Thursday, June 16, 2016

Ulasan Mobil Hardtop, Kelebihan dan Kelemahan

Hardtop adalah mobil berjenis SUV dan keluar mulai tahun 1960 sampai 1985 di Indonesia, mobil ini memiliki dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel yang mana kapasitas mesinnya mulai 3000 cc sampai 4200 cc. Dengan mesin sebesar ini Hardtop memiliki keunggulan pada tenaga dan torsi yang dihasilkan sangat besar.
Besarnya torsi ini membuat Toyota Hardtop mampu melewati jalanan sangat menanjak dengan luar biasa... Tingginya Ground Celarance mobil dan penggerak 4 roda yang dipadukan dengan jenis ban MT (ekstra grip/ ban pacul) membuat mobil ini mampu melewati medan yang sangat rusak sekalipun dimana mobil-mobil lain sudah sangat menyerah akan tetapi Hardtop ini bisa melewatinya
Ketangguhan mobil hardtop
Sudah bukan rahasia lagi jika di sekitar gunung bromo terdapat banyak sekali mobil ini baik di sisi selatan (kota malang), bromo sisi barat (pasuruan), Sisi utara (probolonggi maupun sisi timur (lumajang). Artinya mobil ini dipakai penduduk untuk menanjak pada jalanan yang luar biasa tanjakannya (pada ketinggian 2000 mdpl sampai 3000 mdpl) dari ketinggian 400 mdpl (wilayah bawah). Mobil ini juga sering dipakai melewati padang savana (padang pasir bromo) yang sangat luas.
Kebetulan admin tipsmobilbaru.blogspot.com tinggal di kota malang jadi sering menyaksikan ketangguhan mobil ini dalam membawa turis naik dari daerah bawah (tumpang ketinggian 500 mdpl) sampai ngadas (ketinggian 2200 mdpl), bukan hanya ketinggian saja akan tetapi jalan yang dilewati menuju gunung bromo dari kota malang sangat rusak bro,,,, jalan tanjakan dan turunan curan dengan batu-batuan sebesar bola basket sering dilewati, belum  lagi kalau hujan jalan berlumpur memperparah tanjakan terjal ini.
Admin mencoba melewati dengan motor saja sangat kesulitan melaluinya apa lagi dengan mobil bisa terguling... tapi itu bukan masalah untuk Hardtop mereka bisa melewati dikala roda dua dan roda 4 lain sudah tak mampu lagi.
Belum lagi biasanya 1 hardtop bisa mengangkut antara 6 sampai 12 orang beserta barangnya,,, kebayang gak tuh diisi 12 orang duduk di dalam kabin, duduk di atas atap mobil sampai duduk di bagian kap mesin... wah benar-benar tangguh mobil ini. Beban berat di jalan terjal dan rusak parah masih bisa
Harga mobil Hardtop
Harga hardtop ini bisa dibilang mahal untuk mobil keluaran tahun 60 sampai 80an, untuk mobil dengan kondisi jelek saja masih dijual 60 juta itupun surat-suratnya sudah mati dan plat nomer sembarang kota.
Untuk hardtop kondisi standar: mesin tidak bermasalah, cat tidak mengelupas-mngelupas dan pajak hidup harganya masih berkisat 100 sampai 150 jutaan
Sedangkan untuk Hardtop yang bagus dengan cat bagus mengkilat, mesin sehat wal'afiat, interior dan eksterior bagus orisinal, atau biasa untuk kolektor dan pecinta hardtop biasanya harganya antara 150 juta sampai 250 juta.
Wah mahal ya mobil ini :-)
Kelemahan mobil hardtop
Meskipun mobil ini tangguh akan tetapi Hardtop juga memiliki kelemahan, antara lain:
* Sparepart yang sulit dan mahal di dapat
hardtop termasuk mobil lawas yang sulit mendapatkan sparepartnya karena sudah lama tidak diproduksi... nah untuk mendapatkan sparepat dengan lebih gampang maka pemilik perlu gabung ke klub-klub pecinta hardtop yang mana mereka biasanya punya jaringan antar kota hingga ke luar negri. Kalau di sekitar bromo penduduk sana sudah sangat terbiasa dengan modifikasi sparepart karena jumlah hardtop daerah bromo mencapai ribuan
* Hardtop Boros BBM
Konsumsi BBM Toyota Hardtop terbilang sangat boros yakni sekitar 5-7 km untuk 1 liter BBMnya di jalanan aspal, nah tekor gak kalau dipakai harian?? wajar dengan kapasitas mesin sampai 4200 cc dengan silinder berjumlah 6...
Nah solusinya tenaga yang besar dan borosnya BBM ini jangan memakai hardtop untuk harian bro, pakailah dengan bijaksana..misalnya jika benar-benar membutuhkan tenaganya misalnya untuk keperluan menanjak-nanjak di jalanan rusak, atau urusan bisnis masuk ke perkebunan (kebun sawit/ karet/ yang lain) yang membutuhkan mobil SUV tangguh, atau dipakai untuk kejuaraan offroad mobil ini juga sangat banyak digunakan.
Kalau dipakai harian di jalan aspal yang tak butuh kemampuan handal mobil pakailah mobil lain yang lebih irit dan cukup. Di jalan aspal tenaga mobil sekelas avanza-ertiga-mobilio bahkan jenis LCGC sudah cukup bro
* Rem Hardtop kurang bagus
Teknologi rem yang digunakan juga masih klasik bro,,,teknologi tahun 60 sampai 80an, Rem hardtop ini jika digunakan oleh orang yang tidak terbiasa akan kesulitan..antara lain:
 - rem kurang pakem
 - rem kadang-kadang mengunci saat terkena air
 - rem juga kadang mengunci jika dilakukan injakan secara spontan/ mendadak dengan keras
 - ada yang mengatakan jika rem jadi blong saat rem tangan diaktifkan
Nah kalau sistem remnya seperti ini pecinta otomotif harus hati-hati atau lebbih baik merubah/ mengganti sistem remnya dengan rem mobil yang lebih baru dan tentunya lebih berkualitas
* Suspensi Hardtop keras
Masalah suspensi ini Hardtop memang terlalu keras ya sehingga kurang nyaman digunakan di jalan aspal atau light offroad yang membuat kebanyakn orang kurang nyaman naik mobil ini, akan tetapi memang suspnsi keras ini dibutuhkan untuk jalanan menanjak rusak dengan membawa beban banyak. Pecinta otomotif juga bisa merubah/ menyesuaikan sistem suspensi hardtop dengan shockbreaker yang lebih empuk
* Kampas kopling Hardtop cepat habis
Nah ini salah satu hal yang sering terjadi, tenaga yang besar dari mesin akan disalurkan ke roda dengan perantara kampas kopling ini, alhasil kampas kopling lebih cepat habis jika dibandingkan kendaraan lain
Masalah kopling ini pecinta otomotif harus hati-hati karena jika terlalu sering dipakai atau sering memakai setengah kopling atau kopling ditahan-tahan (tidak segera dilepas atau diinjak penuh) maka kopling akan mengalami selip atau bahkan terbakar..... solusi kampas kopling jangan sering bermain setengah kopling, kalau menginjak pedal kopling sekalian injak penuh, kalau mau melepas injakan ya lepas aja jangan ditahan separoh... 

2 comments:

  1. Wah, Wrangler-nya Jepang itu... :3
    Padahal Lancer Evo-nya Mitsu aja cuma 2.000 cc, bahkan Nissan Skyline GTR R35 terbaru yg kluar tahun 2013 aja masih kalah (3.800 cc) :LOL

    Sayangnya belum memakai sistem penggerak AWD/4WD dan turbo...

    ReplyDelete
  2. Mau bertanya pak. Berapa ukuran standar jarum amper oli mobil hadtop 2F. Terima kasih

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...