EPS atau Electric Power Steering adalah Sistem kemudi yang berfungsi meringakan beban pengemudi saat memutar setir, jadi dengan EPS ini mobil yang besar dan berat sekalipun akan terasa ringan saat memegang lingkar kemudi (stir).
Mobil-mobil seperti Innova/ Fortuner/ Pajero/ Triton atau bahkan mobil seperti Bus dan Truck wajib memakai Power steering agar pengemudi mampu memutar stirnya karena mobil-mobil ini bisa dibilang sangat berat sistem kemudinya tanpa memakai power steering.
Jika jaman dulu power steering memakai sistem hidrolis dalam memompa sistem kemudi akan tetapi sekarang sistem hidrolis tersebut sudah digantikan dengan sistem elektrik/ motor listrik (dinamo) untuk menggerakkan sistem kemudi.
Sistem elektrik memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan sistem hidrolis antara lain: tidak memiliki resiko kebocoran hidrolis (minyak), lebih hemat BBM karena listrik EPS langsung disuplai dari aki, dan mudah dalam hal perawatan. Mobil-mobil terbaru seperti Pajero, Fortuner, Triton, CRV, dll semua sekarang memakai power steering elektrik atau EPS ini.
EPS biasanya memiliki indikator berupa simbol stir pada MID/ tripmeter. Saat memutar kontak pada posisi on biasanya indikator berlambang stir atau lingkar kemudi ini akan menyala sekian detik (2-3 detik) kemudian mati lagi yang mana ini menunjukkan EPS dalam keadaan baik dan siap digunakan. Nah jika ternyata lampu indikator EPS ini menyala terus dan tidak berhenti maka ini menunjukkan bahwa terjadi masalah pada EPS (malfungsi), kerusakan macam-macam bisa karena motor yang bermasalah atau aliran listrik yang bermasalah atau ada kotoran pada penggerak power steering atau yang lainnya.
Jika Indikator EPS ini menyala tanpa berhenti ini artinya pecinta otomotif harus melakukan service/ segera membawa ke bengkel untuk diperbaiki, pengemudi tak perlu terlalu khawatir karena mobil masih bisa dikemudikan untuk dibawa ke bengkel.
No comments:
Post a Comment