Wednesday, April 24, 2013

Mobil Matic Dibandingkan Manual Kelebihan Kekurangan

www.tipsmobilbaru.blogspot.com - Mobil matic dan mobil manual? mungkin pecinta otomotif ingin mengulas lagi tentang sistem transmisi mobil jaman sekarang, ya jika dahulu kita mengenal mobil dengan sistem transmisi (perpindahan gigi) dilakukan secara manual
menggunakan pedal kopling dan tuas kopling maka pada 20 tahun terakhir sistem perpindahan gigi (gear box) pada mobil telah diperbarui dengan adanya sistem transmisi otomatis atau dikenal dengan mobil matic.

Teknologi transmisi otomatis pada mobil matic telah banyak berkembang sejak 20 tahun terakhir, paling tidak, kita mengenal 3 jenis transmisi matic yang ada sampai saat ini dimana teknologi terbaru kita kenal dengan transmisi matic Double Clutch Gearbox, terlebih dahulu kita akan bahas jenis-jenis transmisi matic:
1. Transmisi Semi Otomatis, sistem transmisi ini tidak menggunakan pedal kopling, meskipun posisi gigi masih dipindahkan secara manual akan tetapi pengemudi tidak perlu menginjak pedal kopling
2. Transmisi Otomatis, sistem transmisi ini masih termasuk dalam transmisi otomatis konvensional. Sistem transmisi ini menggunakan 3 bagian penting yakni Torque Converter, planetary gear unit dan hydraulic control unit. Pada sistem transmisi ini semua komponen transmisi masuk dalam cairan/ fluida (oli) yang dikenal dengan ATF (Automatic Transmission Fluid), mobil yang menggunakan transmisi otomatis fluida ini biasanya dapat dilihat dari tuas transmisi yang menggunakan tombol OD (yakni tombol pengunci untuk memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi "P" atau parkir).
3. Transmisi Otomatis Elektronik (Triptonic), banyak dipakai pada mobil mewah seperti BMW dan Mercedes. Sistem transmisi ini sebenarnya hampir sama dengan No. 2 akan tetapi pengemudi bisa memindahkan gigi menggunakan tuas transmisi (tuas kopling), pengemudi masih memiliki pilihan untuk memindahkan gigi, yah paling tidak jika pengemudi menginginkan gigi berpindah bisa dilakukan pada mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis elektronic ini
4. Continously Vatiable Transmission (CVT), sistem transmisi ini tidak memakai gigi sehingga terkesan halus
dalam perpindahan gigi (karena memang tidak ada perpindahan gigi) akan tetapi hanya menggunakan rasio belt saja. Sistem transmisi CVT ini memiliki respons yang sangat kurang karena hanya memiliki 1 gigi saja, untuk akselerasi masih kalah jauh dengan transmisi otomatis biasa
5. Sequential Manual, sistem transmisi ini bisa dioperasionalkan dengan cara manual akan tetapi memiliki mode auto yang menggunakan komputer dalam mengontrol perpindahan gigi, mobil yang menggunakan transmisi ini memiliki tuas transmisi dibalik lingkar kemudi akan tetapi tidak memiliki pedal kopling. Akselerasi mobil dengan sistem transmisi ini sangat baik bahkan lebih responsif dari transmisi manual yang dikemudikan pembalap, akan tetapi sistem transmisi sequential manual ini sering malah terlalu responsif hingga menghentak dan kurang nyaman bagi pengemudi. Sistem transmisi model ini banyak digunakan pada mobil-mobil balap seperti mobil F1 atau mobil sport besutan pabrikan besar seperti BMW, lamborghini, Ferari, dll. Sistem transmisi ini mulai ditinggalkan karena dianggap tidak nyaman
6. Double Clutch Gearbox. Sistem transmisi ini adalah yang terbaru hingga saat ini, sistem transmisi ini sama dengan sequential manual akan tetapi memiliki 2 tuas kopling yang keduanya diatur oleh komputer sehingga memungkinkan perpindahan gigi menjadi sangat halus bahkan tak terasa (lebih halus dari transmisi otomatis) akan tetapi memiliki performa atau akselerasi lebih baik daripada mobil dengan transmisi manual.
Mobil matic di indonesia kebanyakan memakai no 1 (semi otomatis) sampai no 4 (CVT), sedangkan untuk no 5 dan 6 mobil di Indonesia masih belum menggunakan ini. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil matic dibanding mobil manual.
Kelebihan Mobil Matic
* Praktis dikendarai, lebih mudah, lebih nyaman, tidak cepat lelah dan menyenangkan
* Dapat diandalkan untuk jalanan macet seperti kota jakarta dan surabaya atau kota besar lainnya
* Purna jual rata-rata lebih baik
Kekurangan Mobil Matic
* Perawatan tidak boleh telat, harus ekstra (jika terjadi kerusakan habis biaya banyak)
* Lebih sering ganti oli transmisi
* Lebih boros bahan bakar, meskipun untuk pemakaian yang konstan (ideal) konsumsi BBMnya relatif sama dengan manual
* Akselerasi masih kurang apalagi untuk jalan tanjakan
* Tidak memiliki engine brake sehingga harus hati-hati menggunakan rem saat melalui track turunan yang cukup panjang yang mana kadang2 rem bisa kehilangan daya cengkram idealnya jika digunakan terus menerus (peningkatan suhu dan pemuaian cakram)
* Teknisi masih sedikit yang paham tentang mobil ini
* Harga beli mobil yang lebih mahal
Kelebihan Mobil Manual
* Akselerasi lebih baik
* Lebih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengemudi
* Lebih irit
* Biaya perawatan dan perbaikan lebih sedikit
Kekurangan Mobil Manual
* Lebih sulit dalam mengemudikan mobil manual (karena konsentrasi terpecah pada pedal gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi)
* Lebih cepat lelah mengemudikan mobil tipe ini
* Kurang nyaman, kecuali memang orang-orang tertentu yang menginginkan sensasi hentakan mobil seperti offroader atau hoby mobil lain
Meskipun terlihat di atas bahwa mobil matic memiliki banyak kekurangan akan tetapi faktor kemudahan mengemudi, kenyamanan, kepraktisan mobil matic memiliki poin (bobot) yang besar di mata konsumen sehingga kebanyakan konsumen lebih menyukai mobil transmisi matic.

33 comments:

  1. sequintal manual maksudnya paddle shift kan?
    Malah banyak mobil2 jepang yg pake itu sekarang, kayak
    corolla altis, honda civic, city, jazz RS, Pajero sport Dakar (bukan exceed).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bos paddle shift, iya bos banyak yang make paddle shift ternyata mobil-mobil baru, mantep lah (ane mau beli dulu :D :D ...)

      Delete
  2. oh ya bikin ulasan tentang motor ninja 250 cc dong :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh barusan ada yang kecelakaan make ninja, semoga diterima amal ibadahnya, amiinn

      Delete
  3. Yap uje, sering syaa tonton di TV, semiga ibadahya diterima Allah SWT amiin. Kan x5 ma luxio udah tuh, nah sekarang ninja 250 cc dong dibahas :p

    ReplyDelete
  4. Purna jual matik lebih baik? ini berlaku di kota mana bos? kalo di tempat saya selisihnya bisa 10 juta lebih rendah daripada manual

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry bos sekalian nambahi, purna jual mobil matic di kota-kota besar relatif lebih baik daripada di kota kecil untuk jenis mobil-mobil MPV dan Sedan daerah surabaya mas bro

      Delete
    2. nah gitu bos jelas...thx

      Delete
    3. Eko Wiyono, apa anda yakin kalau kondisi lalu lintas di Kota Surabaya dan sekitarnya (GERBANGKERTASUSILA), sudah harus membutuhkan transmisi otomatis? Saya tinggal di Kota Surabaya selama 31 Tahun. Memang kadang2 kondisi jalannya padat merayap tapi tetap tidak bisa dibandingkan dengan lalu lintas di DKI Jakarta dan sekitarnya (JABODETABEK, bahkan untuk Kota Bandung yang kondisi lalu lintasnya yang lebih sempit ,ramai, banyak tanjakan dan turunan dibandingkan dengan lalu lintas di Kota Surabaya. Padahal ukuran Kota Bandung hampir sama dengan Kota Surabaya.

      Delete
  5. maaf cuma mengomentari purna jual mobil matic,bahwa purna jual matic pasti akan lebih rendah dibanding manual ini berbanding terbalik dengan harga baru dimana matic lebih mahal dari manual...sebagai contoh mebil merk A tipe X harga baru 150jt utk manual sedangkan matic 160jt..setelah 1-2tahun pakai mobil tersebut dijual kembali dipastikan tipe manual lebih mahal dari matic contoh Manual 130jt matic 120jt...kalo dikatakan purna jual lebih baik mungkin mobil tersebut hanya ada versi matic saja :-)

    ReplyDelete
  6. Padahal bagi saya mengemudikan mobil manual gampang2 saja dan saya pun enjoy mengemudikan mobil manual, kalo matic bahayanya kalo tidak hati2 kadang hentakan gasnya bikin kaget.

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Gak ada hubungannya kali..mau dua pedal.tiga pedal.100 pedal.yang kere aja bilang real men use three pedals
      gak mampu beli matic.pdhl ngiler

      Delete
    2. jangan salah 320i ane(triptonik) sama s2000 ane(manual) lebih akselerasi s2000, kebanyakan laki2 itu suka manual sih biar dibilang macho tapi ada juga yg milih automatic karna berbagai alasan. semua tergantung orangnya dan yg punya duit

      Delete
  8. ada jga yg blang boz
    "Real boss use 2 pedals"
    bgi sya cowok klo pede ya Manual gtu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Real Boss not use pedal"
      Boss lebih sering pake sopir ketimbang nyetir sendiri

      Delete
  9. Rich men use two pedals..wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poor men only use one pedal, uuuh,,,

      Delete
    2. poor man use 2 pedals tapi digenjot...nyepeda gan

      Delete
    3. Real Men use 3 pedals, Real Boss use 2 pedals, dll. Semua jenis transmisi kendaraan pasti punya kelebihan dan kekurangan. Itu saja!

      Delete
  10. Hari gini masih oper gigi... It ungkapan b para pemakai matic... Kalo pemakai manual real man use ... Dstnya. La kalo real woman? Hehehe

    ReplyDelete
  11. Wise men use both two and three pedals

    ReplyDelete
  12. untuk mengantisipasi kesulitan oli jenis CVT dari dealer apakah ada solusi terbaik sebagai pengganti oli tsb, jika ragu menggunakan oli dari toko spare parts (Dealer sudah betul-2 tidak punya stock)

    ReplyDelete
  13. untuk mengantisipasi kesulitan oli jenis CVT dari dealer apakah ada solusi terbaik sebagai pengganti oli tsb, jika ragu menggunakan oli dari toko spare parts (Dealer sudah betul-2 tidak punya stock)

    ReplyDelete
  14. Real Men use 2 pedals (f1 and supercar).

    ReplyDelete
  15. real man use 2 pedals. yg pake 3 pedal jaman soekarno.
    mungkin 2020 real man without steer

    ReplyDelete
  16. real men use his own car, not his father's or mother's

    ReplyDelete
  17. Klo real men jalan itu kaki, ga pake mobil, itu baru real man

    ReplyDelete
  18. dho bahas opo tho yo..??

    ReplyDelete
  19. Ane mau nanya nich gan.
    Mobil matic bisa gk di pindahkan ke manual, kira2 biayanya berapa yaaach. Misalnya ( kijang Kapsul LGX matic ke Manual ) Tenks kawan.

    ReplyDelete
  20. Bisa.......tukar aj ke showroom

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...