Tuesday, May 10, 2016

Honda CR-V 2017 muat 7 Penumpang, mesin lebih kecil, Dimensi lebih panjang

Honda CR-V yang keluar tahun 2017 rencananya banyak mengalami perubahan, Honda akan mengubah volume mesin CR-V menjadi lebih kecil (kapasitas dan ruang bakarnya) yakni 1,5 liter with turbo, 2.0 L turbo dan mesin diesel 1.6 L I-dtec. 
kursi, penumpang, 7, seaters, honda, crv, kabin, interior, spesifikasi, jok
Upaya memperkecil volume mesin adalah untuk mendapatkan konsumsi BBM yang lebih hemat, akan tetapi resikonya tentunya tenaga bakal turun akan tetapi hal ini sudah disiasati dengan menambahkan turbo untuk mendongkrak tenaga mobil.
Honda CR-V 2017 selain mengubah mesin ternyata juga mengubah dimensi mobilnya atau ukuran mobilnya, dimana nantinya Honda CR-V 2017 bakal memiliki panjang wheelbase 2700 mm dengan target bisa membawa 7 orang penumpang. Honda telah memutuskan bahwa CR-V terbaru bakal bisa memuat 7 penumpang (ini yang disukai masyarakat indonesia ya, selain lebih irit penumpang juga lebih banyak...kalau mau kebut-kebutan juga bisa dengan mengaktifkan turbonya :-D ).
Sebelumnya panjang wheelbase Honda CR-V tahun 2016 adalah 2620 mm sehingga cukup sulit jika ditambahkan kursi pada baris ketiga, andaikata bisa maka jaraknya terlalu sempit dengan kursi depannya sehingga mengurangi kenyamanan penumpang, nah dengan penambahan panjang wheelbase sebanyak 8 cm ini memungkinkan penambahan kursi pada baris ketiga dengan nyaman.
Semakin panjang sumbu roda mobil maka mobil akan semakin nyaman/ stabil dan juga lebih memungkinkan untuk menambah ukuran sasisnya dan bodynya.
Nah sekarang jelas bukan bahwa Honda dalam menambah panjang bodinya untuk menaruh kursi baris ketiga, tidak hanya asal menambah ukuran kabin saja akan tetapi juga mempertimbangkan kenyamanan berkendara dan keselamatan penumpang dengan mengubah sasisnya dan memperpanjang wheelbasenya.
Saat ini Honda CR-V terbaru ini masih di uji di Eropa yang rencananya bakal dikeluarkan di benua eropa akhir tahun 2016, serta bakal dikeluarkan di negara-negara lain di dinia tahun 2017 mendatang. Jika melihat trand mobil honda memang rata-rata mobil-mobil barunya mesinnya dirubah lebih kecil ya akan tetapi dengan ditambahkan turbo, lihat saja honda freed terbaru yang mesinnya juga diperkecil menjadi 1000 cc padahal sebelumnya 1500 cc, honda civic generasi 10 juga diperkecil. Nah ini mungkin trand kedepan mobil bakal memiliki mesin yang lebih kecil akan tetapi dibenami turbo, tujuannya (mesin kecil) adalah untuk efisiensi bahan bakar sedangkan penambahan turbo tujuannya adalah agar tenaga masih tetap besar saat diperlukan (turbo akan aktif dan terjadi lonjakan tenaga saat dibutuhkan)
Tenaga maksimum honda CRV 1500 cc ini adalah 174 Hp dan torsi maksimumnya adalah 220 nm, wah besar banget ya untuk ukuran mesin 1500 cc :-), honda jazz saja tenaganya hanya 120 Hp... maklum mesin baru ditambah turbo lagi, nah kelebihan lainnya mesin kecil ini irit bro, gak boros seperti CRV lama :-)
Update, Honda CR-V sudah resmi keluar di Indonesia, berikut ini adalah tampilan atau gambar atau foto Honda CR-V 2017 Indonesia
Gambar paling bawah (CRV putih) adalah varian CR-V modulo, akan tetapi varian lain tidak jauh berbeda.
Harga Honda CR-V Turbo
Honda CR-V sudah resmi keluar dan bisa dipesan, untuk harga memang secara resmi belum keluar akan tetapi dari bocoran beberapa sales Honda bahwa harganya berkisar antara 420 sampai 510 juta rupiah. Berikut adalah rinciannya:
Honda CR-V 2.0 : Rp. 421 Juta
Honda CR-V 2.0 Prestige : 460 Juta Rupiah
Honda CR-V 1.5 Turbo : Rp. 462 Juta
Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige: Rp. 510 Juta
Harga CR-V 2017 tersebut sudah On The Road DKI Jakarta
Jika dilihat dari daftar harganya maka CR-V 2-17 memiliki 2 pilihan mesin yakni 1.5 (dengan Turbo) dan 2.0. Saat ini untuk varian 2.0 turbo masih belum tersedia
Kekurangan Honda CR-V 7 Seater
Ibarat tak ada gading yang tak retak, ditengah barbagai fitur serta tenaga yang besar dipadukan dengan harga yang relatif murah untuk kelas middle SUV ternyata Honda CRV 7 seater ini juga memiliki kelemahan, yakni pada sistem penggerak yang hanya memakai roda depan saja.
Kelasnya Honda CR-V bukan Low SUV melainkan sudah middle SUV, harganya sekelas dengan Fortuner atau Pajero...nah mobil SUV kelas ini seharusnya sudah memiliki penggerak 4x4, atau minimal untuk SUV adalah penggerak roda belakang.
Kekurangan penggerak roda depan akan sangat terasa saat melewati jalanan tanjakan, terlebih jika jalan bukan aspal melainkan tanah atau makadam atau jalan licin sehabis hujan,,,mobil penggerak roda depan seperti Honda CR-V bakal kewalahan meskipun tenaganya besar, karena penggerak roda depan hanya akan spin atau roda berputar ditempat saat di tanjakan dengan jalan aspal yang licin/ jalan non aspal, berbeda dengan penggerak roda belakang yang di tanjakan masih bisa menanjak karena saat menanjak tumpuan mobil (beban) akan berpindah ke belakang tepat pada roda belakang sehingga tambah kuat.
interior, Honda CRV, dashboard, fitur, panel, gambar, kabin, hitam, stir, sistem audio
Penggerak depan, saat menanjak maka tumpuan beban akan berpindah ke belakang secara otomatis sehingga bagian depan menjadi sangat ringan dan ban kekurangan grip, sedangkan grip bagian belakang menjadi sangat besar dan beban menjadi berat, hal ini yang akan menarik mobil kebawah (sering spin). Berikut adalah ulasan mengenai kekurangan mobil penggerak roda depan

3 comments:

  1. bro.. masa panjang crv cuma 2700mm? cuma 2,7 meter dong.. agya aja udah 3,6 meter.. apakah maksudnya 4700mm gan? mungkin perlu di perjelas, 2,7 meter dari mana ke mananya.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bro,,, panjang wheelbasenya itu...maaf ntar ane benerin ya trims koreksinya,,,

      Delete
    2. sama-sama bro.. Salam otomotif!

      Delete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...