Friday, November 6, 2015

Tips Mengemudi di Tempat Angker

Banyak sekali tempat-tempat yang dikatakan angker dan berbahaya untuk dilewati, dikatakan angker karena sering sekali terjadi kecelakaan baik ringan sampai sangat fatal ditempat tersebut, nah lantas sebagai pengendara bagaimanakah seharusnya kita menyikapinya?
gambar ilustrasi
Sebuah tempat/ jalan memiliki mitos angker atau ada penunggunya biasanya disebabkan banyaknya kejadian kecelakaan disana (misal tol cipularang, jembatan, dll), nah entah benar ada penunggnya atau tidak tapi yang jelas faktanya sering ada kecelakaan. Jika dilihat secara logis pastilah ada penyebab mengapa seringnya kecelakaan misalnya visibilitas yang terbatas, kondisi jalan licin, jalan bergelombang tapi tak terlihat, dll.
Nah hal ini pernah dialami penulis ketika melewati sebuah jembatan yang dikatakan sangat angker dan berbahaya, dulunya jembatan rel kereta api jaman belanda yang membelah sungai brantas di kota malang. Jembatan tersebut sangat sempit (rel kereta) dan hanya cukup untuk 1 mobil (press) sedangkan panjangnya kira-kira 100 meter dan tingginya 70 meter, terbuat dari papan-papan kayu utuk melengkapi besi-besi rel (bisa dibayagkan seramnya), kebetulan saat itu saya mengendarai motor honda supra.
Jembatan yang terkenal angker tersebut sebenarnya sudah terasa auranya saat akan melewati jembatan yakni rimbunnya pepohonan di ujung jembatan dan visibilitas (cahaya) yang kurang (seperti mendung), saya yakin semua dari Allah dan dengan berdoa maka penulis melewatinya,,,
Kejadian Kecelakaan
Melewatinya dengan pelan karena jembatan cukup licin.... dalam hati saya setelah berdoa saya akan berkonsentrasi agar tak ada yg mengalihkan perhatian saya.... sampai ditengah jembatan ada yang lubang, saya mengerem dan agak lama berhenti diatas jembatan (kira-kira 10 detik), dari belakang meluncur mobil pickup dan menabrak sepeda saya sampai saya terjatuh.
Anehnya jalan yang press itu tapi mobil tidak melindas saya, secara logika hanya ada 2 kemungkinan:
1. saya terlindas mobil entah kaki saya/ tangan atau yang lain
2. terjatuh dari ketinggian 70 meter, di bawah hanya ada sungai deras dan batu padas
artinya kalau tidak cacad ya pasti saya meninggal.
Setelah saya terjatuh mobil itu bahkan melindas sepeda supra saya, bengkok semua sepeda saya mulai body, prostep, lampu2 pecah, plastik pecah, dll....
Saya terjatuh tapi tak ada sedikitpun kulit saya lecet hanya sedikit memar,,, saya langsung mengucap terimakasih pada Allah.... hal yang tak mungin aku selamat aku masih selamat....
Tidak ada rasa marah sama sekali sambil aku bertanya pada sopirnya enapa menabrakku,,,,dia bilang dia dusah mengerem tapi keliru menginjak pedal gas....
Bagiku apapun alasannya aq terima yang penting aq selamat, sepeda rusak berapa aq tak minta ganti rugi meskipun sepeda hlang juga gak apa-apa yang penting aku tidak kekurangan suatu apapun (sepeda bisa dicari, kalau nyawa gak bisa dicari, kehilangan 1 tangan juga gak bisa dicari)...
Analisa Jalan Angker tersebut
1. Kemungkinan pertama adalah adanya makhluk halus yang tak terlihat, meskipun tidak mempengaruhi pikiran saya akan tetapi bisa mempengaruhi pikiran orang lain untuk menabrak saya....
2. Jika ada mitos tersebut andaikata tidak ada makhluk halusnya maka pecinta otomotif juga harus hati-hati karena mitos biasanya tak sembarangan, tingkatkan kewaspadaaan, nyalakan lampu untuk menerangi jalan... Bisa jadi jalan yang licin dan terhalangnya sinar matahari oleh pepohonan yang memicu seringnya kecelakaan
3. Hormati adat setempat, jika ada yang memperingatkan maka hati-hatilah. Hati-hati bukan berarti takut oleh makhluk halus karena keselamatan kita sejatinya dari Allah maka berdoalah dan minta perlindungan
4. Jangan sesuka hati dalam mengeudi terutama ketika berada di jalan-jalan angker seperti jalur tengkorak atau tol cipularang atau jalur angker lain... berdoalah sebelum melewati jalan tersebut dan aktifkan sistem keselamatan mobil.
Kesimpulan
Kesimpulan yang diambil penulis bahwa jalan angker memang tak bisa dipandang sebelah mata/ diremehkan karena pasti ada alasan mengapa jalan tersebut sering terjadi kecelakaan, berdoa sebelum melewati jalan angker/ sering kecelakaan akan membantu kita.
Lebih baik menghindari jalan-jalan tersebut jika bisa (karena mengandung bahaya), jika tidak bisa maka kita bisa melewatinya dengan cara: waspada, berdoa, aktifkan semua fitur keselamatan dan hati-hati.
Sampai saat ini penulis tetap sehat dan bisa menulis membagikan pengalaman ini, tak lain adalah keselamatan yang diberikan Allah...
semoga sharing ini bermanfaat, ditulis dari kejadian nyata yang dialami penulis

1 comment:

  1. tip melewati jalan angker menurut eyang saya:
    1. bunyikan klakson dengan lembut.
    2. jika malam hari, mainkan lampu jauh dekat.
    3. tempat yang ditengarai angker: jembatan, hutan kali yang ada pohon besar.
    4. jangan lupa berdoa..

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...