Wednesday, February 24, 2016

Perlukah Menguras Tangki BBM dan kapan?

Menguras tangki BBM kendaraan bermotor khususnya mobil sering dilupakan, penyebabnya memang menguras tangki BBM tidak termasuk dalam paket service resmi mobil sehingga seolah tidak perlu. Akan tetapi sebenarnya menguras tangki BBM masih perlu dilakukan terlebih kualitas BBM di Indonesia tidak begitu bagus sehingga kotornya tangki bahan bakar ini sangat mungkin terjadi.
Kapan Harus Menguras?
Menurut pihak bengkel resmi Toyota bahwa menguras tangki BBM tidak tergantung angka odometer atau jarak yang sudah ditempuh mobil, melainkan sesuai kebutuhan...artinya tidak ada patokan pasti berapa kilometer/ berapa lama mobil harus melakukan pembersihan pada tangki BBM, itu semua tergantung pemilik mobil jika ingin menguras bisa kita lakukan di bengkel resmi Toyota, ujar salah satu teknisi Toyota Astra Motor.
Untuk mobil bermesin diesel/ berbahan bakar solar harus lebih sering menguras tangki BBM karena solar memiliki residu yang jauh lebih banyak daripada bensin,,,
Dimana Kotoran Mengendap
Di dalam tangki BBM sebenarnya ada filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran, selain itu kotoran juga sering mengendap pada bagian-bagian tertentu dari tanki (terutama yang bawah),,, ini artinya kotoran bisa ada pada filter BBM dan ada pada dasar tangki, dimungkinkan juga pada dinding-dinding tanki BBM (biasanya karat). Biasanya gejala yang terasa jika tangki BBM kotor adalah mobil seperti jalan tersendat, sering mati setelah berhenti, mobil batuk-batuk dan juga sering terjadi gejala seperti kehabisan BBM. Jika ada gejala-gejala tersebut tidak ada salahnya pecinta otomotif melakukan pengurasan pada tanki BBM, terlebih jika pecinta otomotif merasa selama ini kurang menjaga kebersihan BBM/ kualitas BBM yang masuk pada mobil
Penyebab tangki BBM kotor
Menurut teknisi TAM (Toyota Astra Motor) bahwa sebagian besar penyebab tangki kotor berasal dari luar, bisa karena adanya kotoran yang masuk ke dalam tangki saat mengisi BBM/ membuka tutup tangki. Berikut ini adalah penyebab tangki BBM kotor
1. Adanya kotoran yang masuk dari mulut tangki BBM, terutama saat pemilik mobil membuka/tutup tangki,,,harus lebih hati-hati, sering juga terjadi saat mengisi BBM biasanya tangki dibuka dan ditutup oleh operator SPBU yang mungkin kurang hati-hati
2. Saat mengisi BBM berbarengan dengan truck pengisi BBM di SPBU, jika truck tangki BBM sedang mengisi maka BBM yang ada di bak penampungan seperti diaduk, kotoran-kotoran yang mengendap di dasar bak penampungan berputar ke atas,,, nah saat ini lebih baik jangan mengisi BBM
3. Mengisi tangki dengan BBM yang kurang berkualitas yang meninggalkan residu/ endapan pada tanki mobil, misalnya mengisi BBM dengan BBM premium yang lebih beresidu dibanding BBM Pertamax
4. Mengisi BBM di sembarang tempat seperti di pinggir jalan dengan botol-botol atau jirigen yang tidak terjamin kebersihannya, belum lagi ini corong yang biasanya dipakai untuk memasukkan BBM seringkali kotor dan berdebu
5. Beberapa pendapat juga mengatakan seringnya tangki BBM kosong membuat dinding tangki berkarat,,,karena BBM sebenarnya memiliki zat anti karat dan pemecah kristal air di dalam tangki BBM.
Membersihkan Tangki BBM
Ada beberapa cara membersihkan tangki BBM, mulai membersihkannya dengan kuas dan campuran bensin di dalam tangki, menggosoknya dengan kertas gosok, menggoyang-goyangkan tangki dengan mengisinya sedikit bensin, mengelap dan lain sebagainya... Paling mudah ya dengan membawanya ke bengkel resmi mobil dan bilang mau menguras tangki BBM dan menanyakan berapa biayanya?
Untuk standarnya mobil avanza akan kena biaya 250 ribuan sekali kuras, beda dengan Toyota Innova yang lebih mahal bisa sampai 400-500 ribuan, nah alangkah lebih baiknya tanyakan dulu berapa biaya kuras tanki BBM

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...