Sunday, January 3, 2016

Membeli Ford Fiesta Bekas, Tipsnya

Ford Fiesta adalah salah satu mobil berkualitas yang ada di Indonesia, mobil berjenis City Car kelas medium keluaran pabrikan amerika ini ternyata cukup murah harga bekasnya, mobil yang memiliki banyak kelebihan dibanding mobil jepang ini cukup digemari sebenarnya.
Sayangnya dealer/ bengkel resmi yang masih terbatas (tidak seluas dealer mobil jepang) membuat pecinta otomotif ragu membeli mobil ini,,,akan tetapi kota-kota sekelas surabaya dan malang ada dealernya/ bengkel servicenya.
Harga Ford Fiesta bekas ini ternyata tidak terlalu mahal (sangat terjangkau), untuk harga pasaran Ford Fiesta 1400 cc keluaran tahu 2011 tipe Style sekitar 110 juta rupiah, sedangkan Ford Fiesta Trend 1400 cc tahun 2011 harga pasaranya 120 juta rupiah. Nah untuk yang bermesin 1600 cc ternyata masih mahal (paling mahal) yakni sekitar 130 juta untuk tahun yang sama (2011). Murah bukan?
Varian dan Perbedaan Ford Fiesta Bekas
Sebagai pertimbangan bahwa Ford Fiesta ini selama beberapa tahun terakhir ini memiliki 2 jenis mesin yakni 1600 cc yang bertenaga 120 Hp (varian Sport) dan Fiesta 1400 cc yang bertenaga 95 Hp (terdiri dari 2 varian yakni Style dan Trend), sementara untuk eksterior hampir sama akan tetapi jika ditelisik lebih jauh ada beberapa perbedaan yakni:
* Ford Fiesta 1600 cc dibekali dengan 6 speaker padahal di fiesta 1400 cc hanya ada 4 speaker
* Velg Fiesta Sport 1600 cc dibekali velg yang lebih besar yakni 16 inch sedangkan Fiesta 1400 cc (Style dan Trend) hanya menggunakan velg 15 Inch
* Pada interior Fiesta 1600 cc (Sport) pada bagian lingkar kemudi berlapis dengan kulit, sedangkan pada Fiesta 1400 cc hanya berlapis plastik
* Ford fiesta 1600 cc memiliki lampu kabut dengan desain yang lebih menarik
* Bahan pelapis jok Fiesta Sport lebih berkualitas dibanding Fiesta Style dan Trend
* Pada mesin Ford Fiesta 1600 cc bertenaga 120 Hp dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan powershift dual cluth, sementara Fiesta 1400 cc hanya bertenaga 95 Hp dengan sistem transmisi manual (konvensional). Sistem transmisi dual cluth adalah sistem transmisi matic akan tetapi sebenarnya ia adalah transmisi manual yang diotomatiskan, kelebihan transmisi model ini adalah tenaga mobil yang terjaga sedangkan perpindahan gigi sangat halus dan lebih hemat BBM, transmisi ini juga di klaim paling dinamis bahkan jika dibandingkan dengan transmisi manual.
Ford Fiesta di Indonesia
2010: Ford Fiesta pertama kali diluncurkan tahun 2010 dengan 2 pilihan mesin 1400 cc dan 1600 cc, mobil ini pertama kali dijual di indonesia dengan harga mulai 167 juta rupiah kala itu... mobil besutan negara paman sam tersebut cukup mecuri perhatian pecinta mobil
2013: tahun 2013 Ford Fiesta tampil lebih segar dengan keluarnya Ford Fiesta Facelift yang memakai desain grill trapesium, dan memperkenalkan mesin baru yakni 1500 cc Duratec
Yang perlu diperhatikan saat akan membeli Ford Fiesta Bekas
* Kilometer
Perhatikan berapa jarak yang sudah ditempuh mobil, makin sedikit kilometer yang sudah ditempuh maka makin baik. Hindari mobil dengan jarak tempuh melebihi 100 ribu kilometer,,,yah kalau Fiesta keluaran 2011 sih idealnya masih sekitar 50 ribu sampai 80 ribu kilometer
* History Service
Coba lihat buku service mobil, apakah mobil ini diservice secara rutin dan juga apakah ada catatan kerusakan fatal di history service...biasanya untuk mobil baru diberikan garansi service sampai beberapa tahun, nah Fiesta ini masih tergolong baru keluar sehingga kebanyakan masih service gratis
* Sistem transmisi,
Terutama untuk yang memakai dual cluth, cek apakah ada hentakan atau sesuatu yang tidak normal....Istilahnya Dual Cluth memang enak dan modern akan tetapi jika terjadi kerusakan maka cukup mahal perbaikannya,,,l
* Cek kaki-kaki dan Mesin
Kaki-kaki biasanya dengan melihat ada atau tidaknya rembesan oli pada suspensi mobil, saat di jalan datar biaya cek mobil bekas di dealer resmi mobil
mobil miring sebelah atau tidak, saat dipacu pada kecepatan tinggi bergetar atau tidak, saat digunakan melintasi polisi tidur memantul atau tidak dan oleng kesamping atau tidak dan apakah ada bunyi aneh saat digunakan menikung atau melewati jalan berlubang. Pengecekan mesin ini lebih baik pecinta otomotif membawa rekan/ teknisi untuk memastkan mesin dalam keadaan baik...biasanya bisa dilihat dari knalpotnya apakah ada tetesan oli, suaranya kasar/ tidak, businya dalam keadaan baik atau tidak, tarikan ringan atau tidak...ebih baik memang sebelum membeli bisa melakukan cek di dealer resmi mobil untuk mengetahui kondisi mobil denga seksama.... 
biaya cek ini tidak terlalu mahal sekitar 250 ribu, bisa ditanggung calon pembeli atau patungan... baca
Pilih Ford Fiesta yang 1400 cc atau 1600 cc?
Nah saran tipsmobilbaru.blogspot.com adalah pilih yang sesuai kebutuhan, jika hanya digunakan dalam kota maka Fiesta 1400 cc sudah cukup, fiesta jenis ini (mesin kecil) juga lebih irit meskipun tenaganya tidak sebesar yang 1600 cc, harganya juga lebih murah. Akan tetapi jika pecinta otomotif membutuhkan mobil dengan performa yang lebih baik (mesin bertenaga) dan lebih mahal maka bisa memilih yang 1600 cc

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...