain ulang (baru) diklaim 22% lebih rigid dan 10 persen lebih ringan,,,pengendalian mengemudi yang baik, kenyamanan berkendara di setiap kecepatan, perlindungan total dari energi benturan dan konsumsi BBM yang lebih efisien akan tercapai
4. Skyactiv-MT; ini adalah pilihan bagi pecinta transmisi manual dimana mazda2 telah membekali sistem transmisi yang lebih kecil , ringan dan kokoh sehingga penggunaanya bisa menghemat BBM dan memperbesar akselerasi mobil
5. Skyactiv-Chasis; chassis yang ringan dengan suspensi yang cukup baik dikelasnya membuat mobil ini tak mudah terhuyung saat bermanuver pada kecepatan lumayan tinggi yang juga meningkatkan kenyamanan berkendara.
Harga
Harga All New Mazda 2 ternyata tidak mahal-mahal banget, setara dengan mobil-mobil kelas medium yakni di angka 200 jutaan :-)
Mazda2 V MT : Rp. 227.700.000
Mazda2 V AT : Rp. 237.800.000
Mazda2 R MT : Rp. 248.900.000
Mazda2 R AT : Rp. 259.000.000
Mazda2 GT : Rp. 282.900.000
Murah bukan? bandingkan dengan harga mobil lain dan kualitas yang didapat?
Rival
* Honda Jazz
* Toyota Yariz

1 comment:

  1. untuk spare part bgmn mhal susah dicari ato standar umum spt honda dan toyota

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...