Thursday, June 13, 2013

Penyebab Mobil Keluar Asap Putih atau Hitam

tipsmobilbaru.blogspot.com - Kondisi mesin mobil bekas sangat berbeda dengan mobil baru, cara mengemudi dan perawatan mobil yang berbeda (sering tidak ideal) membuat mesin semakin mudah kehilangan bentuk idealnya misalnya seal yang bocor, kompresi lemah, sampai filter udara yang kotor dapat menyebabkan gangguan pada kinerja mesin mulai ringan sampai berat.
Asap mobil berkaitan erat dengan kondisi ruang bakar pada mobil, pada mobil baru asap mobil cenderung tidak berwarna, akan tetapi pada mobil yang telah dipakai lama asap mobil bisa berubah menjadi hitam, putih maupun kebiruan.
Asap yang berwarna biasanya merupakan dampak yang terjadi akibat kerusakan mesin yang sudah (telah) terjadi sehingga mau tidak mau pemilik mobil harus memperhatikan adanya asap yang keluar ini. Beberapa warna asap yang mencerminkan kondisi mobil antara lain:
1. Asap tidak berwarna : hal ini menandakan mesin mobil dalam keadaan cukup baik (tidak ada masalah)
2. Asap mobil berwarna Hitam : kebanyakan desebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna sehingga ada sisa pembakaran yang keluar bersama udara. Beberapa penyebab keluarnya asap hitam antara lain kebocoran kompresi mobil (cek kompresi), nyala api busi yang kecil (periksa/ ganti busi), karburator bermasalah, filter udara kotor (bersihkan/ ganti). Asap mobil berwarna hitam ini selain mengurangi performa tenaga mesin (tarikan/ akselerasi/ kecepatan) juga sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM mobil bahkan bisa lebih boros 2 kali lipat dibandingkan kondisi normal, jika ingin hemat BBM segera perbaiki
3. Asap mobil berwarna kebiruan : asap biru disebabkan adanya oli yang masuk pada ruang bakar dan ikut terbakar terbakar, masuknya oli pada ruang bakar ini disebabkan oleh seal yang getas atau piston yang telah rusak atau kerusakan gasket atau o ring. Oli yang masuk pada silinder juga bisa membasahi busi sehingga nyala api menjadi terganggu, oli ini juga bisa menjadi kerak pada ruang bakar dan lama kelamaan bisa merusak mesin. segera perbaiki
4. Asap mobil berwarna putih tipis : Asap putih tipis ini merupakan akibat adanya kondensasi terutama bila udara dingin, asap ini bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya. tidak perlu khawatir
5. Asap putih tebal : disebabkan adanya air dari coolant yang masuk ke ruang bakar, kerusakan coolant ini mungkin disebabkan oleh kerusakan packing head, silinder head, atau blok mesin terjadi keretakan. Jika mobil rekan-rekan memakai antifreeze (mobil-mobil eropa untuk musim dingin) dampaknya bisa lebih serius karena antifreeze yang masuk pada ruang bakar dapat merusak ruang bakar jika mobil dihidupkan.
Selanjutnya adalah mengetahui kerusakan mesin dari kondisi knalpot mobil (minggu sepan)

2 comments:

  1. oom mohon pencerahannya, tadi pagi saya panasin mobil saya (greco 95) keluar asap putih setelah asap embunnya habis, sampai saya gas di putaran 4rb masih ada keluar asap putih, saya cek ujung knalpot ada sedikit oli meler, sampai tadi lepas macet cililitan masih ada keluar sedikit, akhirnya saya penasarna seberapa parah asap yang keluar kalo saya tarik di rpm tinggi, alhasil sampai di kantor asap sudah tidak keluar lagi dan ujung knalpot yang tadinya adal oli meler sudah tidak ada lagi alias kering, pertanyaannya apa mesin saya bermasalah yg mungkin ada rembesan oli masuk ke ruang bakar atau karena efek dari hari sebelumnya (kemarin) yang sempet saya geber main di rpm 5rb-6rb??mohon pencerahannya oom...,terima kasih sebelum dan sesudahnya

    ReplyDelete
  2. Pecinta kijang kapsul, tengok fb-nya KKCI (kijang kapsul community Indonesia)

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...