Tuesday, October 25, 2011

mengetahui kerusakan mobil melalui memeriksa busi

Kali ini kita akan membahas cara memeriksa kerusakan mobil lewat keadaan busi mobil, dalam hal ini kita akan mengetahui kerusakan mobil kita dengan mengetahui tanda-tanda kerusakan saat kita melihat businya.

mengetahui kerusakan mesin mobil motor dari busi

Biasanya saat kita membuka busi mobil kita, kita akan mendapatkan bermacam-macam kondisi busi, seperti warnanya coklat, meleleh, gosong, hitam penuh kerak dan lain sebagainya. dengan memeriksa busi kita dapat dengan cepat mengetahui bagian mobil mana yang yang rusak, berikut ini adalah kondisi busi dengan kerusakannya:

perbedaan busi rusak aus dan masih baik

1. busi berwarna coklat atau usang: pertanda busi mendekati masa habis bakai, segara ganti busi (kerusakan pada busi itu sendiri)

2. busi berwarna kekuning-kuningan atau kemerahan: artinya terjadi panas yang berlebihan pada mesin, biasanya masalah pada pendingin mesin mobil (radiator atau piranti pendingin lain).

3. gosong dan terjadi kerak: biasanya kesalahan pada setelan bahan bakar, cek aliran bensin dan peranti kelistrikan. 

4. meleleh: elektroda gosong atau meleleh ini disebabkan oleh kompresi yang salah atau kebocoran di mesin, sebagian oli ikut terbakar pada mesin.

5. terdapat kerak yang banyak pada kepala busi: setelan bahan bakar yang jelek, terjadi kebocoran pada sill klep sehingga membuat sebagian oli masuk ke busi.

6. Basah: terdapat sisa pelumas di elektroda dan kepala busi, periksa timing atau ritme pengapian atau perbaiki bahan bakar yang biasa anda gunakan, misalnya dengan membeli premium di SPBU atau mengganti dengan pertamax

busi bagus normal dan rusak berjelaga endapan karbon angus

7. mobil mendadak mati atau tersendat hampir mati, biasanya panas pada koil. matikan mobil dan kompres koil dengan kain yang diberi sedikit air.

* Beberapa Tips Perawatan Otomotif yang direkomendasikan antara lain:

mesin mobil motor kerusakan busi

1. Melihat Suspensi Mobil, mengulas tentang sistem suspensi pada mobil-mobil indonesia

2. Membaca Kode Ban Mobil, Melihat Kecepatan Maksimal Ban dan Daya Angkut Beban Maksimal

3. Memilih Oli Mobil yang Tepat, mengetahui jenis-jenis Oli dan Penerapannya pada Mobil anda

3 comments:

  1. saya punya mobil suzuki carry tahun 1997,, borosnya minta ampun, saya tidak tau apa penyebab asli nya.
    saya udah bawa ke beberapa bengkel terdekat di kota saya, tapi belum ada kepastian apa penyebab mobil saya itu boros....

    Bagi yg tau masalah pada mobil carry tolong beri tahu saya ya bozz, saya dah bingung nih

    ReplyDelete
  2. mesin dengan usia seperti itu, dah mengalami aus. pastikan kabel busi bagus (krn bisa jd kabel dari luar masih mulus, tapi tembaga/kawat dalamnya dah gak bagus) dan penambatannya bagus (tidak longgar), coil bagus (gak longgar terhadap busi), dan busi bagus (intinya pengapian oke). klo 3 busi bagus yg satu rusak, jg bisa boros bensin. silahkan dicoba dulu

    ReplyDelete
  3. Mohon Saran nya.
    saya mempunyai mazda double kabin th 2008, yang ingin sy sampaikan... menhidupkan mesin kendaraan Normal bisa sy nyalakan dengan kunci kontak namun saat akan saya matikan, mesin masih dalam keadaan menyala/hidup walaupun kunci kontak sudah diposisi Off ( Mati )

    Terima Kasih

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...