Banyak pecinta otomotif yang belum tahu apakah Hill-start Assist Control (HAC) pada mobil? Fitur ini sudah mulai banyak ditemui karena kini HAC ini dibenamkan pada mobil-mobil kelas bawah sekalipun (tidak hanya untuk kelas menengah/ medium).
Padahal dulu Hill Assist Control hanya ditanamkan pada mobil kelas menengah seperti CR-V, Pajero Sport dan lain-lain akan tetapi sekarang Honda BR-V pun sudah memakai fitur ini "Hill Assist Control".
Hill Assist Control sederhananya bisa dikatakan fitur penahan mobil di tanjakan/ fitur anti mundur pada jalan menanjak, dengan memiliki fitur ini mobil akan mendetaksi jika melewati jalan tanjakan dan sensor HAC akan mendetksi arah putaran roda meskipun sangat pelan sampai hampir diam.
Jika mobil tidak kuat menanjak atau roda berputar mundur/ pengemudi melepaskan injakan rem saat di tanjakan maka mobil akan otomatis mengerem agar tidak mundur dan jika sudah menginjak gas lagi secara otomatis akan melepaskan rem tersebut selaras dengan injakan gas.
Nah aman bukan fitur Hill-start Assist Control (HAC), penggunaan HAC sangat terasa fungsinya saat kita melewati jalan tanjakan yang macet seperti di puncak apa lagi jika pengemudinya masih pemula dipastikan akan sangat bingung menghadapi macet di tanjakan akan tetapi dengan fitur HAC ini seorang pemula pun akan bisa melewati tanjakan dengan jauh lebih mudah. Fitur HAC pada mobil juga sangat membantu pengemudi wanita/ cewek yang secara alamiah otaknya tidak sebagus laki-laki yang lebih responsif terhadap arah/ nafigasi, perempuan yang sering bingung mengerem dan gas di tanjakan akan sangat terbantu dengan fitur Hill Start Assist Control
Kadang-kadang pengemudi mobil manual ketika terkena macet di jalan tanjakan "berhenti di tanjakan" akan kesulitan saat melepas pedal rem untuk berganti ke pedal gas dan sementara kopling harus tetap ditekan, pada detik ini biasanya jika tidak dilakukan dengan cepat maka mobil akan mundur (ketika pedal rem dilepas lalu berpindah ke pedal gas setelah itu gas harus langsung diinjak dan perlahan melepaskan pedal kopling ), hal ini cukup sulit buat pemula/ pengemudi wanita oleh karena itu sekarang Hill-start Assist Control sudah mulai banyak digunakan pada mobil jaman sekarang
Berapa lama Hill Start Control akan mengerem/ meahan mobil untuk tidak mundur di tanjakan? sekali aktif rata-rata fitur ini akan menahan mobil selama 5 detik setelah rem dilepaskan/ setelah mobil tertahan untuk tidak mundur akan tetapi jika rem diinjak lagi pada datik ke 4 misalnya maka HAC ini akan menghitung ulang mereset 4 detik sebelumnya. Jadi cukup waktu sebanyak 5 detik ini jika dipersiapkan dengan baik.
Mobil-mobil apakah yang biasanya ditanami HAC, standarnya mobil ini memang dibenamkan pada banyak mobil kelas medium ke atas meskipun berjenis sedan atau hatchback akan tetapi paling banyak/ paling luas penggunaannya adalah pada mobil berjenis SUV atau Crossover karena mobil SUV atau Crossoverlah yang sering ke medan-medan tanjakan, untuk sistem safety maka dibenamkanlah fitur ini pada banyak SUV.
Nah bisa dikatakan bahwa:
Hill Start Assist Control adalah fitur safety/ keselamatan untuk menahan mobil agar tidak mundur di tanjakan.
No comments:
Post a Comment