Tuesday, December 4, 2012

Nissan March City Car Nyaman

Nissan March, mobil City Car ini rupanya turut meramaikan pasar mobil City Car / Hatchback yang digarap oleh beberapa pabrikan otomotif, sebut saja toyota dengan yaris, suzuki dengan swift & estilo, daihatsu sirion, kia picanto, honda jazz, dan lain sebagainya. Mobil Hatchback 1200 cc keluaran nissan ini secara umum memiliki keunggulan pada suspensi yang lembut dan handling yang ringan, akan tetapi memiliki kekurangan pada performance mesin dan konsumsi bahan bakar.
eksterior nissan march
Nissan March merupakan mobil jenis City Car, dikeluarkan oleh pabrikan otomotif asal Jepang (nissan). Mobil ini memakai mesin 1200cc dengan jumlah silinder 3 buah, sampai saat ini (Desember 2012) Nissan March memiliki 4 varian dimana varian 3 varian teratas memakai transmisi otomatis sedangkan tipe terendah dengan harga termurah 146 juta menggunakan transmisi manual.

Eksterior Nissan March
nissan march
Nissan March memiliki dimensi panjang 3780 mm, lebar 1665 mm dan tinggi 1525 mm dengan ground clearance 14,1 cm. Mobil ini termasuk memiliki dimensi atau desain eksterior yang besar di kelasnya perbandingan dengan Suzuki Swift hanya memiliki panjang 3695, honda brio yang memiliki panjang 3610 dan toyota agya 3580. Hatchback dari Nissan ini bakal terasa lega saat penumpang memasuki kabin dengan dimensi sebesar ini, memiliki kapasitas / daya muat penumpang 4 orang ideal (5 orang maksimal). Mobil ini juga cukup ringan dengan bobot sekitar 945 Kg, dengan bobot ringan diharapkan mobil ini dapat membantu meringankan akselerasi mobil, Nissan March cukup handal dalam melewati jalan tidak rata atau berlubang/ gundukan perkotaan karena memiliki Ground Clearance yang cukup tinggi yakni 14,1 cm cukup nyaman untuk jalan perkotaan, sedangkan kapasitas tangki bahan bakar Nissan March adalah 41 liter.
Kaki-kaki Nissan March juga sangat lembut "khas mobil nisan yang rata-rata memiliki suspensi empuk", mobil ini dibekali suspensi sistem McPherson strut & torsion beam suspension yang mana akan nyaman dikendarai dan stabil pada kecepatan tinggi. Velg Nissan March juga kuat dan terlihat gagah dibekali velg alloy 15 inch membuat mobil ini stabil pada tikungan atau kecepatan tinggi, velg sebesar ini juga menambah gaya mobil dimana untuk jenis City Car memiliki velg alloy 15 inch sudah baik.
Aerodimanis mobil ini juga cukup baik, dengan lengkungan halus pada bagian depan dan atas mobil dipercaya nissan dapat meminimalisasi gesekan dengan udara ini bisa dilihat pada desain kaca depan dan bagian atap mobil yang melengkung halus kebelakang, desain bagian kaca depan mobil ini juga telah disesuaikan untuk bisa melihat dengan pandangan yang lebih luas. Secara umum desain eksterior nissan march bisa dikatakan lumayan.
Interior Nissan March
interior pada kabin nissan march terasa nyaman, meskipun fitur pada dashboard terhitung sederhana akan tetapi desain kabin mobil ini cukup nyaman, Nissan March memiliki kabin yang cukup luas sehingga penumpang akan merasa lega saat memasuki mobil ini, tidak hanya luas kabin didesain dengan atap yang cukup tinggi untuk ukuran city car sehingga bagi anda yang menyukai ruangan yang tidak sesak mobil ini sangat cocok untuk anda, apa lagi aliran udara juga telah diperhitungkan untuk bisa menyebar secara merata dengan menjaga kesegaran/ kualitas udara dalam kabin yang luas benar-benar membuat penumpang merasa lega dan nyaman.
Mobil ini telah dibekali dengan fitur-fitur lumayan baik antara lain:
* Tilt steering pada semua varian sehingga pengemudi akan lebih ringan dalam mengendalikan mobil.
* Power window yang dapat mendukung kenyamanan dan safety terutama ketika membawa anak-anak pada kursi belakang
* Sistem audio yang dapat memutar radio, cd, mp3 integrated DIN
* AC automatic pada tipe XS, dan AC manual untuk tipe MT dan AT
* Meter indikator bertipe analog yang dapat memuat informasi temperatur air, door ajar, key remove dan head light
* MID yang memuat pemakaian bahan bakar, odo trip dan cruising range.
Pada bagian interior Nissan March desain panel kendali terlihat unik dan menyenangkan dengan desain mirip bulatan-bulatan / melengkung mulai dari stir kemudi, sistem audio, control AC, speedometer, tuas transmisi, dashboard dan lain-lain memiliki desain melengkung / bulat. Dikatakan bahwa selain desain ini lebih menyenangkan bagi penumpang, desain melengkung pada panel-panel kendali ini dikatakan lebih mudah dioperasikan atau user friendly bahkan orang yang belum pernah masuk kedalam mobil ini akan dengan mudah menyesuaikan dan dapat mengoperasikan panel-panel kontrol dalam mobil.
Desain kursi nisan march juga sangat baik memiliki tingkat ergonomis yang baik, sehingga penumpang maupun pengemudi akan merasa nyaman duduk di kursi nissan march. Desain kursi yang ergonomis dan dipadukan dengan setelan kursi yang bisa disesuaikan, fabric tipis pembalut busa lembut pada nissan march semakin mengesankan kelembutan kursi nissan march.
Keluhan beberapa pengguna mobil ini dalam kabin meskipun lega akan tetapi nissan march tidak memiliki peredam yang cukup baik sehingga pada putaran tinggi suara mesin akan terdengar dari dalam, pada beberapa kasus untuk mengatasi hal ini pemiliki bisa memasang peredam tambahan agar mobil terasa senyap meskipun mesin bekerja pada putaran tinggi. Pada bagian bagasi nissan march tampil unik, dengan bagasi yang luas disertai penutup bagasi unik sehingga membuat bobil terlihat rapi saat pintu lipat pada bagasi ditutup, secara umum mobil yang memiliki 5 pintu ini memiliki interior yang cukup nyaman.
Performa Mesin Nissan March
Nissan March memakai mesin dengan kode HR12DE dengan sistem DOHC, mesin mobil ini memiliki kapasitas silinder sebesar 1200 cc atau lebih tepatnya 1198cc memakai BBM jenis pertamax dengan sistem pasokan bahan bakar ECCS. Mobil ini secara performa mesin yang tidak istimewa dengan hanya mampu menghasilkan tenaga 76 Hp pada 6000 Rpm, berbeda dengan rivalnya sebut saja suzuki splash 1200 cc yang mampu menghasilkan 85 Hp dan Kia Picanto 1250 cc yang bisa menghasilkan daya sebesar 87 hp.
Dengan kemampuan mesin standart yang dimiliki nisan march mobil ini hanya memiliki akselerasi sebesar 16 detik, hal ini termasuk lamban untuk mobil city car yang mana rata-rata mobil city car memiliki akselerasi antara 10 sampai 14 detik
Konsumsi BBM atau bahan bakar Nissan March juga tidak terlalu hemat, untuk jalur kombinasi nissan march 12,5 km/liter sedangkan untuk dalam kota mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar 1:11 dan untuk luar kota 14:1, hal ini jauh berbeda dengan mobil-mobil terbaru 1200 cc yang bisa menempuh 1:16 untuk rute kombinasi dan 1:20 untuk luar kota, bahkan beberapa mobil 1000 cc diklaim memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 1:30.
Untuk bagian rem (brake) nissan march cukup baik dengan penggunaan cakram berventilasi pada rem bagian depan, dan menggunakan drum untuk rem belakang, bahkan untuk varian tertinggi yakni tipe XS sistem rem telah menggunakan teknologi ABS EBD dan BA yang merupakan teknologi terbaru sistem pengereman mobil, sayangnya untuk tipe AT dan MT masih belum menggunakan ABS EBD dan BA.
interior march nissan
Harga Nissan
Untuk Harga Nissan March OTR update saat ini varian terendah atau termurah 146 juta sedangkan varian tertinggi xs sebesar 171 juta, cukup banyak selisihnya akan tetapi perbedaan yang dibawa juga lumayan. berikut ini daftar harga nissan march OTR Jakarta:
* Nissan March 1.2 M = Rp. 146 Juta
* Nissan March 1.2 A = Rp. 156 Juta
Nissan March 1.2 XS A = 166 Juta
Nissan March 1.2 Sport Version Autech A = 177 Juta
Berikut ini kami sajikan beberapa rival Nissan March sebagai bahan perbandingan:
interior nissan march

1 comment:

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...