Tuesday, November 17, 2015

Mengganti Air Aki dengan Air Mineral, Bolehkah?

Nah ini pengalaman yang cukup unik dimana saya kalau mengisi air aki, misalnya airnya berkurang maka membeli air aki di toko. 
Pada saaat saya berjalan dengan teman yang memang hobinya otomotif kebetulan mobil lagi mogok, masalah ada pada sistem kelistrikan aki dan sudah dibenarkan, iseng teman saya sebut saja (namanya: kabut) melihat aki yang berkurang airnya dan dia mengatakan isi air akinya nanti plat (komponen dalam aki) rusak...
Memang jika air aki sampai dibawah garis batas minimum bisa merusak plat seng ayang ada di dalam aki mobil, uniknya saat mengisi air aki tersebut teman saya (kabut) menggunakan air mineral? saya bertanya apkah gak papa diisi air mineral? dia bilang gak papa sekali saja.... hhh saya percaya aja deh (menurut aja).
Sepulang dari perjalanan saya coba tanya-tanya ke orang bengkel/ mekanik apakah boleh mengganti air aki dengan air biasa? jawabnya boleh...hahahaha tidak kuduga :-)
Ternyata air aki adalah air biasa yang disuling, air yang cukup bersih dari kotoran seperti debu/ kotoran lain. Bahkan menurut orang bengkel tadi air aki buatan pabrikan adalah air yang disuling, sedangkan air aki buatan rumah tangga sebenarnya adalah air hujan. Jadi diisi air biasa sebenarnya tak masalah sepanjang air tersebut masih murni.
Mekanik yang kebetulan masih teman dengan saya tersebut menambahkan, memang ada air aki khusus yang diisikan untuk pertama kali saat aki akan dipakai akan tetapi pengisiannya cuman sekali dan selanjutnya tidak boleh diisi dengan air itu lagi. Air itu dinamakan "Accu Zuur" yang berfungsi untuk mereaksikan plat seng dalam aki. Mekanik tersebut mengatakan "setelah diisi dan bereaksi maka aki sudah memiliki tegangan, akan tetapi lebih baik didiamkan 3-4 jam untuk hasil yang ideal". 
Air ini yang berbahaya untuk kulit dan cat mobil, jangan menyentuhnya dan jangan sampai mengenai cat mobil, jika mengisinya jangan sampai tumpah cukup mendekati garis maksimum saja.
Nah kesimpulan saya:
1. untuk pertama kali pengisian air aki harus memakai air khusus yakni Accu Zuur (air berbahaya)
Accu Zuur
2. untuk pengisian selanjutnya cukup memakai Air murni/ air hasil penyulingan/ air mineral juga bisa

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...