Saturday, December 24, 2016

Pengalaman Admin tipsmobilbaru.blogspot.com Service di Bengkel Resmi! ini Kelebihannya

Service mobil memang harus kita lakukan rutin paling tidak setiap 5000 km sekali sekalian sama ganti oli mesin dan filter oli, service yang biasa dilakukan adalah tune up atau setting mesin kembali ke standart/ normal. 
Mobil admin tipsmobilbaru.blogspot.com
Nah selain men service rutin pemilik mobil juga bisa mengeluhkan apa yang terjadi pada mobil misalnya mobil sering brebet/ mobil mati di tanjakan atau mobil sering sulit hidup dan lain-lain. Jadi momen service rutin 5000 km bisa dimanfaatkan untuk tune up + ganti oli & filter oli + service kerusakan lain (karburator, rem, power steering, dll).
Nah kemarin admin tipsmobilbaru.blogspot.com service mobil ke bengkel resmi yang mana kebetulan mobil suzuki katana admin sudah waktunya service (jarak tempuh sudah 5000 km dari service sebelumnya), kali ini service yang dilakukan antara lain:
1. Service tune up (setting mesin)
2. Ganti oli mesin dan filter oli mesin
3. Ganti oli gardan
4. Ganti oli transmisi
5. Overhoul Karburator (bersihkan karburator secara manual, dibuka bagian-bagiannya, spuyer-spuyernya dan dibersihkan satu-persatu)
6. Bersihkan ruang bakar
7. Ganti platina dan kondensor
8. bersihkan filter bensin, busi, dll
9. dan stel yang lain-lain (kecil-kecil)
Nah dari sekian banyak service yang dilakukan admin membawa ke bengkel resmi sekitar jam 09.00 kurang dikit dan selesai jam 15.00 jadi sekitar 6 jam mobil ditangani, tak bisa dibayangkan jika ini semua dilakukan di bengkel biasa bisa memakan waktu 2-3 hari kalau di bengkel resmi hanya 6 jam. Nah ini salah satu kelebihan service di bengkel resmi yakni cepat (mereka akan rugi waktu jika berlama-lama)
Kebetulan sehari sebelumnya admin tipsmobilbaru.blogspot.com sudah menghubungi pihak dealer/ bengkel resmi untuk booking service sehingga pada jam yang telah disepakati mobil bisa ditangani tanpa harus mengantri.
Total admin mobil habis Rp. 1,5 juta untuk service kemarin, dan saya merasa puas dengan hasilnya, jika dihitung terbilang murah karena hasilnya nyata terlihat mobil jadi jauh lebih enteng tarikannya, sementara pengerjaan cepat dan fasilitas ruang tunggu yang nyaman. Selain itu harga bisa dibicarakan di awal sebelum perbaikan sehingga kita tidak kaget saat selesai service karena tahu berapa perkiraan besaran harga sebelumnya.
Jika dibandingkan service di pinggir jalan (tidak resmi) dengan harga yang sama maka jauh lebih menguntungkan service di bengkel resmi, ini yang pernah dialami admin. Pengalaman dulu service di bengkel tidak resmi suzuki (bengkel biasa) habis 1,4 juta tapi mobil gak tambah enak, malah tarikannya berat dan diganti dengan paert-part KW...duhh berat hati ini
Alhasil service di bengkel tidak resmi membuat mobil tambah rusak padahal habis banyak, kebalikannya dengan bengkel resmi yang akurat dan cepat. Nah lalu apa saja keuntungan melakukan service di bengkel resmi (Suzuki) dibanding bengkel biasa (tidak resmi):
1. Tidak perlu antri, sebelumnya harus booking service dulu...jadi mobil sudah ditunggu teknisi pada jam yang ditentukan
2. Ditangani oleh teknisi yang berpengalaman di bidangknya, teknisi Suzuki pada bengkel resmi semua sudah memiliki sertifikat menangani mobil Suzuki, tidak perlu khawatir akan kesalahan perbaikan yang justru merusak mobil
3. Harga tidak dipermainkan, biasanya sudah ada biaya masing-masing perbaikan. Misalnya untuk jasa bersihkan karburator adalah 285 ribu, tune up 265 ribu, dll jadi tidak ada kemungkinan mempermainkan biaya service
4. Harga Sparepart murah dan tidak bisa dirubah seenaknya. Harga Sparepart biasanya sudah dipatok dari pusat sehingga bisa dikatakan harganya paling murah karena langsung dipasok oleh Suzuki Genuine Part
5. Sparepart Asli, nah ini penting. Pengalaman admin tipsmobilbaru.blogspot.com mengganti platina dengan merk bukan asli SGP, alhasil hanya 5000 km platina sudah habis..padahal harga platina bukan ori tersebut lebih mahal dari platina ori.... wah sekarang menyesal beli yang bukan ori (karena bengkel pinggir jalan tersebut belinya yang gak ori).
Sparepart selain orisinal juga lengkap, tidak perlu beli dulu kayak di bengkel biasa (bengkel tidak remi).
6. Pelayanan cepat, karena bengkel profesional mereka harus cepat dan tepat dalam menyervice, beda dengan bengkel sembarangan yang bahkan dilama-lamakan agar biaya service lebih mahal. Kalau bengkel resmi sangat menghargai waktu dan keakuratan perawatan, istilahnya cepat dan akurat.
Pernah admin di bengkel biasa hanya stel klep dan ganti timing belt aja mulai pagi jam 8 sampai jam 4 sore, padahal di bengkel resmi hanya 1 jam...itupun hasilnya jauh lebih baik setelan di bengkel resmi
Sesudah service pengennya nanjak2 melulu
7. Ruang tunggu nyaman, jika di bengkel biasa tidak ada ruang tunggunya. Kalau di bengkel resmi ruang tunggunya luas seperti rumah sendiri, ada benyak kursi yang disediakan, ruang tunggu juga ber AC jadi sejuk, disediakan snack dan minuman gratis (wafer2, teh botol, aqua, dll). banyak majalah otomotif di ruang tunggu yang bisa kita baca untuk menambah pengetahuan kita tentang mobil, Selain itu ada TV layar lebar (LED) dengan film2 yang terbaru.... enak bukan, hawa sejuk dan makanan gratis itu yang buat kangen
Ruang tunggu di bengkel remi mobil Suzuki
8. Setelah selesai service biasanya dikasih penjelasan tentang service yang telah dilakukan, ada garansi service, saran bagaimana perlakuan pada mobil kedepan (misalnya ganti oli lagi kapan, service depan sebaiknya diperbaiki bagian apa saja, dll). Setelah itu mobil dicucikan gratis sebelum dikembalikan ke kita dan diserahkan kuncinya

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...