Selama tahun 2015 beberapa produsen otomotif seperti Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki, Nissan, Datsun, Mitsubishi, Suzuki, dll berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam bidang penjualan/ pangsa pasar mobil di Indonesia.
Daihatsu berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 16,2 % dari seluruh produk otomotif (mobil) di Indonesia dan meraih predikat penjualan terbaik kedua setelah Toyota, total penjualan daihatsu mencapai 166.567 unit mobil dengan sumbangan penjualan terbesar antara lain oleh:
1. Gran Max, Pick Up Gran Max ini terjual sebanyak 58.121 unit sedangkan yang minibus terjual 14.928 unit
2. Daihatsu Ayla, terjual sebanyak 36.468 unit mobil
3. Daihatsu Xenia, sebanyak 35.057 unit
4. Daihatsu Terios, terjual 14.301 unit
5. Daihatsu Luxio, sebanyak 4232 unit
6. Sirion, 3587 unit
Nah Daihatsu sebenarnya telah menjadi produsen dengan penjualan terbanyak kedua di Indonesia setelah Toyota selama 7 tahun berturut-turut dari tahun 2009 sampai 2015, saat ini Daihatsu mendapat perlawanan yang cukup ketat dari Honda dan Suzuki. Dimana Honda juga telah mengeluarkan MPV sejuta umatnya yakni Honda Mobilio sedangkan Suzuki juga mengeluarkan hal yang sama yakni Ertiga. Tak pelak pasar MPV sejuta umat (compact MPV) yang selama ini dikuasai Toyota dan Daihatsu lewat Avanza dan Xenia mulai tergerus, meski mendapat serangan besar-besaran akan tetapi score akhir Xenia masih diatas Mobilio dan Ertiga artinya meskipun penjualan menurun akan tetapi belum bisa menggeser posisi penjualan terbanyak Xenia ini.
Pangsa pasar/ market share mobil tanah air adalah sebagai berikut:
1. Toyota masih memimpin dengan raihan pasar sebanyak 31,9 % sekitar 330 ribu unit mobil berhasil dijual Toyota selama tahun 2015
2. Daihatsu di peringkat 2 dengan pangsa pasar 16,2 % total penjualan 166,5 ribu unit mobil
3. Honda berhasil menjual mobil sebanyak 159,2 ribu unit dengan pangsa pasar sebanyak 15,5 %
Selain itu pangsa pasar/ market share diperebutkan Suzuki, Nissan, Mitsubishi dan Isuzu
No comments:
Post a Comment