Monday, March 28, 2016

Cara Menambal Ban Bocor dengan Mudah

Menambal ban bocor sebenarnya mudah teorinya akan tetapi sulit prakteknya, mengapa sulit? bagi orang yang belum pernah mengeluarkan ban dalam dari velg/ memisahkannya dengan ban luar akan merasa sangat kesulitan karena mengeluarkan ban dalam butuh tenaga ternyata,,,kalau tenaga cewek saya rasa masih kesulitan untuk mengeluarkan ban dalam motor... 
sulitnya disana sich tapi kalau sudah keluar menambalnya cukup mudah yakni dengan karet kompon/ karet khusus penambal ban + lem dan dipanaskan bisa memakai setrika untuk memanaskannya.
Beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan:
1. Karet kompon/ karet penambal ban  (bisa dibeli di bengkel mobil)
2. Lem karet untuk menambal ban (bisa dibeli di bengkel mobil)
3. air dalam bak untuk mengecek kebocoran
4. alat untuk mengeluarkan ban dalam dari velg (alat besi pengungkit dengan ujung pipih yang tidak tajam)
5. gergaji besi (untuk mengerok ban yang bocor)
6. setrika atau pemanas untuk memanaskan ban dalam yang sudah ditambal
Cara menambal ban bocor
1. Keluarkan angin dari dalam ban yang bocor sampai tak tersisa lalu lepas lubang angin dari velgnya (kendorkan dan lepaskan)
2. Mulai lepaskan/ pisahkan ban luar dengan velgnya... bisa dilakukan dengan pengungkit besi yang sudah disiapkan... mulailah dari ban sisi luar terlabih dahulu
3. Setelah ban luar terlepas dari velgnya peccinta otomotif bisa mengambil ban dalam mobil/ motor dari velgnya... melepasnya dengan mudah
4. lakukan pemeriksaan yang seksama terhadap ban dalam mobil dengan cara memompanya (memberi angin) lalu memasukkan ban dalam ke dalam bak air untuk mengetahui gelembung udara yang keluar dari ban dalam mobil (itulah kebocorannya), jika ada gelembung udara tusuklah dengan batang sapu lidi/ korek yang sudah dibersihkan dan periksa kebocoran lainnya...
Jika waktu memeriksa dengan mencelupkan ke air tidak ditemukan kebocoran, periksa lagi dengan menambah tekanan ban (pompa lagi) biasanya semakin besar tekanan maka akan makin terlihat kebocorannya (untuk kasus bocor halus)
Jika ditambah tekanan masih belum menemukan,,,cobalah dengan mengoleskan cairan sabun di permukaan ban dalam tadi dan membiarkannya,,biasanya ada sabun yang mengembung jika ada udara keluar dari bagian dalam...
5. Setelah ditemukan semua kebocoran bisa 1 atau 2 atau lebih,,,, maka kerok sekitar yang bocor dengan gergaji besi yang sudah dipersiapkan. Tujuan pengerokan ini adalah untuk mempererat rekatan antara karet penambal dan ban dalam yang ditambal, pengerokan juga untuk membersihkan sisa-sisa karet yang rapuh dan permukaan yang licin.
6. Setelah melakukan pengerokan maka cuntinglah karet kompon/ karet penambal ban secukupnya, oleskan lem pada permukaan ban yang sudah dikerok tadi lalu rekatkan potongan karet kompon/ karet penambal sambil ditekan-tekan untuk menghilangkan udara yang mungkin terjebak di dalam lem.... jika sudah dipastikan tidak ada udara dan menempel dengan rapat maka siapkan alat pemanas/ setrika
7. Alat pemanas ini bisa memakai setrika ataupun dengan memanfaatkan plat besi yang dipanaskan dengan cara dibakar...tujuan pemanasan ini adalah untuk mematangkan tambalan (agar penambal dengan karet ban dalam yang ditambal menyatu)
8. Panaskan kira-kira 10 menit + ditekan sambil diberi sedikit percikan air yang tujuannya agar ban yang ditambal tidak lengket pada pemanas (bisa sertika/ logam yang dipanaskan), setelah 10 menit beriksa apakah ban sudah matang (menyatu)... ciri-ciri ban menyatu adalah tambalan (karet penambal) terlihat mengkilap + keras, jika ditekan dengan kuku tidak meninggalkan bekas... jika masih meninggalkan bekas panaskan lagi sampai matang (keras dan mengkilap) karena jika tidak matang maka ban mudah bocor lagi
9. Setelah selesai menambal semua kebocoran, pompa lagi dan pastikan bahwa tidak ada kebocoran dengan mengeceknya/ mencelupkannya ke dalam air, periksa tambalan di dalam air apakah tidak ada udara yang keluar
10. cek ban luar apakah ada paku atau logam lain yang menancap, bisa diraba sekaligus membersihkan kotoran pada ban luar bagian dalam (seperti debu. kerikil kecil)... jika ada logam terasa bisa dicabut memakai tang. Cara yang cepat memerikasa adalah dengan memposisikan ban dalam seperti semula dan menentukan letak tambalan dengan kemungkinan adanya logam pada lokasi ban dalam yang dipasang. coba lihat dan raba ban luar pada posisi ban dalam yang akan dipasang (pas di posisi tambalan ban jika ban tersebut nantinya dipasang)
11. setelah dipastikan aman semuanya baru masukkan ban dalam seperti semula lalu masukkan ban luar dengan rapi dan benar-benar masuk semuanya. oleskan sabun pada sekitar sisi-sisi ban luar agar saat dipompa ban luar akan mengembang dengan mulus dan licin mengikuti bentuk velg.
Ban selesai ditambal...
karet kompon/ karet penambal ban
Untuk menambal ban tubeless sebenarnya jauh lebih mudah karena tidak perlu mengeluarkan ban dalam/ membongkar ban dari velgnya...cukup dengan memasukkan cairan lem khusus dari lubang yang bocor pada ban tubeless.
Pada teknik penambalan dari dalam untuk ban tubeless juga bisa dilakukan tentunya dengan membongkar ban,, (membongkar ban tubeles sangat mudah berbeda dengan ban tube (ban biasa). Setelah dibongkar ban ditembel dari dalam dengan cairan khusus (ini untuk kasus bocor halus),
ada juga cara menambal ban tubeles dengan menyuntikkan cairan khusus kemudian ban dipompa dan dibiarkan agar cairan tersebut mengisi libang yang bocor.... nanti akan kami ulas cara menambal ban tubeles minggu depan
kunjungi tipsmobilbaru.blogspot.com untuk mengupdate berita otomotif terkini

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...