Monday, December 19, 2016

Spesifikasi Ertiga Diesel, Kelebihan Kekurangan dan Harga

Suzuki Ertiga Diesel menjadi mobil baru yang keluar 2017, mobil diesel memiliki kelebihan mesin yang sangat kuat dibanding mobil bensin. Mobil mesin diesel sanggup menanjak-nanjak dengan kemiringan yang luar biasa, sedangkan mesin bensin kekuatannya terbatas. 
Nah inilah alasan mengapa mobil-mobil Truk atau Bus atau SUV besar mayoritas memakai mesin diesel bukan mesin bensin, karena torsinya yang sangat besar dan kemampuan membawa beban berat.
Bagaimana jadinya jika mesin diesel dimasukkan pada mobil berdimensi kecil seperti Suzuki Ertiga? maka kekuatan mesin ini akan sanggup membawa mobil kecil ini ke tempat-tempat yang sangat sulit dijangkau mobil MPV bensin seperti Avanza, Ertiga, Mobilio, Xenia dan MPV sejenis lain.
tipsmobilbaru.blogspot.com pernah merasakan sendiri sensasi mengendarai mobil diesel yang tangguh bagaikan traktor, menanjak di tanjakan Malang-Bromo memakai Mitsubishi L300 Diesel dengan beban membawa pupuk lebih dari 1,2 Ton tapi mobil ini menanjak dengan mudah. Kemudian hari mencoba membandingkan menanjak dengan Suzuki Katana yang admin punya saat ini, gak sampe 1/4 tanjakan udah nyerah. Disini baru terlihat ketangguhan mesin diesel dibanding mesin bensin
Ertiga Diesel kini menjadi mobil paling diminati bahkan akan mengubah peta pasar mobil Low MPV tanah air yang selama ini di dominasi Avanza, Mobilio dan Ertiga bensin.
Dengan harga yang sangat murah yakni 220 jutaan Ertiga diesel bahkan menjadi mobil MPV 7 seater diesel termurah di Indonesia.
Spesifikasi Ertiga Diesel
Suzuki ertiga diesel memakai mesin diesel berkapasitas 1248 cc atau 1,3 Liter, mesin ini memakai teknologi SHVS yakni Smart Hybrid Vehicle Suzuki. SHVS merupakan penggabungan teknologi cerdas untuk menghemat bahan bakar dan meningkatkan performa mesin misalnya dalam SHVS memakai teknologi rem yang bisa menyimpan energi untuk digunakan saat dibutuhkan, jadi pengurangan laju mobil (pengereman) dimanfaatkan untuk mengisi energi mobil yang nantinya bisa digunakan jika dibutuhkan.. (hemat dan pintar bukan! )
Ada teknologi ISG, Idle Stop start, Torque Assist Function, Gear Shift Indicator, Brake Energy, dan masih banyak teknologi terbaru yang bakal dibenamkan pada mobil semi hybrid bermesin diesel Suzuki Ertiga Diesel ini
Tak hanya teknogi cerdas, mobil ini juga memakai mesin diesel generasi terbaru yang sudah memakai Diesel Commonrail Direct Injection memakai turbo charger, mesin yang menggunakan 4 silinder ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 88,5 Hp (sangat besar untuk ukuran mesin diesel, apa lagi silindernya hanya 1200 cc). Kami rasa pemanfaatan turbo charged ini yang melonjakkan tenaganya sampai 88,5 Hp.
Torsi Suzuki Ertiga Diesel ini juga sangat luar biasa yakni 200 Nm, bandingkan dengan Toyota Rush hanya 141 Nm, Avanza hanya 136 Nm, Ertiga Bensin hanya 136 Nm dan mobil-mobil lain yang rata-rata ada di 130-140 Nm.
Dengan torsi sebesar 200 Nm ini mobil kecil ini mampu menjangkau tanjakan-tanjakan sangat curam dengan membawa beban maksimum, semantara mobil low MPV lain sudah tidak kuat menanjak di 1/4 tanjakan.

Berikut adalah kemampuan teknis mesin/ spesifikasi mesin suzuki ertiga diesel:
Mesin: Diesel (bahan bakar solar)
Kapasitas mesin: 1248 cc atau 1.3L
Teknologi mesin: SHVS, Commonrail, Direct Injection, turbo charged
Rasio kompresi mesin: 17,6 : 1
Tenaga maksimum: 88,5 Hp pada putaran mesin 4000 Rpm
Torsi maksimum: 200 Nm pada putaran mesin 1750 Rpm
Sistem penggerak: 2 roda (depan)
Kapasitas penumpang: 7 orang
Dimensi Ertiga Diesel
Panjang: 4265 mm
Lebar: 1695 mm
Tinggi: 1685 mm
Ground Clearance: 185 mm
Berat kosong: 1235 Kg sampai 1265 Kg tergantung varian
Radius putar: 5,2 meter
Ukuran Ban: R15 185/65
Jarak sumbu roda: 2740 mm
Harga Ertiga Diesel
Suzuki Ertiga diesel akan dijual dengan selisih 30% dari Suzuki ertiga yang ada sekarang menurut pihak Suzuki Indonesia, jika dihitung maka perkiraan www.tipsmobilbaru.blogspot.com harganya sekitar 275 sampai 325 juta rupiah, varian terendah 275 juta dan varian termahal 325 juta... hal ini mengacu pada harga suzuki ertiga sekarang yang mulai 184 juta sampai 224 juta (tergantung varian).
Harga Resmi
Harga resmi Ertiga Diesel termurah adalah 219,9 juta atau jika dibulatkan 220 Juta on the road Jakarta.
Sampai saat ini baru ada 1 varian saja
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel
Kelebihan:
* Tangguh dipakai di jalan menanjak terjal
* Harga murah, dengan harga sekitar 275 juta dapat mobil mesin diesel bisa dibilang murah (nb: jika harga resmi sudah keluar akan kami update)
* Ukuran Kompak, mobil ini tidak terlalu besar sehingga tidak boros, selain itu dimensinya yang seukuran dengan mobil-mobil Low MPV menjadikan mobil ini cukup enak dikendarai di perkotaan
* Nah satu lagi keunggulan mesin ertiga diesel ini adalah Torsi maksimumnya didapat pada putran rendah yakni 1750 Nm, jadi pecinta otomotif  cukup sedikit menginjak gas maka mobil akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya dalam mengangkut beban/ membawa penumpang + barang.
* Konsusmsi bahan bakar Ertiga diesel juga akan sangat irit karena penerapan teknologi Smart Hybrid Vehicle Suzuki dan juga teknologi commonrail direct injection, perkiraan kami berdasarkan mesin yang sudah keluar milik spin diesel adalah 18 Km/ liter BBM, jika mesin sudah diperbaiki teknologinya kemungkinan lebih irit lagi.
* Konsumsi BBM tembus 24 km/ liter, menurut gambar/ foto promosi ertiga diesel konsumsi bahan bakarnya bahkan menembus angka 1;24 atau 1 liter BBM bisa menempuh jarak 24 kilometer
* Merk besar Suzuki, tak banyak mobil dengan teknologi baru akan tetapi didukung ketersediaan sparepart dan teknisi yang memadai dan merata di semua wilayah, sebut saja mobil jeep dan ford memang sangat bagus di mesin akan tetapi jaringannya sangat terbatas sehingga jika ada kerusakan akan sangat mahal memperbaikinya. Beda dengan brans suzuki yang dealernya ada di kota-kota kecil, sparepartnya juga terjamin, harganya juga relatif stabil mobil keluaran suzuki
Kekurangan
Ibarat tak ada gading yang tak retak, ertiga diesel juga memiliki kekurangan khas mesin diesel yakni:
- Mesin diesel saat ini meskipun getarannya sudah jauh berkurang dibanding getaran mesin diesel jaman dahulu tetapi tetap terasa jika dibandingkan dengan mesin bensin, getaran mesin diesel lebih besar
- Polusi udara yang dihasilkan juga lebih banyak daripada mesin bensin, meskipun teknologi mesin diesel sudah sangat maju tetapi polusi udaranya masih belum bisa mengalahkan bersihnya mobil baru bermesin bensin
- Tarikan kurang cepat, ini khas mesin diesel dan bagi yang suka sport alat balapan jangan makai mobil ini ya karena bakal kalah dengan mobil bermesin bensin yang bagus dalam bergerak/ lincah/ enteng

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...