Mitsubishi L300 atau dikenal dengan L sapek adalah mobil Niaga (pikup) yang sudah lama beredar sejak tahun 1984, kala itu Mitsubishi L300 ada yang bermesin bensin dan bermesin diesel (kita bahas yang diesel saja) karena L300 bensin kurang diminati dan dihentikan produksinya tahun 2000.
Mitsubishi L300 ini menjadi andalan banyak pengusaha untuk angkutan barangnya, selain memiliki sasis yang kuat dan body yang kuat, mobil ini juga dibekali dengan mesin diesel yang sangat tangguh untuk pekerjaan berat (perjalanan jauh sampai antar propinsi) maupun perjalanan di medan tanjakan curam yang mobil pickup lain sudah tidak mampu melewatinya.
Kelebihan Mitsubishi L300
Jika admin berkunjung ke daerah ngadas bromo, mobil L300 ini terlihat sering lalu-lalang membawa pupuk dan hasil tani, padahal medannya terbilang sangat curam dan panjang... Sedangkan mobil-mobil bensin sudah sangat sulit melewatinya, motor saya saja mundur naik medan ngadas-bromo ini.
Artinya mobil ini benar-benar tangguh, ketangguhannya pun diakui teman admin tipsmobilbaru.blogspot.com yang sering membawa mobil L300 tua, meskipun sudah lama tapi untuk tanjakan sangat handal.
Ini adalah salah satu kelebihan mesin diesel yakni memiliki torsi yang besar, meskipun tarikan sedikit terlambat tetapi untuk membawa muatan/ beban mesin diesel sangat handal (karakternya torsi besar). Selain itu mesin diesel lebih irit bahan bakar daripada mobil mesin bensin dengan kapasitas mesin yang sama. Satu kelemahan mesin diesel adalah kurang nyaman dikendarai karena getaran mesin yang besar, suara mesin yang keras dan polusi udara yang lebih banyak daripada mesin bensin... baca mesin diesel vs bensin
Kekurangan Mitsubishi L300
Nah kekurangannya tentunya pada kenyamanan, jika dinaiki terasa seperti truk yang (getarannya, suaranya sampai asap knalpotnya), ini berbeda dengan mobil pikup bensin yang relatif lebih halus mesinnya dan lebih nyaman dikendarai.
Kekurangan lain adalah pada harga dimana L300 terbilang mahal dibandingkan mobil pikup lain, Mitsubishi L300 saat ini dijual paling murah 173 jutaan OTR Jabotabek, coba bandingkan dengan rivalnya misalnya Mitsubishi LT120SS yang harganya 110 jutaan. Jauh bukan? ya karena harga mesin diesel memang mahal, selain itu kemampuan mobilnya juga berbeda (daya muat dan ketahanan mesinnya).
Sejarah Mitsubishi L300
Mobil ini keluar pertama kali tahun 1984, saat itu L300 memakai mesin yang lebih kecil dari saat ini yakni berkapasitas 2300 cc, memiliki tenaga 65 Hp pada 4200 Rpm dan torsi 137 Nm pada 2000 Rpm, mesin ini bertahan hingga Tahun 1988 dan pada tahun tersebut (1988) Mitsubishi L300 dibekali dengan mesin baru yakni berkapasitas 2500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 74 Hp pada 4200 Rpm dan Torsi juga meningkat menjadi 142 Nm pada 2500 Rpm. Mesin Diesel 2500 cc konvensional ini bertahan sampai saat ini (2017).
Spesifikasi Mitsubishi L300
Nah bagi yang ingin membeli kendaraan niaga yang handal untuk keperluan medan berat atau perjalanan jauh sampai berhari-hari sangat cocok menjatuhkan pilihan ke mobil ini, berikut sebagai bahan pertimbangan Spesifikasi Mitsubishi L300 Diesel:
Dimensi
Panjang: 4170 mm
Lebar: 1700 mm
Tinggi: 1845 mm
Ukuran kargo: 3880 meter persegi
Ground Clearance: 200 mm
Jarak sumbu roda: 2200 mm
Berat kosong mobil: 1165 Kg
Berat maksimum mobil + muatan: 2540 Kg
Daya muat maksimum: 1375 Kg
Kapasitas penumpang: 3 orang
Radius putar: 4,4 meter
Mesin
Tipe: Diesel
Bahan Bakar: Solar
Kapasitas: 2477 cc
Jumlah silinder: 4 (segaris)
Tenaga: 74 Hp @ 4200 Rpm
Torsi: 13,6 Kgm @ 2500 Rpm
Sistem Pasokan bahan bakar: multi point injection
Sistem Transmisi: manual 5 percepatan
Fitur dan Sasis
Sistem kemudi: Power steering
Sistem penggerak: roda belakang
Rem depan: cakram
Rem belakang: Drum, leading, trailing
Suspensi depan: Double wishbone, coil spring
Suspensi Belakang: Semi eliptic leaf spring
Harga L300
Mitsubishi L300 dijual mulai 173 Juta rupiah (versi standart) On The Road Jabodetabek, berikut adalah detail harga pick up L300:
- L300 Pick Up Standart: 173 Juta Rupiah
- L300 Pick Up Flatbed: Rp. 173,5 Juta
- L300 Cab Chasiss: Rp. 168,5 Juta
- L300 Bus Chasiss: Rp. 173,5 Juta
- L300 Minibus Standart Highroof Deluxe AC: 217,5 Juta
Nah dari varian diatas terlihat bahwa L300 juga tersedia dalam bentuk minibus (bukan pickup), harganya sekitar 217 Juta rupiah... Nah pecinta otomotif yang ingin memiliki mobil minibus handal bisa memilih yang varian terakhir tersebut, biasanya banyak digunakan untuk travel ataupun angkutan pedesaan.
Rival
No comments:
Post a Comment