Wednesday, April 12, 2017

Pajero Sport Dakar Ultimate: Fitur, Interior dan Spesifikasi

Mitsubishi Pajero Sport Dakar kini dirakit di Indonesia mulai Bulan April 2017 ini, nah uniknya Mitsubishi Pajero rakitan Indonesia ini akan memiliki varian diatas dakar yakni Dakar Ultimate yangmana untuk urusan fitur Ultimate jauh lebih baik dibanding varian Dakar yang selama ini menjadi varian tertinggi Pajero Sport. 
Tak hanya fitur akan tetapi pada bagian interior tipe ultimate ini jauh lebih unggul, apa saja fitur dan interiornya? berikut ulasannya:
1. Fitur anti tabrak (FCM)
Fitur FCM ini adalah sebuah alat elektronik (sensor) yang ditempatkan di bagian depan mobil yang berfungsi memancarkan dan menerima sinyal pantulan. FCM bekerja ini bekerja dengan cara mendeteksi jarak dengan benda-benda di depan mobil, fitur FCM akan mengeluarkan peringatan berupa bunyi jika ada benda di depan mobil yang cukup dekat. Jika terlalu dekat maka fitur keselamatan ini akan secara otomatis mengerem hingga mobil tidak menabrak benda tersebut.
Selain mendeteksi benda FCM ini paling utama adalah mencegah menabrak kendaraan di depan mobil, jadi bisa dibilang sensor cerdas
2. Fitur anti tabrak saat parkir (UMS)
Sensor parkir UMS ini selain mendeteksi benda di belakang juga mendeteksi benda di depan mobil, sehingga saat parkir pengemudi lupa terlalu menginjak gas yang normalnya akan menabrak mobil lain akan tetapi UMS ini akan bekerja dengan cara mengendalikan output pedal gas (tidak menabrak)
3. Adaptive Criuse Control
ada yang bilang smart cruise control (sama saja), adalah fitur untuk menjaga kecepatan mobil konstan pada angka tertentu misalnya 80 km/jam atau yang lain. fitur ini akan sangat terasa saat di jalan bebas hambatan sehingga kita tidak terlalu capek memperhatikan kecepatan mobil.
Nah Adaptive Cruise Control ini selain bisa mengemudikan kendaraan secara konstan, dia juga bisa menyesuaikan diri dengan kondisi jalan misalnya sedang naik atau turunan. Tak hanya itu fitur ACC ini juga mampu menyesuaikan diri dengan kecepatan kendaraan di depan kita :-) nah canggih bukan sobb, saat mobil di depan melambatkan lajunya maka Adaptive Cruise Control juga akan menyesuaikan kecepatan dengan menghitung jarak aman
4. Blind Spot warning
Fitur safety yang memberikan sinyal jika ada kendaraan dari belakang yang akan mendahului mobil kita, sinyal berupa lampu pada spion ini akan dengan mudah memberitahukan adanya mobil yang tertangkap masuk area blind spot mobil dan akan menyalip kita baik dari kanan atau kiri mobil.
5. Dilengkapi 7 kantung udara
Pada varian Pajero Sport Dakat Ultimate ini tersedia SRS Airbags berjumpal 7
Interior Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate
1. Yang pertama adalah perubahan warna interior yang pada varian dakar yang semula hitam, sedangkan pada Dakar Ultimate diganti dengan warna yang lebih cerah dan bersih yakni warna beige.
Warna beige ini dominan terutama pada Jok, doortrim, dan beberapa bagian dashboard.
2. Roof Monitor, ya penumpang baris kedua dan ketiga dapat menikmati hiburan (Audio video) dengan ditempatkannya layar monitor lebar di atas penumpang baris pertama.... wah jadi mewah banget nih Mitsubishi Pajero.
3. Tombol/ panel kendali diberi iluminasi (lampu lambang. sehingga pada malam hari pengemudi tidak keculitan mengoperasikan fitur-fitur mobil
Spesifikasi Mesin Pajero Sport Dakar Ultimate
Pada bagian mesin masih memakai mesin yang sama dengan yang sekarang beredar yakni mesin Diesel Commonrail 2500 cc (2442 cc), memakai teknologi Mivec, Turbocharger dan Intercooled.
Mampu menyemburkan tenaga hingga 178,5 Hp pada putaran mesin 3500 Rpm sedangkan torsinya sangat gahar yakni 430 Nm pada putaran mesin 2500 Rpm.
Sistem penggerak Pajero Sport Dakar Ultimate adalah ada yang 4x4 dan ada yang 4x2 seperti varian dakar.
Beberapa sumber terpercaya mengatakan bahwa Pajero rakitan lokal ini bakal keluar akhir April 2017 atau sekitar tanggal 25 April berbarengan dengan peresmian pabrik Mitsubishi di Cikarang.
Harga Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate saat ini masih belum keluar akan tetapi akan kami informasikan secepatnya saat peluncuran resmi akhir bulan ini

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...