Wednesday, June 10, 2015

BMW X6 SUV Tenaga 306 Dk

BMW X6 sebenarnya masuk dalam kategori mobil SUV, akan tetapi pihak BMW menggolongkan mobil ini dalam SAV atau Sport Activity Vehicle yakni mobil yang sangat handal pada medan aspal (on road), meskipun kondisi aspal berair, banyak polisi tidur, licin atau menanjak mobil SAV dengan sangat mudah melibasnya. 
Artinya jika pecinta otomotif menghendaki mobil yang bisa dipacu ekstra untuk jalanan aspal yang ekstrim misalnya sering naik ke pegunungan dengan track aspal menanjak dan licin.
Nah BMW X6 ini sangat handal urusan mesin, dibekali dengan mesin berkapasitas silinder 3000 cc dengan 6 buah silinder segaris dengan teknologi twin power turbo ini mampu menghasilkan tenaga sampai 306 Dk atau 306 Ps.
Mesin BMW X6 ini mampu melakukan akselerasi dari kecepatan 0 Kpj sampai 100 Kpj hanya dalam waktu 6,4 detik (sangat agresif bukan hehehe), mobil ini juga bisa melaju dengan kecepatan maksimum sampai 240 km/jam (kecepatan yang bahkan di jalan tol indonesia orang banyak tidak berani dengan kecepatan ini).
Fitur-fitur mobil modern sudah pasti dibenamkan pada mobil canggih ini misal teknologi berkendara dengan smart all wheel drive; yakni keempat roda dibekali dengan sistem komputer canggih yang menghitung masing-masing traksi pada ban, mengendalikan putaran dan stabilitas mobil saat menikung ataupun dalam kondisi tanjakan.
sistem keselamatan aktif dan pasif (pencegahan dan saat terjadi benturan) semua sudah terkomputerisasi dengan banyak sensor sehingga bisa dikatakan mobil ini sangat aman dikendarai karena sistem komputer bisa mendeteksi jarak dengan benda-benda disekitar mobil bahkan bisa mendeteksi garis jalan; apabila mobil melenceng dari garis jalan secara otomatis komputer akan mengembalikan arah mobil.

Ada pula fitur komputer anti mundur,,misalnya pecinta otomotif mengendarai mobil ini ditanjakan dan melepas gas maka mobil tidak akan mundur/ bisa mendeteksi jalan yang tidak rata.
Sementara untuk Head Up Display BMW X6 dibekali dengan layar LED lebar dengan pencitraan 3 dimensi dalam melihat kecepatan, navigasi, panel kendali, kamera, telepon dan lain-lain.
Untuk sistem transmisi BMW X6 dibekali dengan Streptonic 8 kecepatan dan sistem padleshift, yakni sistem transmisi matic tercanggih saat ini (sangat halus, tak terasa dalam perpindahan giginya akan tetapi tenaga yang disalurkan ke roda dari mesin selalu penuh), juga dibekali dengan padle shift yang langsung bisa mengganti sistem transmisi menjadi manual dengan merubah 2 tuas kopling yang terletak dibelakang lingkar kemudi. jadi pada dasarnya mobil ini bertransmisi matic tetapi jika diperlukan driver bisa merubah gigi nya dengan cara menyentuh tuas padle di belakang lingkar kemudi alhasil gigi bisa dikendalikan secara manual.
Harga BMW X6 ini tergolong mahal yakni dijual 1,89 milyar rupiah off the road,

Sunday, June 7, 2015

Land Rover Discovery Sport Hadir di Indonesia

Land Rover Discovery Sport adalah mobil terbaru yang masuk dalam kelas JLR Land Rover, Discovery Sport pertama kali terlihat di pameran otomotif Paris tahun 2014 (Paris Motor Show 2014).
Land Rover Discovery Sport ini masuk dalam kategori mobil SUV atau mobil dengan kemampuan jelajah tinggi, jika di Indonesia Land Rover Discovery Sport masuk dalam kategori Premium SUV atau mobil SUV kelas atas, harga mobil ini adalah 1,59 milyar rupiah sampai Indonesia sedangkan importir yang mendatangkan mobil ini bukan dari ATPM resmi JLR akan tetapi didatangkan oleh importir umum (IU).
Mobil yang kerap disapa Disco Sport ini hadir dengan kapasitas penumpang 5 tempat duduk meskipun Discovery Sport juga memiliki varian 7 seater, pihak importir juga mengutarakan bahwa kedepan juga akan memasukkan Disco Sport 7 seater.
Dari eksterior Land Rover Discovery Sport dibangun dengan material berkualitas dan desain yang sederhana tetapi terlihat sangat fungsional. Ground clearance yang tinggi yang dipadukan dengan grill yang tinggi membuat mobil ini siap menaklukkan medan berbatu maupun jalanan tergenang air (banjir dengan ketinggian 1/2 meter.
Mobil ini terlihat modern dengan desain lampu kabut unik (berbentuk persegi panjang) dan lampu DRL yang dibenamkan pada hedlamp, sementara atap mobil yang didesain tidak terlalu tinggi membuat mobil ini terlihat cantik dan menghindari gesekan berlebih dengan udara saat melaju di kecepatan tinggi.
Land Rover Discovery Sport ini dibekali dengan mesin bensin 1999 cc atau dibulatkan 2000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sampai 240 HP dan torsi 340 Nm pada putaran mesin 1750 Rpm, mobil ini memakai sistem penggerak 4 roda independen (4x4) all Terrain Response dengan berbagai mode yang bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui bahkan sebagai mobil SUV yang mengedepankan kekuatan mesin mobil ini masih dibekali dengan mode ECO.
Pesaing mobil ini dengan harga yang sesuai adalah
* Mercedes Benz GL 400 dan ML 400 yang keluar tahun 2014 dan dijual dengan harga sekitar 1,2 M (ML400) dan 1,7 M (GL 400), dengan mesin 3000 cc mobil ini memiliki tenaga sebesar 333 Hp
New Toyota Land Cruiser yang dijual dengan harga sekitar 1,5 M memakai mesin diesel 4500 cc dan bertenaga sekitar 235 Hp.
Pada 

Memilih Ban untuk Mobil SUV

Mobil SUV makin digemari masyarakat, hal ini terbukti dari semakin banyaknya permintaan pasar atas mobil segala medan ini dan banyaknya produsen yang mengeluarkan mobil dalam tipe SUV ini, sebut saja Nissan X Trail, Honda CRV, Honda HRV, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Strada Triton, Hilux, D Max dan lain sebagainya.
Nah bagi pecinta mobil kategori baru (SUV) memilih ban yang tepat akan sangat membantu kinerja mobil dalam keadaan maksimal, sebagai catatan bahwa mobil SUV adalah mobil dengan kemampuan bermain di medan-medan berat seperti tanjakan, jalan berlumpur, licin, jalan offroad, onroad, jalan berpasir, berkerikil bahkan berbatu, jalanan dengan kondisi yang ekstrim seperti jalanan berlumut atau becek.
Ketangguhan mobil ini melewati jalanan dengan kondisi beragam inilah yang membuat pecinta otomotif sangat membutuhkan mobil ini dan bahkan menyenanginya.
Salah satu upaya menaikkan performa mobil SUV adalah mengganti ban dengan karakter yang diinginkan, paling tidak ada 3 tipe ban yang paling umum untuk mobil SUV yakni ban A/T, ban H/T dan ban M/T.
Ban A/T atau All Terrain adalah ban dengan karakter bisa dipakai di jalanan aspal akan tetapi juga bisa dipakai di jalanan offroad ringan seperti berpasir/ berkerikil/ tanah sedikit lumpur/ aspal becek, dll. Ban tipe AT ini memiliki corak gabungan antara corak aspal dan corak jalanan offroad. Nah ban AT sangat cocok untuk aktifitas dengan track aspal dan sedikit offroad seperti perkebunan dan lain-lain
Ban M/T atau Mud Terrain digunakan untuk jalanan offroad berat seperti tanah berlumpur, berpasir tebal, berlumut, berbatu besar bahkan bersalju. Ban tipe M/T ini memiliki corak kasar dengan celah yang lebar, corak kasar ini berfungsi mencengkeram jalan sedangkan celah yang besar berfungsi membuang air/ lumpur yang terjebak ditengah-tengah tapak ban dengan cepat.
Ban tipe M/T ini sering ditemui berkode M + S yang artinya Mud + Snow tapi juga sering memakai kode M/T
Ban tipe H/T atau Highway Terrain yakni ban dengan kembang yang halus dan rapat, ban tipe H/T ini digunakan untuk jalanan aspal yang halus, kelebihan ban ini di jalan aspal adalah: sangat ringan, akselerasi tinggi, tidak mengeluarkan bunyi yang berisik, tidak mengeluarkan getaran yang cukup besar (halus).
Nah ban tipe HT ini kurang bisa dipakai dijalanan offroad yang ekstrim karena tidak memiliki sistem pembuangan lumpur dan pembuangan air yang bagus dan kurang mencengkeram pada jalan offroad seperti tanah dan pasir akibatnya sering selip pada jalanan offroad. Ban kode H/T ini juga sering tertulis dengan kode HP atau Highway Performance
Nah sementara kita sudah mengetahui jenis-jenis ban mobil kemudian yang harus dicermati adalah jenis tapak/ corak ban mobil. berbagai macam corak ban mobil kini diciptakan untuk membuat mobil berjalan seperti yang dikehendaki. 
Misalnya ban tipe HT (onroad) ternyata juga bermacam-macam coraknya/ tapaknya, berbagai corak melambangkan kemampuannya dalam hal pengereman dan akselerasi, juga memperlihatkan kemampuannya melewati jalanan aspal berair dengan kecepatan tertentu nah corak ban ini sudah kami ulas pada artikel terdahulu mengenai berbagai macam corak ban dan kegunaannya
Selain mengetahui tentang jenis ban mobil dan corak ban mobil maka pecinta otomotif juga harus mengetahui kemampuam maksimum ban, misalnya ban mampu dibebani dengan berat berapa ratus kg, ban mampu dipacu pada kecepatan berapa KPJ dan ban diproduksi sudah berapa lama. nah untuk mengetahui kualitas ban baca pula artikel tentang mengetahui kemampuan maksimum ban mobil

Saturday, June 6, 2015

Avanza Facelift 2015 Perubahan pada Grill dan Bumper

Toyota kembali melakukan perubahan pada desain mobil Avanza tahun 2015, perubahan sebenarnya tidak banyak akan tetapi cukup membuat image mobil ini berubah drastis, pengubahan grill menjadi lebih luas dengan bentuk diagonal menjadikan Avanza tampak lebih dinamis dan casual, bagian depan (kap mobil) juga terlihat lebih lebar.
Selain perubahan bentuk grill seperti trapesium terbalik ini,
avanza facelift 2015 ini juga turut mengubah desain lampu belakangnya, ditambahkannya lampu hiasan (tidak menyala) pada bagian samping lampu rem membuat tampilan dari belakang Avanza Facelift terlihat modern.
Jika melihat sepintas dan mencoba kita tebak desainnya, avanza facelift 2015 memiliki kemiripan dengan Etios Valco baik dari depan ataupun belakang, akan tetapi perbedaannya avanza lebih besar dan tinggi. Akan tetapi kesan santai (casual) dan dinamis dari Etios Valco mencoba diadopsi oleh Avanza Facelift ini, paling tidak menurut www.tipsmobilbaru.blogspot.com segmen pasar avanza facelift akan ditujukan pada kawula muda yang enerjik, dinamis dan casual.
Beberapa pelaku otomotif tanah air memprediksi jika hadirnya Avanza Facelift ini akan menaikkan harga jual Avanza sekitar 15 juta rupiah. Jadi kemungkinan dengan keluarnya varian facelift ini sekaligus momen dari toyota untuk menaikkan harga jual semua produk avanza dari 10 sampai 15 juta rupiah pada masing-masing varian yang sekaligus juga untuk mengejar harga barang-barang yang naik cukup signifikan pada semester 1 tahun 2015 ini
Avanza facelift akan keluar bulan agustus 2015, ini berarti keluarnya avanza setelah hari raya lebaran,
yah kita tunggu saja varian teranyar dari avanza ini keluar

Friday, June 5, 2015

Cara Merawat Pendingin Mesin atau Radiator

Mesin akan ideal bekerja pada suhu optimal mobil, sedangkan agar suhu tetap terjaga dingin/ tidak terlalu panas meskipun mesin mobil bekerja berjam-jam maka dibutuhkan sistem pendingin mesin. 
Tanpa pendingin yang bekerja normal maka suhu mesin akan dengan cepat memanas dan mesin menjadi overheat (kelebihan panas) akibatnya mesin akan mogok/ macet saat panas berlebih tersebut, parahnya jika kerusakan sangat fatal adalah kerusakan komponen.
Nah mungkin pecinta otomotif pernah saat berpergian tiba-tiba dari ruang kap mesin mengeluarkan asap putih tebal,
atau tiba-tiba mobil mogok saat mesin digeber di tanjakan. Nah kedua hal tersebut adalah tanda-tanda paling mudah dikenali ketika terjadi overheat (mesin kepanasan), overheat ini disebabkan oleh sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik misalnya; kipas pendingin mati/ air pendingin kurang/ sumbatan pada pipa radiator/ air yangdigunakan kurang tepat/ angin pendingin tertutup kotoran/ pompa radiator mati dan lain-lain. baca tips mengatasi mogok karena kepanasan
Nah kali ini tipsmobilbaru.blogspot.com memberikan beberapa tips/ cara merawat atau memelihara sistem pendingin pada mesin mobil (radiator):

Volume Air Radiator

menjaga volume air radiator bermanfaat agar jumlah air yang mengalir untuk sirkulasi panas mencukupi, untuk melihat volume air radiator bisa dengan membukanya langsung (dalam keadaan dingin) atau dengan mengecek tabung reservoir dan memastikan bahwa volume air berada pada rentang batas low dan batas high.
Jangan membuka radiator jika mesin dalam keadaan panas karena tekanan air saat itu sangat tinggi, ketika tutup radiator dibuka dalam keadaan panas dikhawatirkan air panas akan muncrat mengenai orang yang membuka akibatnya seperti tersiram air panas.

Pakai Air Radiator yang direkomendasikan

Radiator bisa memakai air biasa (PAM/ PDAM) akan tetapi akan lebih baik jika memakai radiator coolant (cairan khusus radiator), radiator coolant selain memiliki titik didih yang lebih tinggi juga memiliki kandungan pelumas yang menjada radiator dari korosi.
Gunakan radiator coolant sebagai cairan pendingin.

Bersihkan Kondensor AC secara berkala

kondensor AC ini letaknya di sebelah radiator, kondensor AC ini sering kotor oleh debu/ lumpur/ pasir/ daun kering. Jika terlalu banyak kotoran maka udara dingin/ segar yang masuk ke radiator juga berkurang sehingga kerja sistem pendingin jadi dipaksakan (lebih sulit).; Pembersihann bisa dilakukan dengan cara menyemprot air dari kran PDAM dengan tekanan yang tidak terlalu tinggi

Putaran Kipas

Untuk mobil lama biasanya kipas mobil ada 2 yakni kipas untuk mesin dan kipas untuk AC, akan tetapi untuk mobil tahun 2000an sampai sekarang biasanya hanya memakai 1 kipas saja untuk AC dan Pendingin mesin (radiator). 1 kipas ini memiliki 2 tingkatan putaran (2 kekuatan) pastikan putaran kipas masih optimal pada 2 tingkatan kecepatan sehingga sanggup untuk mendinginkan air radiator.

Jangan lepas thermostat

Thermostat ini bertujuan mengetahui suhu mesin yang optimal dan menjaganya pada tingkatan optimal, karena jika suhu mesin terlalu tinggi maka mesin akan kepanasan dan mogok sedangkan jika suhu terlalu rendah maka konsumsi BBM menjadi lebih boros, nah jika pecinta otomotif memiliki mobil lawas dan saat melakukan service ditawari melepas thermostat jangan mau.

Membersihkan Radiator yang tersumbat

Radiator yang tersumbat menyebabkan air tidak bisa melewati celah-celah terdingin dari radiator sehingga pendinginan menjadi jauh lebih sulit, lantas bagaimana cara membersihkan air radiator yang benar? baca pada artikel berikutnya tentang tips membersihkan air radiator

Thursday, June 4, 2015

Daihatsu Copen; Mesin, Tenaga, Spesifikasi, Konsumsi BBM dan Harga

Daihatsu Copen masuk dalam kategori mobil Sport Convertible atau sering disebut Mini Roaster, mobil ini hadir dengan kemewahan yang luar biasa terutama pada desain eksterior yang mana atap mobil ini bisa dibuka tutup secara elektrik seperti mobil sport pada umumnya (Ferrari, Jaguar dan Mercedes kelas atas).
Eitsssss,,,,nanti dulu jangan samakan mobil ini dengan Ferrari/ jaguar/ lamborghini dan sejenisnya karena harga mini roadster Daihatsu Copen ini hanya 400 jutaan tentunya berbeda jauh (tidak bisa dibandingkan) dengan mobil supercar yang berharga di atas 3 milyar.
Misalnya mesin daihatsu copen ini hanya berkapasitas 660 cc dengan jumlah silinder 3 buah dan tenaga maksimum hanya 64 Hp setara dengan tenaga daihatsu Ayla..... hehehehe, akan tetapi bagaimanapun mobil berkapasitas penumpang 2 orang ini adalah alternatif bagi pecinta otomotif yang ingin memiliki mobil mini roadster tapi dengan budget terbatas dimana Daihatsu Copen sendiri adalah mini roadster termurah di indonesia untuk saat ini.

Kapasitas Penumpang Daihatsu Copen

Mini Roadster adalah mobil dengan kapasitas penumpang 2 orang saja (1 baris di depan), mobil jenis mini roadster memiliki karakteristik canvas atau atap kabin bisa dibuka tutup secara elektrik sehingga terkesan seperti mobil sport/ supercar. Daihatsu Copen juga memiliki 2 tempat duduk saja sehingga mobil ini hanya bisa diisi oleh 2 orang saja

Electric Convertible Roof

Merupakan fitur yang dimiliki daihatsu copen dimana atap mobil bisa dilipat/ dibuka dalam waktu 20 detik saat mobil dalam keadaan berhenti dengan hanya 1 kali pencet tombol, tidak semua mioniroadster memiliki fitur ini. Fitur Electric Convertible Roof ini memungkinkan pengemudi/ penumpang bisa mengendarai mobil dengan 2 mode kabin yakni kabin terbuka dan kabin tertutup sehingga lebih fun dan variatif, fitur ini juga tergolong fitur premium yang ada pada sebuah mobil

Sistem Keselamatan pada Daihatsu Copen

Daihatsu Copen meskipun atapnya bisa dibuka akan tetapi tidak lantas mobil ini tidak aman dikendarai, pihak daihatsu sendiri menyatakan bahwa keamanan dan keselamatn penumpang menjadi prioritas dari daihatsu copen sebagai mobil modern. Dibekali dengan berbagai sistem keselamatan dalam berkendara meliputi sistem keselamatan pasif (keselamatan prefentif/ pencegahan) dan aktif (sistem keselamatan saat dan setelah terjadi kecelakaan/ benturan) telah dibenamkan pada mobil ini.
Mobil yang langsung di impor utuh dari jepang ini sangat bagus dalam hal body/ plat karena pada semua sisi body dibekali dengan struktur D-Frame untuk keselamatan, struktur d frame ini seperti logam berketahanan tinggi sebagai rangka body untuk menahan benturan saat terjadi tabrakan.

Mesin Daihatsu Copen

Mesin daihatsu copen memang bisa dibilang kecil/ kurang bertenaga jika dibandingkan dengan mobil kebanyakan, tercatat mobil ini hanya memiliki tenaga 64 Hp setara dengan daihatsu Ayla. Daihatsu Copen memakai mesin berkapasitas ruang bakar 660 cc dengan 3 silinder bisa dibilang paling kecil sebagai perbandingan daihatsu Ayla memiliki kapasitas mesin 1000 cc (akan tetapi tenaga yang dihasilkan sama besar).
Meskipun tenaga mobil ini kecil tetapi kualitas dari mesin adalah sangat baik jika dilihat dari polusi yang dihasilkan baik polusi suara/ polusi udara/ polusi getaran; mesin yang sangat halus dan hemat BBM.
Konsumsi BBM daihatsu Copen adalah 1:22 di jalan bebas hambatan bisa dibilang sangat irit layaknya mobil LCGC indonesia, sistem transmisi yang digunakan adalah matic/ CVT.

Harga Daihatsu Copen dan Rival

Daihatsu Copen dijual sekitar 400 jutaan, antara 415 juta rupiah sampai 430 juta rupiah. Jika dibandingkan dengan mobil sejenis (mini roadster) yang sudah beredar di Indonesia seperti daihatsu copen termasuk yang termurah.
Eits lihat dulu pesaingnya yakni Mini Cooper yang dijual seharga 480 jutaan dengan mesin yang jauh lebih gahar dari daihatsu copen dan tenaga juga 2 kali bahkan sampai 3 kali lebih besar dari daihatsu copen tapi harganya selisih sedikit dengan daihatsu copen. baca tentang mini cooper di dini
oh iya untuk daihatsu copen pembelian bisa dilakukan dengan cara inden dulu, dan barangnya baru bisa dikirim dari jepang (jadi tidak tersedia di dealer daihatsu)
Nah sekarang pecinta otomotif bisa memilih mana yang lebih baik, mini roadster Daihatsu Copen ataukan Mini Cooper??? lihat mesinnya dan harganya

Sunday, May 31, 2015

Konsumsi BBM Mobilio Tembus 22 Km/ 1 Liter Pertamax

Honda Mobilio adalah MPV kelas bawah yang memiliki kemampuan luar biasa di kelasnya, memiliki tenaga paling besar dikelasnya yakni sampai 118 Hp jauh dibanding rival sekelasnya semisal Avanza dengan mesin paling besar dan paling baru hanya 109 Hp. Tetapi konsumsi BBM Mobilio bisa mencapai 1:22
Nah Kemarin Honda Prospect Motor melakukan event untuk mengetahui konsumsi BBM Mobilio di jalanan Indonesia khususnya Jakarta dengan tema "tantangan hemat 20 Km/ L seri 2",
event ini bertujuan selain untuk mengetahui kehematan honda mobilio juga sebagai ajang silaturahmi dan wisata bersama pecinta otomotif indonesia seperti penggemar mobilio, calon pembeli, jurnalis/ wartawan otomotif dan beberapa perusahaan yang terkait dengan otomotif Indonesia.
Rute: start dimulai di Honda Autoland (bilangan kelapa gading) dengan finish di Kebun Raya Bogor melewati Tol dalam kota dan Jagorawi. Nah kemacetan ternyata menghadang peserta di beberapa tempat (sampai 1/3 dari waktu tempuh) alhasil Konsumsi BBM pun menjadi sedikit lebih boros karena melewati jalanan yang macet tsb.
Banyak yang mengira "wah dengan medan yang dilalui bakal sulit menembus angka 20 km/ liter, akan tetapi setelah dilakukan pengecekan pada semua mobil ternyata didapatkan beberapa mobil (peserta) tetap memiliki konsumsi BBM lebih hemat dari 20 km/ liter, bahkan juara event ini mencapai konsumsi 1:22 hehehe sangat irit ya. Menurut mereka yang mencatatkan Konsumsi BBM di atas 1:20; gaya mengemudi menjadi penentu hemat atau tidaknya perjalanan selain tentunya mobil yang digunakan.
Dengan menjaga agar mobil selalu dalam keadaan ECO "indikator ECO selalu aktif/ menyala" maka mobil akan semakin efisien, menginjak gas juga dilakukan dengan halus dan juga memanfaatkan momentum saat melewati turunan. Mematikan AC, sistem audio dan hal lain yang tidak diperlukan bisa menghemat tenaga mobil, sedangkan memanfaatkan momentum turunan juga bisa dilakukan agar mobil lebih irit.
Catatan konsumsi BBM 1:22 ini lebih boros jika dibandingkan acara yang pertama sebulan yang lalu dimana Honda mobilio paling irit mencapai 1:24,5
wisata yang bertujuan mengetahui konsumsi BBM mobilio sekaligus berwisata dan bersilaturahmi ini dislenggarakan oleh HPM Indonesia tanggal 30 Mei 2015, kedepan Pihak Honda akan lebih banyak membuat acara-acara seperti ini yang melibatkan pemilik mobil ataupun club-club mobil Honda, ujar Kapel (Ketua Pelaksana Tantangan Hemat 20 km/ liter).
Catatan konsumsi BBM 1:22 ini lebih boros jika dibandingkan acara yang pertama sebulan yang lalu dimana Honda mobilio paling irit mencapai 1:24,5

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...