Thursday, September 24, 2015

BMW 318I E30 M40

Jika pecinta otomotif kembali ke era 90an awal tentunya sangat mengingat mobil yang sangat bagus kala itu baik dari sisi desain, fitur, mesin dan image. BMW 318i E30 M40 memang kebanyakan keluar pada tahun 1980 akhir dan 1990 awal meskipun mobil ini sebenarnya sudah keluar sejak tahun 1983 di Eropa, perbedaan generasi 80an dan 90an ternyata cukup besar dimana dari desain juga berubah, fitur-fitur juga tidak sama bahkan mesin juga berbeda lebih bertenaga yang tahun 90an.

Saat ini mobil BMW 318I E30 M40 memang cukup banyak yang mencari terutama yang keluaran tahun 90 sampai 91 karena selain harganya yang tergolong murah mobil ini juga tergolong cukup retro, memiliki desain yang terlihat elegan sampai saat ini, mesin yang berkualitas dan fitur-fitur seperti power steering dan ABS.
Handling yang halus dan responsif menjadi daya tawar mobil ini dibanding mobil lain untuk tahun yang sama selain adalah tenaga yang besar yakni 113 Hp
Berikut adalah Spec BMW 318I E30 M40 tahun 1990:
Mesin: Bensin 1800 cc teknologi SOHC
Sistem pasokan BBM: Fuel Injection
Tenaga: 113 Hp
Kecepatan Maksimum: 188 Km/Jam
Torsi: 162 Nm
Jumlah silinder: 4
Sistem transmisi: manual dan otomatis
Sistem penggerak: roda belakang
Teknologi Rem: Cakram ABS
Teknologi handling: Power Steering
Akan tetapi untuk BMW dibawah tahun 88 (keluaran 82-87) masih memakai mesin 1600 cc dan tenaganya juga sekitar 105 Hp dan masih belum power steering ataupun ABS.
Harga BMW 318I E30 M40 saat ini cukup bervariasi mulai dari 30 juta sampai ada yang menjual 80 jutaan tergantung kondisi mobil, semakin orisinal mobil ini maka harganya juga semakin mahal dan sebaliknya semakin banyak dimodifikasi harganya bisa turun. Semakin baik mesin juga tentunya semakin mahal misalnya mesin masih halus dan keluar air kalau pagi, akselerasi masih bagus (mobil ini barunya memiliki akselerasi 11 detik untuk mencapai kecepatan 100 KPJ).
Mengapa BMW 318I E30 M40 ada yang menjual mahal dan ada juga yang murah? hal ini karena perbedaan kondisi, pecinta otomotif bisa menebak jika mobil ini sekarang usianya sudah 25 tahun dan ketersediaan sparepartnya juga cukup sulit karena buatan eropa dan tergolong uzur dan tidak ada istilah KW KWan untuk mobil ini berbeda dengan mobil jepang ada part yang KW1 sampai KW3.
Sparepart BMW 318I E30 M40 tahun 90an ini jika kita mencarinya memang butuh kesabaran, misalnya kaca pecah atau lampu pecah atau kerusakan yang lain maka cukup butuh waktu untuk menggantinya dan harganya juga tidak murah karena sparepart didatangkan dari eropa. Inilah yang menyebabkan ada BMW 318I E30 M40 yang dijual bahkan 2 kali dari harga mobil yang sama hanya karena kondisi mobil lebih bagus
Jika pecinta otomotif cari mobil ini maka carilah yang dalam kondisi bagus karena jika misalnya pecinta otomotif mendapatkan mobil ini yang kurang bagus maka harga memperbaikinya bisa lebih mahal dari beli mobilnya dan jatuhnya bisa lebih mahal dari membeli BMW 318I E30 M40 yang bagus. baca; BMW 318i keluaran selanjutnya (1991 sampai 2005)
Oh iya, jika membeli BMW 318I E30 M40 utamakan belilah dari tangan pertama karena mobil ini dulunya termasuk mobil mewah, jika dari tangan pertama biasanya pemilik menyayangi mobil ini dan merawatnya dengan baik. Berbeda jika sudah tangan ke 2 atau ke 3 yang biasanya perawatannya tidak sebaik pemilik awal mobil dan tangan ke 2 atau 3 lebih cenderung sembarangan dalam memodifikasi mobilnya.
Jika memiliki BMW 318I E30 M40 maka mengikuti salah satu klub mobil ini di masing-masing kota menjadi pilihan yang baik, sebab dengan bergabung pada salah satu klub maka banyak permasalahan yang bisa diatasi misalnya mencari teknisi yang bagus, mencari sparepart karena biasanya klub memiliki jaringan pembelian sparepart, sharing dan tukar pikiran tentang mobil (menjadi banyak teman), banyak acara-acara touring yang tentunya juga seru.

1 comment:

  1. salam kenal om.. kebetulan ada yg jual bmw 318i e30 thn 91. diliat dri kondisi fisik masih cukup bagus. tpi utk detilnya saya kurang paham. utk memebeli mobil bekas tsbut apa yg harus diperhatikan/dicek? kmarin saya coba gas jarum yg dibwah RPM ssprtti error. apakah berpengaruh ke performa mesin? saya dpat info dri teman (pengguna BMW jg) yaitu :
    1. utk memebeli e30 thn 91 hrus memperhatikan naik turun RPM saat AC dinyalakan.
    2. cek airflow
    3. test drive performa mesin jika masih sehat dibawa ngebut RPM mulai 4000 keatas
    mungkin om bisa menambahkan lainnya..

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...