Friday, June 27, 2014

Honda Jazz RS Terbaru Fitur Spesifikasi dan Kelebihan

Honda Jazz RS tahun 2014 ini telah keluar, keunggulan Handa Jazz RS kali ini adalah dibenamkannya berbagai fitur mobil kelas menengah atas, seperti fitur Cruise Control yang mampu mengendalikan laju pada kecepatan yang telah di setting. 
Eco Assist Drive yakni fitur Assist untuk pengemudi berkendara agar lebih hemat bahan bakar, Head Unit LED dengan lebar 6,1 Inch dan tombol engine start/ stop yang digunakan untuk menghidupkan mesin atau mematikan mesin dengan hanya menekan tombol tersebut tanpa kunci.
Honda Jazz RS 2014 ini merupakan varian teratas dan terbaru dari Honda Jazz, mobil ini berperan sebagai sebagai flagship (andalan) ketika bersaing dengan hatchback lain seperti Toyota Yaris maupun hatchback produsen otomotif lain. Harga Honda Jazz RS CVT (varian tertinggi Jazz RS) ini paling mahal diantara yakni 248 juta rupiah (On the road), sedangkan yang menggunakan transmisi manual Jazz RS M/T dijual dengan harga 238 juta rupiah (selisih 10 juta). sebelum lebih jauh kita coba ulas fitur-fitur pada mobil ini lebih dulu
Fitur Cruise Control
Fitur cruise control yakni teknologi komputer yang dapat mengendalikan laju mobil pada kecepatan konstan (tertentu), misalnya kita ingin agar mobil secara konstan berjalan pada kecepatan 90 km/ jam maka kita pacu mobil sampai kecepatan tersebut dan menekan tuas cruise control maka kendali gas akan berpindah dari kaki ke sistem komputer.
Cruise control ini bisa mendeteksi perlambatan yang terjadi pada mobil misalnya terkena angin atau melalui jalan yang sedang menanjak atau menurun, ketika mobil melambat maka sistem komputer akan memacu mobil lebih cepat dengan memasukkan lebih banyak BBM ke silinder, jika mobil melewati turunan maka komputer akan mengurangi pasokan bahan bakar sehingga laju mobil lebih lambat.
Mengatifkan Fitur cruise control ini sangat bermanfaat ketika kita sedang melewati jalan bebas hambatan (Tol), cruise control juga bisa lebih menghemat konsumsi bahan bakar karena putaran mesin lebih stabil akan tetapi cruise control ini kurang cocok digunakan pada jalan yang padat atau berliku-liku, baca lebih lengkap tentang cruise control pada artikel sebelumnya
Fitur Eco Assist
Fitur Eco Assist adalah sistem komputer yang dapat menganalisis perilaku pengemudi terutama yang berkaitan dengan konsumsi bahan bakar, fitur eco assist ini bekerja secara real time lampu berwarna hijau akan menyala jika pengemudi berkendara secara efisien dan lampu merah akan menyala jika pengemudi berkendara secara tidak efisien. Fitur Eco Assist ini bisa dihidupkan juga bisa dimatikan, terserah pengemudi
Head Unit LED 6,1 Inch
Head unit LED 6,1 inch digunakan untuk mengontrol sistem audio yang juga bisa disambungkan dengan Ipod dan Iphone, layar sentuh LED yang lebar ini akan memanjakan jari untuk mengendalikan perangkat Head Unit ini.
Fitur Start/ Stop Engine
Fitur start/ stop adalah tombol pada dashbord mobil yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin mobil dengan tidak memakai kunci, fitur start stop ini baru dibenamkan pada Honda Jazz generasi 2014 ini (sebelumnya tidak ada), sampai saat ini start stop engine ini hanya dijumpai pada mobil-mobil kelas menengah atas dengan harga diatas 500 juta rupiah terutama untuk mobil-mobil sport.
Lebih keren bukan menghidupkan mobil dengan menekan tombol daripada memutar kunci :-)
Headlamp LED Proyektor
Lampu utama yang menggunakan LED Proyektor memiliki nyala yang lebih terang dibanding bohlam dengan energi yang sama, honda jazz rs 2014 telah memakai LED proyektor pada lampu utamanya (lebih terang dan hemat energi).
Audio Steering Switch
adalah panel kendali audio yang diletakkan di lingkar kemudi (stir mobil), biasanya di dekat tombol bel. Fitur ini memungkinkan pengemudi memindah lagu yang diputar, menghidupkan dan mematikan sistem audio tanpa menyentuh dashboard mobil (hanya melalui panel-panel audio pada setir).
Eksterior Honda Jazz RS CVT
Honda jazz RS 2014 ini dibangun dengan eksterior yang lebih besar daripada honda jazz sebelumnya sehingga ukuran kabin (volume kabin) juga lebih besar, kabin yang besar akan menambah kenyamanan penumpang karena tidak sesak ketika dimuati 5 orang penumpang ditambah barang (paling tidak dibandingkan Honda Jazz sebelum 2014).Bentuk/ body honda jazz RS ini juga lebih modern namun tetap sporty, dengan warna body dan bentuk yang menyatu dari depan sampai belakang (bumper dan body) membuat tampilan mobil ini layaknya mobil sport hachback kelas menengah. Penambahan spoiler belakang juga menambah keyamanan penumpang dalam kabin agar lebih terlindung dari panas matahari, spolier belakang ini cukup menarik dan menambah kesan sporty pada mobil jazz ini.
Desain grile dan lubang udara yang garang membuat mobil ini tampil lebih cepat daripada mesin yang sesungguhnya :-), sedangkan sistem aerodinamis mobil Jazz masih dipertahankan yakni dengan desain atap mobil sedikit melengkung yang meminimalkan gesekan dengan angin saat kecepatan tinggi.
Secara umum bentuk Honda Jazz RS ini sangat bagus, solid, sporty, mewah dan garang.
Spesifikasi Mesin Honda Jazz RS
Nah ternyata untuk spesifikasi mesin honda jazz RS 2014 ini masih menggunakan mesin 1500 cc 4 silinder (masih menggunakan mesin honda jazz terdahulu), tidak ada perubahan seperti yang diperkirakan banyak pecinta otomotif yang mengatakan bahwa akan keluar honda jazz dengan tenaga 132 Hp.
Konsumsi BBM honda Jazz RS ini makin irit berkat teknologi terbaru dibenamkan seperti cruise control, eco assist, desain body, ban dan lain-lain. Konsumsi Honda Jazz RS 2014 ini untuk jalan bebas hambatan menyentuh 20 Km/ 1 liter BBM catatan untuk Honda Jazz RS versi sebelumnya konsumsi BBM mencapai 18,5 km/l.
Akselerasi Honda Jazz RS untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kecepatan 0 Km/ jam adalah 11 detik, termasuk paling cepat dibandingkan dengan mobil hatchback sekelas, jangan dibandingkan dengan mobil sport harga 700 jutaan karena akselerasinya bisa 7 detik :-). Sebagai perbandingan toyota agya memiliki akseleragi 15 detik.
Tenaga maksimum Honda Jazz RS adalah 120 Hp lumayan besar dibandingkan mobil-mobil lain dengan mesin 1500 cc, sebut saja Toyota avanza yang memiliki tenaga maksimum 103 Hp :-) toyota agya 68 Hp, mobil lain silahkan cari sendiri :-)
Harga Honda Jazz RS
Honda Jazz RS terbaru ini dijual on the road dengan harga 238 juta rupiah untuk versi manual dan versi matic CVT dijual dengan harga 248 juta, berikut adalah update harga honda jazz 2014:
Honda Jazz A M/T : Rp. 199.000.000
Honda Jazz S M/T : Rp. 217.000.000
Honda Jazz S A/T : Rp. 227.000.000
Honda Jazz RS M/T : Rp. 238.000.000
Honda Jazz RS CVT : Rp. 248.000.000
Rival
Pesaing Honda Jazz ini antara lain (lihat reviewnya juga):
Mazda2 lihat review
Ford Fiesta lihat review
Chevrolet Spark review
Suzuki Splash review
All New Kia Rio review
Honda Brio review
Toyota Yaris review
Nissan March review

3 comments:

  1. Saya sedikit bingung dengan fitur mobil start top engine ... Klo seandainya kita tidak memutar kunci dan hanya tinggal menekan tombol start itu berarti saat kita sudah masuk di dalam mobil kunci kita di masukin kantong atau ada gantungannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terserah,,,, masuk kantong juga gak papa... kuncinya memancarkan sinyal yang mengijinkan menekan tombol start... asalkan di dalam kabin pasti bisa kecuali baterai pada smart key habis maka harus didekatkan dengan penerima sinyal

      Delete
  2. dari sisi harga kayak ny honda jazz sgt dekat sekali dg yaris keluaran terbaru dari toyota,apa lagi persaingan di segmen hatchback semakin sengit

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...