Tuesday, June 19, 2018

4 Manfaat Bandul pada Ujung Stir Motor

Pada motor keluaran tahun 80 an sampai pertengahan 90 an seperti Honda Astrea Grand atau Star atau Prima, Suzuki RC, dll kita tidak menjumpai pengaplikasian bandul besi pada ke dua ujung stang/ stir motor... "bandul penyeimbang motor" atau "jalu stang motor"
baru sejak era 90 an akhir kita menemukan adanya semacam bandul berupa besi (sama persis) yang ditanamkan pada ke dua ujung stang/ stir motor seperti pada Honda Supra generasi awal sudah memakai ini, dan sampai saat ini semua motor memakai alat ini untuk menyeimbangkan sistem kemudi motor dan pemakaiannya sangat luas sekali. 
Nah lantas apakah fungsi dari bandul atau jalu ini sebenarnya? berikut adalah 3 manfaatnya:
1. Sebagai pengurang getaran ke stir/ stang motor
Motor pasti memiliki getaran baik itu getaran dari mesin ataupun akibat bersentuhannya permukaan jalan dengan ban, nah ternyata getaran itu bisa diserap oleh bandul stang ini, sehingga tangan jadi tidak terasa terlalu bergetar saat memegang kemudi dan lebih nyaman serta tidak mudah lelah.
2. Sebagai Penyeimbang
Selain berfungsi menyerap getaran, jalu stang motor ini juga berfungsi sebagai penyeimbang kanan kiri sehingga tidak mudah berbelok bahkan saat kita lepas stang motor kita, beda dengan motor generasi lama yang tidak memakai ini cenderung sangat mudah berbelok, bahkan saat kita lepas sangat sering cenderung ke satu arah
3. Sebagai pelindung jari
Nah jalu stang motor ini juga berfungsi sebagai pelindung saat terjadi benturan pada ujung stir kita, misalnya saat menyerempet sesuatu (tembok atau benda keras lain) sehingga tidak melukai jari tangan karena biasanya jari tangan ada di sebelah dalam jalu stang motor ini. Jadi relatif lebih aman, bahkan saat ini jalu stang motor ini sudah banyak dimodifikasi sampai berbentuk panjang kedepan melindungi bagian depan jari kita seandainya ada benturan dengan motor lain jari kita tidak sampai terluka
4. Sebagai pelindung gas tidak terkunci saat jatuh
Pada sepeda jaman dulu jika kita memakai motor dan jatuh/ roboh ke arah kanan maka gas bisa terkunci hingga motor meraung-raung dan ban belakang berputar dengan kencang, nah hal ini membahayakan bagi pengemudi yang jatuh tersebut karena motor menjadi tak terkendali.
Sekarang karena ada jalu stang motor ini meskipun motor roboh kearah kanan maka gas tidak akan terkunci dan meraung-raung seperti motor jaman jadul, dan kita tinggal matikan kontak motor lalu mengangkat motor yang jatuh tersebut agar berdiri lagi dengan aman.
Nah sekarang tahu kan apa fungsi jalu stang motor atau bandul besi pada ujung stir motor tersebut?

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...