Memiliki mobil yang dengan part yang terjamin kualitasnya tentunya sangat menyenangkan karena selain aman digunakan juga nyaman (sangat enak dikendarai), salah satu yang penting dalam mobil adalah kampas rem.
Banyak pecinta otomotif yang belum mengetahui apa keuntungan membeli kampas rem asli dan bagaimana keburukan kampas rem palsu, beberapa orang lebih memilih kampas rem dengan harga yang murah, bahkan banyak juga yang beranggapan bahwa kampas rem palsu lebih baik karena lebih lunak.
hal-hal tersebut adalah salah (padahal kampas adalah komponen utama sistem safety mobil, artinya adalah keselamatan kita bertumpu pada rem ini, mari kita ulas satu-persatu mitos tentang kampas rem ini.
Kekurangan kampas rem palsu
* Kampas rem palsu biasanya lebih keras; sebagian besar kampas rem palsu biasanya lebih keras karena materialnya,,,kerasnya material kampas rem palsu ini akan mengikis Cakram/ piringan sehingga cakram mobil akan rusak bergelombang dan jadi tidak pakem lagi....
* Kampas rem palsu memiliki cetakan yang tidak sempurna sesuai dengan yang asli; nah cetakan yang tidak sesuai ini memunculkan banyak sisa cetakan/ tonjolan logam asing pada pangkuan kampas rem (bagian logam), tonjolan ini akan langsung mengikis/ merusak piringan cakram jika digunakan (wah berbahaya kan), pecinta otomotif tahu sendiri jika piringan rusak maka kemampuan pengereman mobil akan sangat berkurang. Harga cakram juga terbilang sangat mahal jika dibandingkan beli kampas ayang asli
* Kampas rem palsu memiliki ukuran yang kurang pas (kurang menancap di rumah kampas) nah ini bisa berbahaya bila dipaksakan masuk, akan lebih berbahaya lagi jika mobil (atau motor) masih memakai sistem drum (rem dengan tromol) yang bisa merusak tromol
* Kampas rem palsu mudah sekali panas; nah jika kampas rem panas maka kemampuan mengerem juga akan berkurang dengan drastis dan ini penyebab rem blong. Sebagai catatan bahwa kebanyakan kampas rem palsu tidak akan bertahan pada suhu diatas 100 derajat celsius padahal kampas asli bisa bertahan sampai suhu diatas 200 derajat celsius, padahal suhu di sistem rem tidak jarang tembus 200 derajat saat pengereman dipakai maksimal misalnya digunakan menuruni gunung (mobil-mobil pengangkut pupuk sampai ke atas gunung)
* Kandungan logam lebih banyak; semakin banyak kandungan logam dan bahan tidak berkualitas maka kampas makin keras, merusak komponen cakram, sering meleset saat di rem...bisa seperti gejalan akan blong yakni rem bergetar hebat, diinjak keras akan tetapi tidak mengerem
* Terbuat dari bahan yang berkualitas rendah; kualitas material yang rendah menyebabkan kerusakan komponen lain misalnya cakram dan komponen lain, pengereman tidak efektif (tidak berjalan seperti yang diharapkan), proses pembuatan yang tidak standar membuat produk banyak yang cacat dan tidak layak digunakan untuk menunjang sistem keselamatan kita. Jika kita lihat kampas rem asli terbuat dari campuran gabungan bahan serat fiber, carbon, rock wool, steel fiber, kevlar, selulosa, dll.
Cara membedakan kampas rem asli dan palsu
Sebenarnya gampang-gampang mudah cara membedakannya, tergantung kejelian kita dan jangan tergiur dengan harga miring...berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan:
1. Lihat bungkus dan hologramnya, biasanya kampas palsu memiliki kemasan yang kurang bagus baik itu gambarnya, logonya, tulisannya... banyak tulisan-tulisan yang dicetak kurang sempurna akibat keterbatasan teknologi pencetakan kemasan. Amati lebih detail tentang warna cetakan yang biasanya lebih nyorak daripada kemasan kampas asli (lebih merah menyala, dsb), jika ingat pecinta otomotif bisa menbandingkan dengan kemasan kampas rem asli...misalnya apakah plastiknya sama tebal/ kertasnya sama padat, dan lain-lain
2. Lihat barangnya (kampas rem) yang ada dalam kemasan; kampas rem palsu berbahan logam ini biasanya terlihat lebih berkilau dari yang asli karena banyak kandungan logam. Coba lihat dan bandingkan saat terkena cahaya apakah berkilau atau tidak, berbeda jika sudah digunakan biasanya jika sudah dipakai beberapa lama maka kampas rem ali akan terlihat lebih berkilau karena dikikis pelan oleh cakram
3. Kampas rem palsu juga kadang-kadang dibuat dari bahan keramik yang jika digunakan akan mudah mendecit atau menderit, kampas rem palsu berbahan keramik ini memiliki tekstur yang lebih kasar daripada yang asli, coba diraba apakah kasar atau halus jika lebih kasar berarti kampas rem tersebut kemungkinan besar palsu
Cara menjamin kampas rem asli
Tidak ada jaminan bahwa kampas rem adalah orosinal/ asli selama kita tidak membeli pada suplaier remi dari pabrikan karena jaman sekarang makin maju maka kemasan bisa dibuat semirip mungkin dan tampilan produk juga bisa dibuat semirip mungkin akan tetapi ketika dipakai barang jauh dari kemampuan standarnya.... bisa dibilang apa yang tidak bisa dipalsu bahkan yang palsu kadang-kadang memilki logo SNI sedangkan aslinya aja tidak berlogo SNI (analogi)
Nah untuk menghindari barang palsu maka yang paling efektif adalah selalu membeli di bengkel resmi pabrikan, dealer/ bengkel yang sudah ditunjuk pabrikan.... misalnya kalau Toyota ada Auto2000, Honda ada Ahass (untuk motor), mobil Honda ada Honda mandalasena, Honda Jakarta Center, Suzuki ada Indomobil, Nissan ada Sunmotor, Mitsubishi juga ada KTB, dll....
Artikel selanjutnya:
No comments:
Post a Comment