Tuesday, April 12, 2016

10 Tips Menghemat BBM Mobil

Menghemat bahan bakar dapat menghemat uang anda karena harga BBM makin hari tidak makin turun akan tetapi makin naik, nah berikut ini tipsmobilbaru.blogspot.com menyajikan 10 cara sederhana yang bahkan bisa dilakukan siapa saja untuk menghemat bahan bakar:
Melakukan Perjalanan lebih Sedikit
Saat pecinta otomotif menghidupkan mesin pada saat mobil dalam dingin, maka mobil membutuhkan banyak BBM untuk 10 menit pertama.. 
hindari melakukan perjalanan yang sedikit-sedikit tapi sering, lebih baik satukan perjalanan dalam sekali perjalanan,,,kadang-kadang hal ini tidak memungkinkan saat kita harus menjemput anak-anak dari sekolah kemudian berangkat kerja, akan tetapi paling tidak pecinta otomotif bisa menggabungkan jadwal ke toko atau supermarket lainnya dengan sekali jalan
Hindari melakukan perjalanan di jam sibuk
Menghindari kemacetan adalah poin yang sangat penting untuk menghemat bahan bakar, sebisa mungkin hindari daerah macet... atau jika tidak bisa menghindari daerah tersebut maka pertimbangkan waktunya, jangan berkendara pada jam-jam sibuk misalnya saat berbarengan dengan orang berangkat/ pulang kerja..
Saat macet pengemudi membutuhkan gigi 1 untuk berjalan dan ini menguras banyak BBM, posisi gigi 1 dan gigi 2 bisa dibilang sama borosnya...nah jika sering terjebak dalam kondisi macet maka pecinta otomotif bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil hybrid yang lebih hemat bahan bakar
Tutup jendela dan sunroof
terutama saat perjalanan luar kota/ pada kecepatan tinggi... kaca jendela dan sunroof jika dibuka maka akan menyebabkan masuknya udara dan juga mobil kehilangan kemampuan aerodinamisnya sehingga selain kurang stabil maka laju mobil juga makin berat akibat banyaknya halangan yang bersentuhan dengan angin....
Lepaskan roof rack dan roof bock
penggunaan roof rack dan roof box hampir sama dengan poin diatas yakni merubah bentuk mobil sehingga permukaan yang bergesekan dengan udara makin besar dan juga makin telak... banyak yang mengatakan memasang roof box seperti memasang mobil tambahan diatas mobil sehingga saat melaju pada kecepatan tinggi kerja mesin harus ekstra untuk melawan gesekan dengan udara...
Jika tidak dipergunakan alangkah baiknya roofbox dan roof rack ini dilepas
Jangan membawa beban terlalu banyak
Membawa beban yang tidak perlu bisa menambah bobot mobil, makin besar bobot mobil maka tenaga untuk menggerakkan mobil juga makin besar, nah jika ada banrang yang tidak diperlukan dalam mobil ada bainya diturunkan... tidak dibawa kemana-mana
Akselerasi halus
Dalam melakukan akselerasi/ percepatan sehalus mungkin, lebih baik mengendarai mobil dengan kecepatan yang konstan atau stabil pada kecepatan tertentu.. untuk jalan bebas hambatan kecepatan yang ideal adalah 80 km/ jam, usahakan stabil pada kecepatan itu saat di jalan TOL... jika mobil dibekali cruise control akan sangat terasa saat melewati jalan bebas hambatan
Jangan menginjak gas terlalu dalam
nah ini biasanya dilakukan saat akan berpindah gigi ke yang lebih rendah misalnya dari 2 ke 3 maka pecinta otomotif menginjak gas terlalu dalam dan bahkan lama, hal ini sebenarnya tidak perlu karena bisa menguras banyak BBM, cukup gunakan kopling dengan tepat
Matikan AC
Untuk menghemat BBM ada baiknya pecinta otomotif mematikan AC meskipun kenyamanan berkendara menjadi berkurang akan tetapi jika jumlah BBM di tangki menipis hal ini bisa dilakukan
Mendekati batas kecepatan yang diperbolehkan
Saat di jalan TOL ada rambu-rambu batas kecepatan maksimum adalah 100 km/jam maka pecinta otomotif bisa mendekati kecepatan itu misalnya pada 90 km/jam, dengan prinsip semakin sedikit waktu berkendara maka semakin sedikit pula BBM yang digunakan.
Misalnya pecinta otomotif berjalan degan kecepatan 90 km/jam selama 1 jam bisa menembuh jarak 90 km, akan tetapi jarak tersebut jika ditempuh dengan kecepatan 60 km/ jam memakan waktu 1,5 jam... nah selama waktu 30 menit tersebut adalah membuang BBM (pertimbangkan safety)

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...