Wednesday, March 29, 2017

Beli Sparepart Original di Bengkel sembarangan, Awas Bahayanya!

Membeli sparepart mobil asli yang berlabel "Original" sekarang sangat berresiko, terutama jika kita membeli sparepart yang orisinil di toko/ bengkel mobil sembarangan (tidak resmi) karena saat ini banyak sekali barang palsu (hampir semuanya palsu). 
Memasang sparepat palsu sangat berbahaya untuk keselamatan berkendara, jauh lebih berbahaya dari merk yang tidak terkenal sekalipun. Mengapa? merk tidak terkenal masih memiliki pabrik yang jelas dan ijin usaha serta memenuhi SNI, tapi jika barang palsu meskipun berlabel ada tulisan asli buatan Suzuki Genuine Part tapi itu hanya tulisan saja, tidak jelas siapa yang membuat, kualitasnya tanpa standart dan tidak ada yang bertanggung jawab atas barang tersebut.
Meskipun bukan Merk SGP tapi ini asli merk fumatsu jepang
Istilahnya jika air minum kemasan ada merk Aqua yang terbaik, lalu disusul Club dan Total. Jika tidak ada Aqua kita minum Club atau total tidak masalah, asalkan jangan minum Aqua tiruan karena bisa saja airnya diambilkan dari air sawah atau sungai karena memang merk palsu. Air Aqua palsu (meskipun berlabel) ini jauh lebih berbahaya dikonsumsi daripada merk Total yang merupakan produk nomer 3, Total masih aman dikonsumsi sedangkan Aqua palsu bisa jadi mengandung bakteri salmonela/ E coli/ Detergen/ kandungan limbah pabrik yang mencemari air sungai.
produk yang palsu tidak sepresisi ini, meskipu bukan merk SGP tapi dibuat oleh pabrik yang bertandar SNI
Ibaratnya seperti itu awas produk original yang dijual di toko sparepat (bengkel mobil) saat ini banyak sekali yang tiruan dan sangat berbahaya jika kita gunakan, karena merusak komponen lain seperti Cakram/ Tromol/ Hidrolis/ sistem pengereman lain. Disamping itu produk Aspal (Asli tapi palsu) ini jika kita gunakan maka keselamatan berkendara kita yang jadi taruhannya, apa lagi mobil kerap membawa keluarga kita.
Saya mendapatkan sparepart Aspal
Kebetulan tadi pagi saya hendak menyervice mobil ke bengkel terdekat (bengkel langganan saya), meskipun bukan bengkel resmi tapi garapannya sangat bagus dan memperhatikan detail sehingga setelah mencoba 2 kali ke bengkel tetangga ini saya puas dan berlangganan di bengkel dekat rumah ini. Satu kelemahannya bengkel rumahan ini yakni tidak menyediakan sparepart, sehingga untuk sparepart saya harus cari sendiri.
Agenda service saya kali ini adalah service mesin ringan (tune up) dan service rem sekalian mengganti kampas rem dan menguras minyak rem, yang saya perlukan antara lain minyak rem dan kampas rem. Oh iya mobil saya adalah Suzuki Katana keluaran Tahun 2000, Saya menuju toko onderdil yang paling besar di kecamatan saya yakni Toko Abadi Motor, saya bertanya Pak ada kampas rem orisinal Suzuki Katana?
Pihak toko onderdil yang sekaligus bengkel tersebut mengatakan tidak ada yang Ori, yang ada hanya KW... lalu sayapun berterimakasih dan mengatakan ingin mencari ke toko lain. Tujuan saya adalah kota terdekat yakni Kota Batu, kebetulan saya tinggal di Kabupaten malang yang bagian atas (lebih dekat ke kota batu daripada ke kota malang).
Di kota batu ada benyak toko onderdil mobil besar-besar semua yang saya tuju, ada 2 toko sparepart besar yang saya tanya dan mengatakan tidak ada Kampas Rem Suzuki Katana Orisinil (pikirku sulit amat cari yang orisinil ya).
Akhirnya sampai pada toko ke 4, Pak ada Kampas Rem Suzuki Katana Orisinil? oh ada mas sebentar saya ambilkan... tak beberapa lama pihak toko membawa barangnya yang masih dibungkus dengan tulisan Suzuki Genuine Part. Wah ternyata disini ada (pikirku). Selanjutnya saya dialog dengan toko:
Saya: Pak ini beneran orisinil?
Toko: iya mas, ini orisinil
Saya: oh ya, berapa harganya?
Toko: 90 ribu mas
Saya: ini 90 ribu semuanya (kampas belakang kanan kiri)
Toko: iya mas semua ini 90 ribu
Saya berpikir: murah amat cuma 90 ribu, harusnya 200 ribuan nih, atau paling tidak diatas 150 ribu
Saya: yaudah saya beli ini saja, (pikirku lumayan dapat murah)
Sambil mempersiapkan uang
Saya memperhatikan kampas rem tersebut, saya liat kemasannya dan saya buka saya liat barangnya... Kok kampasnya keras ya (saya raba). Saya liat lagi kemasannya tapi ada hologramnya Suzuki (mungkin perasaan saya saja berpikir yang enggak-enggak).
Salah satu pegawai kemudian menyeletuk: iya mas ini Orisinal KW,,,, wahh saya mulai curiga dengan kata "Orisinal KW"
Artinya ini palsu dong, benar ada tulisannya Suzuki dan ada hologramnya akan tetapi sekarang kan teknologi sudah maju yang mana hologram bisa dipalsu juga (wah kena saya, kena nih....)
Daripada malu akhirnya saya bayar saja 90 ribu karena sudah mengatakan deal, lalu mobil saya hidupkan sambil berpikir harusnya ini tidak saya beli...kalau saya beli bisa membahayakan saya! oke saya cari cara bagaimana mengembalikan barang palsu ini. Lalu mobil saya putar balik, spontan di pikiran saya lebih baik saya make merk lain yang asli dengan SNI daripada makai merk SGP tapi palsu. Istilahnya mending minum air minum Total Asli daripada minum Air Aqua Palsu dari air sungai.
Akhirnya saya ke toko tersebut dan menjelaskan bahwa ini adalah bukan original melainkan original tembakan atau Asli Palsu, berikut percakapan saya dengan pemilik toko:
Saya: mbak saya mau tukar Kampas rem yang tadi dengan yang merk lain, karena ternyata ini bukan Original
Toko: ini original mas, asli
Saya: iya ini tulisannya original, tapi tembakan alias palsu
Toko: oh gitu ya? iya deh
Saya: Coba yang merk MG tadi berapa harganya?
Toko: yang merk MG lebih mahal dari originalnya mas, merk MG harganya 125 ribu sedangkan originalnya 90 ribu
Saya: Iya gak apa-apa saya beli yang MG itu deh, nih saya kembalikan yang original mbak, daripada saya celaka make yang original palsunya ini :-D
Saya: sekalian deh kampas rem depannya saya beli juga yang merk apa itu saya lupa, pokoknya yang bungkus hitam...
Akhirnya kampas rem Aspal yang saya beli tadi saya tukarkan dengan yang merk MG dengan menambah uang 35 ribu rupiah, sekalian beli kampas depannya.
Tanda-tanda Sparepat Aspal
Sebenarnya jika kita mau jeli kita bisa bisa mengetahu sparepart Orisinal beneran atau Orisinal bohongan (Aspal), berikut ini adalah cirinya:
- Harga Sprepart Aspal jauh lebih rendah daripada harga aslinya, misalnya harga aslinya 170 ribu maka yang aspal bisa 90 ribu.
- Harga Sperepart Aspal bahkan dibawah harga sparepart merk lain, misalnya harga Suzuki Genuine Part (SGP) Asli adalah 170 ribu, harga s[arepart merk lain (misal MG) adalah 125 ribu, dan harga SGP bohongan (palsu) adalah 90 ribu.
- Kemasan Sparepart Orisinal Asli biasanya lebih berkualitas; seperti kardusnya, cetakan tulisannya jelas, gambarnya jelas.
- Kemasan Sparepart Orisinal bohongan (aspal) biasanya: tulisannya tidak jelas, warnanya lebih cerah (merah menyala/ hujau menyala, dll), tulisan pada hologram juga tidak sejelas yang asli.
Produsen adalah pabrik yang memenuhi standar yang ditetapkan
- Produk Original Asli biasanya tidak ada cacat dalam pembuatannya, tidak ada logam sisa pengecoran (semua presisi). Material yang dipakai juga lebih bagus (misalnya lebih empuk dan tidak keras), jika jeli kita bisa membedakan dari warna dan tekstur barangnya
- Produk Aspal: biasanya ada sisa-sisa logam pengecoran, produk dicor/ dibuat kurang rapi, material yang dipakai tidak berkualitas, biasanya barangnya lebih berat, barang terlihat jelek, tidak presisi dan dibuat asal-asalan.
Cara Membeli Sparepart Original Asli
Jika ingin membeli sparepart yang benar-benar asli maka belilah di Bengkel resmi pabrikan: misalnya untuk Suzuki ya di Dealer/ bengkel resmi Suzuki (UMC untuk kota Malang), mobil Toyota beli di Auto 2000, mobil Honda beli di Honda Mandalasena, dan lain-lain
mobil yang ditangani di bengkel resmi suzuki
Jangan mencoba-coba beli di bengkel meskipun bengkel tersebut terlihat besar dan lengkap, karena biasanya barang asli hanya dijual terbatas di dealer resmi sedangkan barang asli yang dijual di toko-toko onderdil biasa adalah barang Palsu yang mirip aslinya tapi secara kualitas jauh sekali dibandingkan Aslinya.
Memang ada beberapa toko (di kota malang hanya ada 1 toko) yang hanya menjual barang orisinil (asli), dan biasanya toko tersebut bekerjasama dengan dealer resmi...akan tetapi toko tersebut tidak menjual barang selain barang orisinil. Harganya pun juga mahal (lebih mahal dari bengkel resmi). Tidak apa-apa membeli di toko yang khusus menyediakan barang original, akan tetapi jika toko tersebut juga menjual barang palsu maka jangan coba-coba membeli disana karena akan kena yang palsunya.
suasana di bengkel resmi suzuki
Lebih baik memang membeli di bengkel resmi pabrikan, beli di dealer yang juga menyediakan jasa service dan sparepart.  Nyawa kita lebih berharga bro,,, jangan ambil resiko
sekarang kapok deh beli sparepart yang urgen di bengkel sembarangan, mending ke bengkel resmi... sedikit agak mahal tapi lebih tahan lama, tidak merusak komponen lain dan yang terpenting selamat dijalan (tidak kecelakaan)

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...