Dalam 20 tahun terakhir masyarakat di Indonesia lebih menyukai mobil jenis MPV, dimulai dari Toyota Kijang dan Isuzu Panther yang bersaing di era 90 an menjadi mobil terlaris di Indonesia.
Dalam 10 tahun terakhir mobil MPV terbagi menjadi beberapa segmen yakni Low MPV (seperti avanza dll), Midle MPV (Honda Odyssey dll) dan High MPV (Toyota Alphard dll).
Sedangkan menurut sumber Toyota jumlah penjualan dalam 10 tahun terakhir produk Low MPV Toyota Avanza menjadi penyumbang 60 % penjualan toyota di Indonesia, ini mengindikasikan bahwa konsumen di Indonesia lebih menyukai mobil-mobil MPV murah daripada jenis mobil lain "ujar Manager Marketing Toyota Astra Motor".
Tahun 2013 dan 2014 pasar Low MPV menjadi lebih aktif karena setelah dominasi Avanza dan Xenia selama 10 tahun terakhir kini produsen otomotif indonesia ramai-ramai menggarap segmen mobil MPV kelas bawah atau MPV murah ini, alhasil dominasi Avanza-Xenia mulai runtuh hal ini bisa dilihat dari jumlah penjualan xenia yang disalip oleh suzuki ertiga dalam 1 tahun terakhir ini. baca mobil Avanza
Saat ini konsumen begitu dimanjakan dengan harga mobil yang terus lebih murah, hal ini terkait dengan persingan memberikan mobil MPV kualitas terbaik dengan harga semurah mungkin yang dilakukan masing-masing produsen otomotif indonesia seperti Honda, Suzuki, Chevrolet, Nissan.
Dimulai dari Nissan yang mengeluarkan Nissan Livina dan Nissan Evalia yang mampu langsung mengoreksi penjualan Avanza dan Xenia, mobil murah yang mengandalkan kenyamanan penumpang ini juga menjadi pintu masuk Nissan untuk lebih intensif menekan masuk pasar otomotif di Indonesia yang kemudian mengeluarkan banyak mobil dengan berbagai jenis mulai dari SUV Crossover dan High MPV (tidak hanya low MPV). baca review mobil Nissan Evalia dan Nissan Grand Livina HWS
Sukses Nissan memasuki pasar MPV membuat produsen otomotif Suzuki ingin mencoba memasuki pasar mobil MPV Murah ini, dikeluarkannya Suzuki Ertiga benar-benar menjadi sukses suzuki dalam memasuki pasar mobil MPV murah ini. Keluarnya Suzuki Ertiga yang langsung mengoreksi (mengalahkan) penjualan Xenia ternyata benar-benar dimanfaatkan oleh suzuki yakni dengan menggandeng mitra (chevrolet) untuk ikut memasuki pasar low MPV ini, dengan kerjasama Suzuki dan Chevrolet maka keluarlah Chevrolet Spin yang semakin memperketat persaingan pasar mobil MPV murah ini. baca tentang Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin
Kesuksesan Nissan, Suzuki dan Chevrolet mengeluarkan low MPV yang disukai konsumen ternyata memicu pabrikan Honda untuk ikut memasuki pasar MPV murah Indonesia, tahun 2014 ini Honda benar-benar menggebrak pasar Low MPV tanah air dengan mengeluarkan produk terbaiknya yakni Honda Mobilio yang dijual lebih murah akan tetapi memiliki kemampuan yang lebih baik dari Low MPV lain, dalam waktu singkat Honda mobilio menjadi mobil MPV murah terlaris menyalip Ertiga - Spin - livina - xenia, tahun 2014 ini honda mobilio sukses menguntit penjualan avanza. baca review kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio disini
Tahun ini ada 10 mobil MPV murah yang paling disukai konsumen Indonesia antara lain:
masing-masing reviewnya di atas telah kami ulas pada artikel sebelumnya
No comments:
Post a Comment