Wednesday, March 9, 2016

Mode Berkendara ECO, SPORT dan Normal atau Comfort, review singkat

Mobil saat ini sudah banyak yang dibenami dengan mode berkendara ini, paling tidak saat ini ada 3 mode berkendara yakni: mode ECO, Sport dan mode Normal/ Comfort, yang ketiganya biasanya menjadi satu dalam satu panel tertentu. Sehingga pecinta otomotif tinggal memilih memakai mode ECO atau Sport atau Normal saat mengendarai mobil. 
Dengan fitur mode berkendara ini diharapkan mobil bisa memenuhi keinginan pengemudi saat mengendarai mobil, misalnya untuk menyalip-nyalip maka gunakan mode Sport agar tarikan lebih besar tenaganya dan lebih mudah menyalip.
Mode berkendara ini bisa diaktifkan dengan menyentuh tombol/ memencet tombol pada kontrol panel (mirip dengan panel AC, Sistem Audio, dll) yang tertanam di dashboard mobil, disana ada 3 tombol dan juga layar monitor untuk memantau efektifitas berkendara/ mode yang dijalankan (bisa dilihat di gambar)
Berikut adalah penjelasan ke fitur mode berkendara tersebut:
1. Mode ECO: komputer pada mobil akan mengeset mesin untuk berjalan dengan orientasi penghematan bahan bakar, pengaturan ini biasanya mencakup perubahan karakter perpindahan gigi pada sistem transmisi dengan lebih awal berpindah sehingga putaran mesin terjaga di Rpm rendah, debit bahan bakar di set lebih kecil dan biasanya ada lampu indikator eco yang menyala saat pengemudi menjalankan mobilnya dengan benar (orientasi hemat). Lampu eco ini berfungsi sebagai assist, dia akan menyala saat pengemudi menginjak gas dengan pelan dan juga mengerem (mengurangi laju kendaraan dengan pelan), semakin lama lampu indikator eco menyala maka perjalanan semakin hemat BBM
2. Mode Sport: Komputer mobil akan mengeset mobil dengan orientasi kecepatan dan percepatan, biasanya komputer akan merubah debet pasokan bahan bakar menjadi lebih besar dengan orientasi percepatan, karakter perpindahan gigi akan dibuat lebih tinggi agar mobil sering memperoleh tenaga di putaran mesin tinggi (diatas 3000 Rpm). Bahkan pada beberapa mobil premium pemakaian mode sport juga mengurangi kinerja AC, sistem audio, pengaturan power steering agar tidak menjadi beban kelistrikan mobil
3. Mode Normal: Mode normal atau juga disebut mode Comfort adalah mode standar mobil, artinya pada mode berkendara ini pecinta otomotif bisa mengendarai layaknya mobil biasa dengan santai tanpa harus memikirkan bahan bakar dan juga kecepatan mobil, mode normal ini bnayak digunakan untuk aktifitas sehari-hari.
Kelebihan memiliki fitur mode berkandara ini adalah kita bisa menyesuaikan kondisi mobil, kondisi lalu lintas/ kondisi jalan dan keinginan mengemudi kita.... nah enak bukan bisa merasakan sensai mengendarai mobil sport :-) asal jangan salah menerapkan mode saja, mode eco digunakan untuk menyalip mobil :-)

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...