Sunday, October 29, 2017

Mengurangi Blind Spot pada Mobil

Blind Spot adalah area yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi mobil, area yang tidak terlihat ini biasanya terhalang oleh body mobil itu sendiri, meskipun Blind Spot sebenarnya tidak melulu tertutup oleh body mobil akan tetapi jika jalan tertutup oleh tikungan atau jalan menanjak atau pepohonan maka ini juga bisa disebut blind spot
. Area Blind Spot pada pada umumnya adalah:
- bagian belakang mobil
- separoh body mobil kebelakang
- sudut belakang mobil
Pada gambar di atas area yang berwarna merah adalah Blind Spot sebuah mobil, ini artinya tiap jenis mobil memiliki area blind spot sendiri. 
Dibawah ini adalah blind spot atau area tidak terlihat pada jalan yang tertutup oleh pepohonan (warna hijau muda)
Tikungan jalan, perempatan, jalan naik turun, berbelok-belok, pepohonan bisa menjadi blind spot saat kita mengemudi.
Blind Spot ini ternyata cukup berbahaya karena sering kecelakaan diawali dari posisi blind spot ini. Nah tahukah pecinta otomotif bahwa beberapa fitur dikembangkan untuk mengurangi blind Spot pada mobil, terutama saat berjalan di kecepatan rendah. Apa saja fitur yang dapat mengurangi Blind Spot ini?
1. Kamera Belakang
Kamera belakang ini sangat efektif untuk melihat kondisi belakang mobil, sangat bermanfaat untuk parkir dan jalan mundur (atret)
2. Kamera Eagle Eye atau Helicopter Camera
Yakni kamera yang ditempatkan minimal 4 sisi mobil yakni depan-belakang-kanan-kiri sehingga pengemudi bisa melihat area yang tertutup body mobil (tidak terlihat dari spion juga). Eagle Eye ini memberikan pandangan seolah-olah dari atas mobil
3. Sensor parkir
Sensor parkir ini juga bermanfaat mengurangi Blind Spot, diletakkan di bagian bumper depan dan belakang mobil dan akan berbunyi sesuai derajat kedekatannya dengan benda dibelakang mobil
4. Kaca Spio tambahan
Bisa berupa spion kaca belakang, spion pada kap depan sampai penambahan kaca cembung pada spion. Kaca spion tambahan ini trik jadul agar area yang tidak tercover mata jadi terlihat.
Nah 4 komponen di atas yang bisa dipergunakan pecinta otomotif jika dirasa pandangan masih sangat kurang.
Sedangkan jika kita mengemudi di belakang mobil lain, sewaktu akan menyalip pecinta otomotif harus berada pada area terlihat dulu agar mobil di depan bisa melihat kita dan memberi jalan

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...