Tuesday, March 29, 2016

Indikator Mobil yang Wajib diketahui Driver!

Mobil sekarang memiliki banyak indikator yang bisa memantau kondisi/ keadaan/ kesehatan fungsi mobil, Indikator-indikator ini biasanya ditempatkan pada tripmeter/ MID dan jadi satu dengan Speedometer. 
Makin bagus teknologi mobil maka indikator yang disematkan juga makin banyak karena ini bisa memantau kondisi mobil/ kesehatan mobil, misalnya rem rusak maka otomatis mobil akan mendeteksi kerusakan yang terjadi dan menampilkan pada lampu indikator jika terjadi kerusakan.
Berikut ini beberapa lampu indikator yang wajib diketahui pemilik mobil:
1. Lampu Indikator Rem:
Biasanya bergambar tanda seru di dalam lingkaran, kadang-kadang juga ada tulisan brake. Lampu indikator akan menyala jika rem tangan diaktifkan dan akan mati jika rem tangan direlease, akan tetapi jika menyala terus menerus walaupun sidah dilepas ini artinya ada masalah pada rem mobil (biasanya minyak rem habis atau masalah lainnya, coba cek minyak rem dan tambahkan jika habis)
2. Lampu indikator ABS
Masih berkaitan dengan rem saat ini ada teknologi ABS yang dibenamkan pada sistem brake mobil, nah pada indikator dilambangkan dengan ABS dalam lingkaran. Jika indikator ABS ini menyala artinya ada malfungsi pada sistem ABS mobil
3. Indikator pintu
Biasanya lampu indikator pintu ini berlambang mobil yang terlihat dari atas dengan pintu terbuka, jika indikator ini menyala artinya ada pintu yang belum tertutup secara sempurna
4. Indikator seat belt
Indikator sabuk pengaman ini dilambangkan dengan orang duduk dengan sabuk pengaman, biasanya jika lampu indikator ini berkedip artinya sabuk pengaman belum dipasang... jika dalam beberapa waktu belum dipasang juga maka akan ada sinyal penringatan seperti alarm
5. Indikator suhu mesin
Suhu mesin ini dilambangkan dengan gambar gelombang (3 garis lengkung horisontal) dan juga satu garis tegak lurus (vertikal), jika suku mesin sudah tidak ideal maka lampu indikator suhu mesin ini akan menyala. Indikator suhu ini saat ini juga ada yang masih digital dengan lambang C-E-H (C= cold, E= sedang, H= Hot) disertai jarum, jika jarum menunjuk pada H ini artinya temperatur/ suhu mobil sudah tinggi dan ada baiknya pecinta otomotif menghentikan sejenak mobil (mengistirahatkan barang 30 menit). Jika terlalu sering mobil kepanasan (misalnya baru dipake 30 menit sudah panas) mana pecinta otomotif harus mengecek sistem pendinginan mobil mulai kipas radiator (berputar atau tidak), air radiator masih penuh atau kering, pompa air radiator, dll. Baca ulasan: mengatasi mobil sering kepanasan/ overheat
6. Indikator aki
Indikator aki digambarkan dengan lambang aki (kotak dengan kutup plus dan minus), jika indikator bergambar aki ini menyala artinya ada masalah pada aki mobil...coba bersihkan kutub-kutubnya atau tata ulang dudukan aki, cek juga kelistrikannya apakah masih standar atau tidak. 
Biasanya aki bisa bertahan antara 2 sampai 4 tahun jika dirasa aki sudah terlalu lama maka aki bisa diganti. Baca: cara merawat aki mobil agar awet
7. Indikator bahan bakar
Indikator BBM ini dilambangkan dengan pompa bensin yang ada di SPBU, nah jika indikator yang menyerupai pompa bensin ini menyala ini artinya bahan bakar pada tangki mobil mulai habis...jika melewati pom bensin segera isi
8. Indikator oli mesin
Indikator oli mobil ini berupa gambar seperti teko yang menetes, jika lampu indikator oli menyala artinya mesin mendeteksi kekurangan pelumas...segera ganti oli mesin
9. Indikator Airbags
Indikator kantung udara ini dilambangkan dengan orang yang duduk dilihat dari samping dengan airbags didepannya, nah jika indikator airbags menyala artinya ada kerusakan pada sistem safety (airbags) tersebut...segera periksa di bengkel resmi mobil
10. Indikator mesin
Lampu indikator mesin ini dilambangkan dengan gambar mesin (kotak sedikit tidak beraturan), jika lampu menyala dan mesin tidak dapat dihidupkan ini artinya ada masalah pada mesin, segera hubungi bengkel resmi untuk mengetahui masalah yang terjadi pada mesin ini

Mengenal Sistem Kemudi EPS dan Indikator EPS

EPS atau Electric Power Steering adalah Sistem kemudi yang berfungsi meringakan beban pengemudi saat memutar setir, jadi dengan EPS ini mobil yang besar dan berat sekalipun akan terasa ringan saat memegang lingkar kemudi (stir). 
Mobil-mobil seperti Innova/ Fortuner/ Pajero/ Triton atau bahkan mobil seperti Bus dan Truck wajib memakai Power steering agar pengemudi mampu memutar stirnya karena mobil-mobil ini bisa dibilang sangat berat sistem kemudinya tanpa memakai power steering.
Jika jaman dulu power steering memakai sistem hidrolis dalam memompa sistem kemudi akan tetapi sekarang sistem hidrolis tersebut sudah digantikan dengan sistem elektrik/ motor listrik (dinamo) untuk menggerakkan sistem kemudi.
Sistem elektrik memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan sistem hidrolis antara lain: tidak memiliki resiko kebocoran hidrolis (minyak), lebih hemat BBM karena listrik EPS langsung disuplai dari aki, dan mudah dalam hal perawatan. Mobil-mobil terbaru seperti Pajero, Fortuner, Triton, CRV, dll semua sekarang memakai power steering elektrik atau EPS ini.
EPS biasanya memiliki indikator berupa simbol stir pada MID/ tripmeter. Saat memutar kontak pada posisi on biasanya indikator berlambang stir atau lingkar kemudi ini akan menyala sekian detik (2-3 detik) kemudian mati lagi yang mana ini menunjukkan EPS dalam keadaan baik dan siap digunakan. Nah jika ternyata lampu indikator EPS ini menyala terus dan tidak berhenti maka ini menunjukkan bahwa terjadi masalah pada EPS (malfungsi), kerusakan macam-macam bisa karena motor yang bermasalah atau aliran listrik yang bermasalah atau ada kotoran pada penggerak power steering atau yang lainnya.
Jika Indikator EPS ini menyala tanpa berhenti ini artinya pecinta otomotif harus melakukan service/ segera membawa ke bengkel untuk diperbaiki, pengemudi tak perlu terlalu khawatir karena mobil masih bisa dikemudikan untuk dibawa ke bengkel.

Monday, March 28, 2016

Cara Menambal Ban Bocor dengan Mudah

Menambal ban bocor sebenarnya mudah teorinya akan tetapi sulit prakteknya, mengapa sulit? bagi orang yang belum pernah mengeluarkan ban dalam dari velg/ memisahkannya dengan ban luar akan merasa sangat kesulitan karena mengeluarkan ban dalam butuh tenaga ternyata,,,kalau tenaga cewek saya rasa masih kesulitan untuk mengeluarkan ban dalam motor... 
sulitnya disana sich tapi kalau sudah keluar menambalnya cukup mudah yakni dengan karet kompon/ karet khusus penambal ban + lem dan dipanaskan bisa memakai setrika untuk memanaskannya.
Beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan:
1. Karet kompon/ karet penambal ban  (bisa dibeli di bengkel mobil)
2. Lem karet untuk menambal ban (bisa dibeli di bengkel mobil)
3. air dalam bak untuk mengecek kebocoran
4. alat untuk mengeluarkan ban dalam dari velg (alat besi pengungkit dengan ujung pipih yang tidak tajam)
5. gergaji besi (untuk mengerok ban yang bocor)
6. setrika atau pemanas untuk memanaskan ban dalam yang sudah ditambal
Cara menambal ban bocor
1. Keluarkan angin dari dalam ban yang bocor sampai tak tersisa lalu lepas lubang angin dari velgnya (kendorkan dan lepaskan)
2. Mulai lepaskan/ pisahkan ban luar dengan velgnya... bisa dilakukan dengan pengungkit besi yang sudah disiapkan... mulailah dari ban sisi luar terlabih dahulu
3. Setelah ban luar terlepas dari velgnya peccinta otomotif bisa mengambil ban dalam mobil/ motor dari velgnya... melepasnya dengan mudah
4. lakukan pemeriksaan yang seksama terhadap ban dalam mobil dengan cara memompanya (memberi angin) lalu memasukkan ban dalam ke dalam bak air untuk mengetahui gelembung udara yang keluar dari ban dalam mobil (itulah kebocorannya), jika ada gelembung udara tusuklah dengan batang sapu lidi/ korek yang sudah dibersihkan dan periksa kebocoran lainnya...
Jika waktu memeriksa dengan mencelupkan ke air tidak ditemukan kebocoran, periksa lagi dengan menambah tekanan ban (pompa lagi) biasanya semakin besar tekanan maka akan makin terlihat kebocorannya (untuk kasus bocor halus)
Jika ditambah tekanan masih belum menemukan,,,cobalah dengan mengoleskan cairan sabun di permukaan ban dalam tadi dan membiarkannya,,biasanya ada sabun yang mengembung jika ada udara keluar dari bagian dalam...
5. Setelah ditemukan semua kebocoran bisa 1 atau 2 atau lebih,,,, maka kerok sekitar yang bocor dengan gergaji besi yang sudah dipersiapkan. Tujuan pengerokan ini adalah untuk mempererat rekatan antara karet penambal dan ban dalam yang ditambal, pengerokan juga untuk membersihkan sisa-sisa karet yang rapuh dan permukaan yang licin.
6. Setelah melakukan pengerokan maka cuntinglah karet kompon/ karet penambal ban secukupnya, oleskan lem pada permukaan ban yang sudah dikerok tadi lalu rekatkan potongan karet kompon/ karet penambal sambil ditekan-tekan untuk menghilangkan udara yang mungkin terjebak di dalam lem.... jika sudah dipastikan tidak ada udara dan menempel dengan rapat maka siapkan alat pemanas/ setrika
7. Alat pemanas ini bisa memakai setrika ataupun dengan memanfaatkan plat besi yang dipanaskan dengan cara dibakar...tujuan pemanasan ini adalah untuk mematangkan tambalan (agar penambal dengan karet ban dalam yang ditambal menyatu)
8. Panaskan kira-kira 10 menit + ditekan sambil diberi sedikit percikan air yang tujuannya agar ban yang ditambal tidak lengket pada pemanas (bisa sertika/ logam yang dipanaskan), setelah 10 menit beriksa apakah ban sudah matang (menyatu)... ciri-ciri ban menyatu adalah tambalan (karet penambal) terlihat mengkilap + keras, jika ditekan dengan kuku tidak meninggalkan bekas... jika masih meninggalkan bekas panaskan lagi sampai matang (keras dan mengkilap) karena jika tidak matang maka ban mudah bocor lagi
9. Setelah selesai menambal semua kebocoran, pompa lagi dan pastikan bahwa tidak ada kebocoran dengan mengeceknya/ mencelupkannya ke dalam air, periksa tambalan di dalam air apakah tidak ada udara yang keluar
10. cek ban luar apakah ada paku atau logam lain yang menancap, bisa diraba sekaligus membersihkan kotoran pada ban luar bagian dalam (seperti debu. kerikil kecil)... jika ada logam terasa bisa dicabut memakai tang. Cara yang cepat memerikasa adalah dengan memposisikan ban dalam seperti semula dan menentukan letak tambalan dengan kemungkinan adanya logam pada lokasi ban dalam yang dipasang. coba lihat dan raba ban luar pada posisi ban dalam yang akan dipasang (pas di posisi tambalan ban jika ban tersebut nantinya dipasang)
11. setelah dipastikan aman semuanya baru masukkan ban dalam seperti semula lalu masukkan ban luar dengan rapi dan benar-benar masuk semuanya. oleskan sabun pada sekitar sisi-sisi ban luar agar saat dipompa ban luar akan mengembang dengan mulus dan licin mengikuti bentuk velg.
Ban selesai ditambal...
karet kompon/ karet penambal ban
Untuk menambal ban tubeless sebenarnya jauh lebih mudah karena tidak perlu mengeluarkan ban dalam/ membongkar ban dari velgnya...cukup dengan memasukkan cairan lem khusus dari lubang yang bocor pada ban tubeless.
Pada teknik penambalan dari dalam untuk ban tubeless juga bisa dilakukan tentunya dengan membongkar ban,, (membongkar ban tubeles sangat mudah berbeda dengan ban tube (ban biasa). Setelah dibongkar ban ditembel dari dalam dengan cairan khusus (ini untuk kasus bocor halus),
ada juga cara menambal ban tubeles dengan menyuntikkan cairan khusus kemudian ban dipompa dan dibiarkan agar cairan tersebut mengisi libang yang bocor.... nanti akan kami ulas cara menambal ban tubeles minggu depan
kunjungi tipsmobilbaru.blogspot.com untuk mengupdate berita otomotif terkini

Sunday, March 27, 2016

Suzuki Jimny, Vitara Brezza dan Karimun 7 Penumpang keluar Tahun ini

Paling tidak tahun 2016 ini bakal ada mobil-mobil Suzuki yang bakal meramaikan pasar mobil tanah air, uniknya yang bakal keluar adalah mobil-mobil yang ditunggu-tunggu keluarnya oleh pasar otomotif tanah air...
sebut saja Suzuki Jimny Facelift atau New Jimny, Suzuki Karimun 7 penumpang, Suzuki Vitara Brezza, Suzuki Baleno yang kesemuanya memang mobil iconic lawas yang memiliki nama besar di hati pecinta mobil suzuki.
Berikut adalah rincian rencana kapan keluarnya mobil-mobil Suzuki yang ditunggu-tunggu ini:
Suzuki Jimny Baru
Suzuki Jimny baru ini banyak yang menyebut Suzuki Jimny saja, ada yang menyebut Suzuki Jimny Facelift dan ada pula yang menyebut New Suzuki Jimny. 
Yang jelas mobil ini sudah keluar beberapa tahun lalu di eropa yang baru tahun ini rencananya dijual di Indonesia, keluarnya Suzuki Jimny ini tak lepas dari permintaan konsumen di Indonesia yang sangat menginginkan keluarnya kembali Jimny di pasar tanah air yang distribusinya sempat dihentikan 10 tahun lalu di Indonesia.
Berbagai komunitas pecinta Jimny sangat menginginkan mobil ini sampai-sampai mereka mengimpornya sendiri dari eropa dengan harga yang 2 kali lipat lebih mahal, nah dari antusiasme pasar SUV kecil tanah air inilah pihal Suzuki menghadirkan New Jimny sebagai line up mobil-mobil SUV Suzuki
Mobil yang dibekali penggerak 4x4 dengan mesin berkapasitas 1300 cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal sampai 85 Hp dengan konsumsi BBM adalah 14 km per 1 liter bensin, ini jauh lebih besar daripada jimny lawas yang hanya bertenaga 50 Hp. Jika melihat Jimny lawas saja segitu tangguhnya di medan offroad bagaimana dengan Jimny baru ini? tenaga 85 Hp dengan gear rasio Jimny bakal mampu menaklukkan medan offroad rusak sekalipun apa lagi dibekali penggerak semua roda... joss salut buat mobil legendari ini

Redi-Go Crossover Murah Datsun seharga 60 Jutaan Dijual Bulan depan

Datsun kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Datsun Redi-Go, mobil yang berjenis Crossover ini sekaligus menjadi pelengkap 2 mobil murah Datsun sebelumnya yakni Datsun Go dan Gatsun Go+. 
Jika kedua mobil murah datsun sebelumnya sudah dijual di Indonesia, Redi Go ini masih dijual di India (belum masuk Indonesia) dimana India adalah negara pertama yang mengeluarkan Datsun Redi Go.
Rencananya Bulan April 2016 ini Datsun sudah didistribusikan ke konsumen di India atau resmi dijual, nantinya sangat dimungkinkan jika Datsun Redi-Go juga bakal mengaspal di Indonesia dan menjadi pelengkap dua model mobil murah datsun sebelumnya yang mana nantinya ada 3 mobil datsun di Indonesia yakni:
1. Datsun Go : berjenis City Car
2. Datsun Go+ : berjenis MPV
3. Datsun Redi Go: berjenis Crossover Compat
Nah bakal semakin lengkap jajaran mobil datsun, setelah memiliki city car dan MPV kini akan mengeluarkan Compact SUV atau Crossover.

Saturday, March 26, 2016

Gambar dan Spesifikasi KIA Sportage 2017

Beberapa hari ini heboh bahwa KIA Motors akan mengeluarkan produk terbarunya pada tahun 2017, Kia Sportage mobil berjenis Crossover ini sekarng mengalami pembaruan yang cukup signifikan di semua aspeknya. 
Pada bagian eksterior Sportage terbaru tidak lagi memakai garis-garis tajam pada lekuk bodynya, Headlamp juga dibuat lebih sipit dan lebih tinggi untuk memperbaiki kualitas pencahayaan dan memperbaiki tampilan Crossover Compact dari KIA ini.
Unik lagi pada lampu kabut berjumlah 4 lampu kecil pada tiap sisi sehingga total ada 8 lampu kecil, sedangkan bagian grill didesain ulang lebih casual sehingga terlihat lebih sopan saja mobil ini. Pada bagian velg juga dirubah dengan memberikan lekuk-lekuk berubah dari yang dulunya pilar-pilar velg tegas kini diberi lekuk.
Sepertinya desain Kia Sportage 2017 ini memang secara umum menghilangkan garis-garis dan menggantinya dengan lengkung yang membuat lebih nyaman dilihat. sedangkan nantinya dimensi Kia Sportage 2017 ini mempunya panjang 4480 mm, lebar 1855, tinggi 1645 mm dan whelbase 2670 mm.
Bagian interior juga didesain lebih membulat dan menghilangkan sudut-sudut ornamen yang kasar, kesan ini lebih menekankan ke image user friendly daripada image mobil yang bertenaga, meskipun mobil ini tenaganya juga terbilang besar (konsep desainnya saja yang berubah). Mengenai fitur yang dibenamkan di Interiornya di klaim pihak KIA Motors bahwa mereka memasukkan teknologi mobil terkini pada bagian dalam kabin mobilnya.
Mesin Kia Sportage 2017 ini memakai 2 pilihan mesin yakni:
1. Kia Sportage diesel berkapasitas 1999 cc (2000 cc) with turbo yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 241 Hp dan torsi 352 Nm
2. Kia Sportage bensin 2400 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 180 Hp dan torsi 237 Nm
Mesin yang besar dengan tenaga yang besar ini bakal dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 kecepatan untuk menggerakkan roda depan sebagai penggerak mobil.

Mobil yang rencananya memiliki Ground Clearance 170 mm ini nantinya jika dijual di Indonesia kemungkinan akan mengalami pengurangan fitur agar harganya tidak terlalu mahal untuk dibeli masyarakat Indonesia, ujar Public Relation KIA Motors Indonesia.
Disinggung mengenai harga yang pasti tidak jauh dari harga sekarang, jika harga Sportage sekarang 460 jutaan untuk versi teratas maka kemungkinan kia sportage terbaru juga dijual segitu jika tidak terjadi perubahan harga akibat inflasi tahun depan

Friday, March 25, 2016

Tips Membeli Velg Aftermarket Bekas yang baik

Velg aftermarket adalah velg yang bukan keluaran pabrikan mobil (bukan orisinal bawaan mobil), velg aftermarket biasanya dijual di toko velg atau variasi mobil. 
Mengganti dengan velg aftermarket biasanya bisa menambah keren penampilan mobil karena biasanya velg aftermarket ini memiliki model yang lebih banyak, lebih unik dan mencerminkan jiwa pemilik mobil. Akan tetapi kesalahan memilih velg menjadikan mobil bergetar, mobil oleng, goyang.
Velg yang berkualitas untuk aftermarket bisa dibilang mahal (lebih mahal dari velg bawaan mobil), sementara disamping harus memilih velg yang baik kita juga dihadapkan pada biaya (harga velg)... Nah untuk meminimalisisr biaya pecinta otomotif bisa melirik velg bekas, meskipun bekas asalkan dipilih dengan baik juga recomended.
Jangan abaikan Kualitas Velg

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...