Wednesday, December 14, 2016

Jadwal Perawatan Berkala untuk Mobil Baru

Membeli mobil baru bukan lantas kita tidak melakukan service, justru mobil baru membutuhkan teknik perawatan yang benar agar mesinnya tidak cacat dan awet sampai berpuluh-puluh tahun mendatang. 
Beberapa pedoman perawatan mobil pertama kali misalnya pada 1000 km pertama mobil tidak boleh dipakai untuk kerja terlalu berat karena saat 1000 km pertama kondisi di dalam mesin masih beradaptasi dari keadaan diam ke bergerak.
Saat 1000 km pertama akan banyak serpihan logam halus yang terlarut dalam oli ketika dipakai, nah mengapa pihak dealer memberikan service dan ganti ganti oli gratis di kilometer 1000, pihak dealer dan produsen tentunya juga tidak mau mobilnya bermasalah nantinya jika tidak diganti oli dan filternya.
Biasanya pabrikan memberi garansi mesin sampai 50 ribu kilometer atau 5 tahun, sementara service gratis biasanya sampai 3 kali service, biasanya pada perawatan berkala ke satu sampai ke 3 dimana biasanya perawatan berkala pertama mengganti oli dan filter, perawatan berkala ke dua juga hanya mengganti oli dan filter oli, sementara perawatan berkala ke 3 biasanya sudah lebih banyak yang diganti meliputi:
1. oli
2. filter oli
3. busi
4. oli transmisi
5. oli gardan.
Nah pada tahun-tahun berikutnya perawatan perkala dilakukan tiap 6 bulan sekali dengan ragam yang berbeda, misalnya pada bulan ke 18 perawatan hanya ganti oli dan filter oli (seperti bulan ke 1 dan ke 6), lantas apa sajakah jenis perawatan yang dilakukan untuk mobil baru selama 4 tahun garansi mesin? berikut adalah detail yang diservice:
Bulan pertama atau 1000 km pertama
* ganti Oli mesin
* ganti Filter Oli
Bulan ke 6 atau service rutin ke 2
* ganti oli mesin
* ganti filter oli mesin
Bulan ke 12 atau perawatan berkala ke 3
* ganti oli mesin
* ganti filter oli
* ganti busi
* ganti oli transmisi
* ganti oli diferensial/ oli gardan
Bulan ke 18 atau service rutin ke 4
*ganti oli mesin dan filter oli
Bulan ke 24/ service ke 5  (pemakaian mobil 2 tahun)
* ganti oli mesin
* ganti filter oli
* ganti busi
* ganti oli transmisi
* ganti oli diferensial/ oli gardan
* ganti filter udara
* ganti coolant/ cairan pendingin
* ganti minyak rem
* ganti filter bahan bakar
Service Bulan ke 30
* Ganti oli mesin
* ganti filter oli
Service Bulan ke 36 atau pemakaian selama 3 tahun
Service bulan ke 36 ini persis seperti bulan ke 12 (pemakaian satu tahun) yakni mengganti:
* oli mesin
* filter oli
* busi
* oli transmisi
* oli diferensial/ oli gardan
Perawatan berkala bulan ke 42
* Ganti oli mesin
* Ganti filter oli
Perawatan tahun ke 4 atau di bulan ke 48 pemakaian mobil
* ganti oli mesin
* ganti filter oli
* ganti busi
* ganti oli transmisi
* ganti oli diferensial/ oli gardan
* ganti filter udara
* ganti coolant/ cairan pendingin
* ganti minyak rem
* ganti filter bahan bakar
Service di bulan ke 54
* Ganti oli mesin
* ganti filter oli
Service di tahun ke 5 atau terakhir garansi mesin (bulan ke 60)
* oli mesin
* filter oli
* busi
* oli transmisi
* oli diferensial/ oli gardan
Service selanjutnya?
Service selanjutnya dilakukan tiap enam bulan sekali atau tiap menyentuh kelipatan 5000 km, misalnya pada 55 ribu km, 60 ribu km, 65 ribu km begitu seterusnya.
Apa yang diperbaiki? jika pecinta tipsmobilbaru.blogspot.com selalu service rutin di bengkel resmi, mereka sudah tahu kondisi mobil kita karena dari historis mobil mereka sudah memberikan catatan untuk mobil kita mengenai kerusakan apa saja yang pernah dialami, perbaikan apa saja yang pernah dilakukan dan rekomendasi perbaikan selanjutnya apa....
jadi pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com tidak khawatir mengenai apa saja yang perlu diservice, karena selain mereka mengarsipkan setiap aktivitas perbaikan mobil di komputer, mereka juga selalu menguji dulu setelah mobil diservice, terlebih para teknisi di bengkel resmi adalah orang-orang yang ahli dibidangnya dan mendapatkan sertifikat khusus dari pabrikan/ APM resmi mobil (dilatih khusus)
Nah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah hanya menyervice tiap waktu yang sudah ditentukan dan kalau ada keluhan bilang saja sewaktu pendaftaran service rutin, biasanya pendaftaran service di bengkel resmi dilakukan sehari sebelumnya (booking) sehingga tidak berbenturan waktunya dengan pemilik mobil lain.
Pengalaman admin service di bengkel resmi hasilnya jauh lebih memuaskan, tempatnya juga ber AC, disediakan minuman gratis, teknisinya bertanggungjawab, cepat selesai dan terbilang murah untuk pelayanan seperti itu... hasil servicenya juga lebih enak dibanding bengkel biasa

1 comment:

  1. Saran dan masukan yang bermanfaat, memang service secara rutin, baik dan benar akan menjaga kendaraan kita selalu dalam kondisi prima, terimakasih.

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...