Wednesday, April 29, 2015

Manfaat Ban Mobil dan Cara Mengetahui Kualitas Ban

tipsmobilbaru.blogspot.com - Ban mobil memiliki fungsi utama: menahan beban mobil, penerus tenaga mesin dan rem, menyerap getaran/ benturan dengan jalan, penerus kontrol rem. 
gambar 2
Banyak pecinta otomotif meremehkan kegunaan dari ban mobil ini padahal sangat vital baik sebagai peningkat performa ataupun meningkatkan safety kendaraan. kali ini tipsmobilbaru.blogspot.com akan kembali mengulas manfaat ban mobil dan
beberapa tips tentang ban mobil.
gambar 3

Manfaat Utama Ban Mobil

1. Sebagai penyangga beban, dalam hal ini ban mobil berperan seperti kaki pada manusia yang menyangga keseluruhan beban mobil. Beban mobil menjadi meningkat kala membawa penumpang dan barang, sementara dari pabrikan otomotif sebenarnya telah memberi rekomendasi tentang beban maksimal yang bisa ditampung mobil. Pabrikan ban juga memberi batas berapa kemampuan ban dalam menahan beban. 
Nah biasanya 1 ban memiliki kode-kode tertentu yang salah satunya menampilkan kekuatan maksimum menahan beban, berikut adalah kode dan beban maksimumnya
Kode Indeks Beban
Beban Maksimum Ban (Kg)
62
265
63
272
64
280
66
300
68
315
70
335
73
365
75
387
80-89
450-580
90-100
600-800

kolom 1
Misalnya pada gambar di bawah ini disajikan contoh ban mobil, dan kita gunakan untuk mengidentifikasi spek ban mobil
Nah kode beban adalah dua angka dari belakang yakni 88, artinya 1 ban ini memiliki kemampuan menahan beban sebanyak 550 kg (sesuai dengan kode indeks beban di atas), jika 4 ban maka ban mobil bisa menahan beban seberat 2200 kg. Nah perhitungkan berat kosong mobil, misalnya berat kosong mobil 1600 kg maka total beban yang dimasukkan tidak boleh lebih dari 500 kg. pecinta otomotif bisa mengira-ngira sendiri.
2. Sebagai penerus tenaga dari mesin dan pengereman, ban mobil menjadi komponen yang paling banyak bergesekan dengan bagian luar mobil (dalam hal ini permukaan jalan). Nah pada dasarnya ban mobil juga memiliki batas kecepatan saat melaju dan sudah disesuaikan dengan kemampuan menguragi lajunya (rem). Nah pada gambar 1 batas kecepatan yang bisa digigunakan adalah yang paling belakang yakni kode "S"
berikut adalah kode kecepatan beserta artinya (kolom 2)

Kode
Kecepatan (Km/Jam)
P
150
Q
160
R
170
S
180
T
190
H
210
V
240
W
270
Y
>300

Kolom 2
untuk kode S artinya ban mobil bisa dipacu sampai kecepatan 180 km/ jam,,,, hehehe jangan lebih ya :-)
3. Ban mobil bermanfaat sebagai peredam kejut saat mobil menghantam jalan yang tidak rata misalnya berbati-batu atau bergelombang, nah yang terkait dengan ini adalah material ban. Pilih ban dengan material yang berkualitas, berikut ulasan tentang material ban
Sedangkan fungsi peredaman ini terkait erat dengan tekanan angin ban, artinya tekanan udara ban yang ideal mampu mengurangi kejut pada mobil juga bisa mempertahankan performa mobil saat melaju pada kecepatan yang cukup. Biasanya tekanan maksimum yang diperbolehkan tertera pada samping ban (dinding ban) dan satuannya Psi, yang ditampilkan pada gambar 2
pada gambar 2 terlihat maksimum tekanan angin adalah 35 Psi, jangan dipompa lebih dari itu karena ban mobil bisa meledak/ karet bisa rusak. Tips untuk tekanan udara pada ban mobil (khususnya kendaraan pada umumnya) memang biasanya tak lebih dari 35 Psi, biasanya berkisar pada 28 Psi sampai 34 Psi tergantung jenis mobil dan kemampuan ban, misalnya untuk sedan biasanya dipompa antara 28 sampai 32 Psi (tergantung kebutuhan), sedangkan mobil MPV atau niaga biasanya dipompa dari 30 Ps sampai 34 Psi.
 4. Ban sebagai kontrol kemudi, ban yang berkualitas bisa dengan akurat membelokkan mobil seperti yang diinginkan pengemudi. Kemampuan steering (mengarahkan mobil) ini selain didukung oleh material ban yang berkualitas, tekanan ban yang optimal, kecepatan yang optimal dan tahanan beban yang tidak melebihi batas juga dipengaruhi oleh karakteristik ban atau corak ban.
Ban dengan karakter kasar (bercorak kasar) lebih permukaan jalan aspal sehingga lebih stabil, luas permukaan yang lebar juga meningkatkan daya cengkram ban sehingga tidak tergelincir. Akan tetapi ban yang lebar dan kasar juga memiliki kelemahan yakni berat, kerja mesin menjadi lebih besar akibat ban mencengkeram jalan dengan erat yang berbeda dengan ban yang memiliki luas permukaan kecil dan coraknya halus. Berikut adalah artikel yang khusus membahas tentang corak ini dan Jenis-jenis corak ban mobil
Pada gambar 3 terlihat ban dengan corak yang kasar, memiliki kemampuan mencengkeram permukaan jalan dengan erat, akan tetapi kerja mesin juga lebih berat.
Sedangkan pada gambar 4 adalah material ban dan rib/ corak ban tertentu (salah satu jenis corak ban)

Umur ban Mobil

Umur ban atau tahun pembuatan ban mobil ini sangat penting untuk diketahui, prinsip dari karet adalah semakin lama maka karet akan kehilangan elastisitasnya (daya lentur) sehingga ban menjadi mengeras dan kehilangan kemampuan peredan kejutnya ataupun kemampuan lain seperti akselerasi atau kemampuan menahan bebannya. Nah untuk mengetahui kapan ban tersebut diproduksi bisa melihat pada 4 digit angka yang terdapat di samping mobil seperti pada gambar 5 ini
gambar 4
Yang dilihat adalah kode 51 dan 01, kode 51 (dua digit pertama) mengartikan minggu dibuat sementara 01 (dua digit kedua) mengartikan tahun dibuat. Maka bisa dibaca jika ban ini diproduksi pada minggu ke 51 tahun 2001, contoh lain seperti pada gambar 7
gambar 5
Sebisa mungkin pilihlah ban yang masih baru, saran dari tipsmobilbaru.blogspot.com paling lama pecinta otomotif membeli ban yang dibuat 2 tahun terhitung dari saat pecinta otomotif akan membelinya (maksimum 2 tahun, selebihnya kami tidak menyarankan).
gambar 7, kode tahun produksi ban
Banyak tips-tips lain yang telah kami tulis baik mengenai ban ataupun komponen mobil lainnya, pecinta otomotif bisa mencarinya di artikel terdahulu kami, ok tetap safe drive

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...