Tuesday, April 25, 2017

Melihat Pabrik Mitsubishi XM di Cikarang

Mitsubishi Motors baru saja membuat pabrik untuk membuat mobil Low MPV Mitsubishi XM, tak tanggung-tanggung peresmian pabrik yang berkapasitas besar yakni 160 ribu unit mobil per tahun atau 13,3 ribu unit mobil/ bulan ini diresmikan langsung oleh Presiden RI Jokowi, lokasi pabriknya di komplek industri GIIC Cikarang Timur.
Pabrik Mitsubishi XM Concept di Cikarang
Pabrik yang akan membuat low MPV Mitsubishi XM ini menempati areal lahan yang cukup luas yakni 51 hektar, sementara investasi yang ditanamkan mencapai 7,5 Triliun. Pabrik ini juga akan menyerap tenaga kerja sebanyak 3 ribu orang dan juga bekerjasama dengan 581 suplier lokal (tier 1 sebanyak 212 suplier, dan tier 2 sebanyak 369 suplier).
Mekipun secara resmi belum melakukan produksi massal akan tetapi pabrik ini sudah dicoba untuk melakukan produksi massal mobil Mitsubishi XM tersebut, nampak pada gambar bahwa pabrik sedang beroperasi membuat mobil Mitsubishi XM.Nah dari gambar tersebut juga kita bisa melihat bagaimana bentuk mitsubishi XM nantinya (meskipun masih kasar/ rangka bodynya saja).
Mitsubishi XM sendiri adalah mobil Low MPV yang mengambil basic produksi dari Pajero Sport, nantinya mobil ini bakal menjadi mobil sejuta umat dari Mitsubishi yang akan bersaing langsung dengan Avanza sebagai market leader Low MPV. Persaingan di segmen ini bakal sangat ketat karena di segmen ini sudah ada beberapa produk yang sangat efektif di pasar antara lain:
- Toyota Avanza
- Suzuki Ertiga
- Honda Mobilio
- Daihatsu Xenia
Dalam beberapa bulan lagi akan tambah kompetitor yakni Mitsubishi XM.
Ketatnya persaingan di segmen Low MPV ini tentunya juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen, dimana nantinya produsen akan berlomba-lomba menawarkan mobil dengan harga yang paling murah dan kualitas yang paling bagus... semntara pasar yang akan menilai bagus tidaknya produk tersebut.
Mitsubishi XM Concept
Sebagai konsumen kita berharap hadirnya produk baru ini akan membarikan manfaat untuk masyarakat terutama menghasilkan mobil yang berkualitas bagus dengan harga yang murah, syukur-syukur jika hasil dari pabrik baru ini merambah pasar mancanegara yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat/ negara.
Berikut Spesifikasi Mitsubishi XM yang akan diproduksi di pabrik Cikarang ini

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...