Tuesday, July 10, 2018

Ciri-ciri Aki Mobil mulai Lemah: Sulit dihidupkan/ starter, Lampu mobil redup

Aki mobil memiliki peran yang penting pada mobil terutama untuk menghidupkan mesin mobil, klakson, lampu utama, lampu sein, sistem audio, dll. 
Pada mobil-mobil baru peran aki mobil lebih banyak karena makin banyak komponen yang menggunakan tenaga elektrik seperti spion elektrik, power window, buka tutup pintu hanya dengen remote, yang mana semuanya membutuhkan aki/ baterai untuk menjalankannya.
Usia pakai aki
Aki memiliki usia pakai tertentu biasanya sekitar 4 tahun, artinya tidak selamanya aki bisa kita pakai terus menerus...meskipun begitu jika kita bisa merawat aki dengan benar maka tidak menutup kemungkinan usia pakai aki lebih dari 4 tahun bisa 5 tahun atau 6 tahun lhoo... 
Nah salah satu cara menjaga aki agar tetap awet adalah menjaga ketinggian aki aki, membersihkan kotoran yang ada pada kutub-kutub aki, dan mencegah kebocoran listrik pada mobil, meminimalkan komponen kelistrikan tambahan, dll. Perawatan aki ini bisa kita lakukan setiap bulan sekali misalnya membersihkan kotorannya atau mengecek ketinggian air aki (jika kurang bisa ditambah air).
Memakai aki yang lemah
Pernahkah pecinta otomotif mengalami memakai mobil dengan aki yang sudah lemah/ aus...menyalakan headlamp rasanya kurang terang kalau gak diinjak pedal gas, power window juga kurang enak dipakai, yang paling gak enak adalah susah menghidupkan mobil. Bayangkan saat habis perjalanan kita mau berangkat pulang kesusahan menghidupkan mobil kan jadi sangat merepotkan?
Ketahui tanda-tanda aki sudah mulai melemah
Untuk mengetahui aki mobil sudah lemah maka pecinta otomotif bisa mencermati tanda-tandanya antara lain:
1. Saat kita memutar kontak ke posisi on hanya terdengar bunyi ctek ctek ctek atau bahkan mungkin tidak terdengar bunyi sama sekali...
2. Saat memutar kontak ke posisi on terlihat lampu-lampu indikator menyala tetapi redup, aki yang benar-benar habis karena kebocoran listrik bisa juga membuat semua lampu indikator mati
3. Tekan klakson dan tahan (terdengar bunyi klakson), lalu putar kunci kontak ke posisi starter jika bunyi klakson melemah saat di starter itu tandanya aki mulai lemah.
Pada aki yang sudah lemah solusinya adalah mengganti aki dengan yang baru, akan tetapi ada kasus lemahnya aki disebabkan oleh kerusakan alternator atau listrik tekor, nah jika masa pakainya belum habis (aki belum soak) atau hanya kehabisan listrik saja pecinta tipsmobilbaru.blogspot.com cukup mengisi aki dengan listrik (di bengkel), bisa juga pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com menjumper mobil agar mobil menyala dan aki mengisi kembali sambil dijalankan.
Listrik mobil tiba-tiba mati total, apakah karena aki yang rusak?
Pernah juga admin tipsmobilbaru.blogspot.com mengalami seluruh kelistrikan mobil tiba-tiba mati total, awalnya saya bingung apakah ini karena aki yang bermasalah atau karena sekering utama putus? jika hal ini terjadi pada rekan-rekan pembaca jangan panik, karena bukan aki soak atau sekring utama putus, tetapi biasanya karena kabel aki kurang rapat/ kurang kencang (kendor)... 
kurang rapatnya kabel aki pada kutub aki ini bisa karena guncangan selama perjalanan dan juga bisa karena kabel yang sudah berkarat.

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...