Wednesday, June 19, 2013

Mobil Murah Honda Brio Satya

tipsmobilbaru.blogspot.com - Mobil murah dari honda sudah didaftarkan ke pemerintah dengan nama Honda Brio Satya, seperti yang diperkirakan beberapa hari lalu bahwa hampir semua produsen otomotif akan memproduksi mobil murah (LCGC) dalam waktu dekat. Beberapa rekan media elektronik mengatakan bahwa Honda Prospek Motor telah mendaftarkan 5 varian Brio Satya ke pemerintah yakni:
Brio Satya Keluar 2013
* Brio Satya DD1 1.2 E AT
* Brio Satya DD1 1.2 S AT
* Brio Satya DD1 1.2 E MT
* Brio Satya DD1 1.2 S MT
* Brio Satya DD1 1.2 A MT
Varian tertinggi adalah pada Brio Satya DD1 1.2 E AT sedangkan varian honda brio terendah adalah DD1 1.2 A MT, mesin Brio Satya sendiri berbeda dengan Honda Brio Non LCGC (yang ditemui saat ini) dimana nantinya Honda Brio Satya memakai mesin dengan silinder 1200 cc. 
Honda Brio 1200 cc ini diperkirakan memiliki performa mesin yang sama dengan brio di negara tetangga (thailand) yakni memakai mesin 4 silinder SOHC 1,2 liter, mampu menghasilkan tenaga 90 Hp dan torsi 110 Nm, sebagai perbandingan brio yang ada sekarang memiliki tenaga 100 Hp. Jika benar Brio Satya memiliki daya 90 Hp tentunya mobil ini bisa diandalkan mengingat saingannya Agya dan Ayla nantinya hanya memiliki tenaga 65 Hp (sangat jauh berbeda), tenaga 90 Hp ini setara dengan tenaga kijang grand extra atau avanza 1200 cc (lumayan bukan), dengan bobot yang ringan akan memberikan tarikan mobil yang cukup baik.
Dari eksterior dikabarkan tidak mengalami perubahan dari honda brio saat ini, akan tetapi menilik segmen pasar yang dibidik dengan platform LCGC kemungkinan besar Brio Satya akan mengurangi fitur-fitur interiornya. Seperti AC, power window, power steering, brake system, sistem Audio maupun safety kemungkinan akan dilakukan penyesuaian.
Sebagai mobil LCGC (mobil murah hemat energi) Honda Brio Satya memang diberi keringanan pajak oleh pemerintah, akan tetapi juga harus memenuhi beberapa syarat antara lain:
1. menggunakan kandungan lokal sampai 80 persen
2. memiliki konsumsi bahan bakar minimal 1:20 atau 1 liter BBM dapat menempuh 20 Km atau lebih
3. Kapasitas silinder paling besar 1200 cc
Sebagai konsumen tentunya kita berharap Honda Brio satya meskipun harus memenuhi ke 3 syarat di atas tetap dapat memberikan kualitas yang baik.
Untuk harga Honda Brio Satya kami masih belum mendapatkan informasi yang pasti (akan diupdate jika harga telah keluar)
Update bulan september 2013
Honda Brio satya sudah dijual dengan harga 106 Juta (varian termurah) dan 117 juta rupiah (varian termahal). Brio Satya memiliki 3 varian yakni Brio Satya A harga 106 juta rupiah, Brio Satya S dijual dengan harga 111 Juta Rupiah dan Brio Satya E seharga 117 Juta Rupiah.
Mesin Brio Satya sama dengan honda brio sebelumnya, hanya perbedaannya brio satya dibuat dengan komponen lokal sebanyak 85 % (masuk dalam mobil LCGC), sedangkan Brio diimpor dari negara tetangga. Untuk masalah tenaga Brio Satya cukup unggul yakni memiliki daya 88 HP, cukup jauh jika dibandingkan dengan Agya dan ayla yang hanya 65 Hp.
Semua varian Brio Satya sendiri telah dibekali dengan airbags, sedangkan pembeda antar varian cenderung pada fitur entertaiment seperti sistem audio. Untuk bodi mobil tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan honda brio.
Untuk sistem transmisi Brio satya hanya dibekali transmisi manual untuk semua varian, hal ini karena keterbatasan waktu dalam menyiapkan mobil LCGC dan kondisi tanah di Indonesia yang cenderung naik turun/ berbukit-bukit sehingga membutuhkan mobil yang lebih bertenaga.
Pesaing Honda Brio Satya antara lain:
Sebagai perbandingan silahkan baca Honda Brio yang telah keluar saat ini

33 comments:

  1. Udah 2 bulan indent honda brio. Kata sales nya pasokan honda brio di stop dari thailand nya. Ya itu mau diganti dg brio LCGC. Jadi bingung. Mending ditunggu atw ganti mobil lain ya? Takut nya dah lama nunggu eh ternyata itu mobil krenyes. Punya info kapan kepastian brio satya keluar?

    ReplyDelete
  2. Udah 2 bulan indent honda brio. Kata sales nya pasokan brio dari thailand di stop. Mau di ganti dg BRIO LCGC. Jadi bingung... ditunggu atw ganti mobil lain ya? Takutnya udah lama nunggu ternyata mobil nya krenyes. Punya info kira2 kapan pastinya brio lcgc keluar?

    ReplyDelete
  3. Udah 2 bulan indent honda brio. Kata sales nya pasokan honda brio di stop dari thailand nya. Ya itu mau diganti dg brio LCGC. Jadi bingung. Mending ditunggu atw ganti mobil lain ya? Takut nya dah lama nunggu eh ternyata itu mobil krenyes. Punya info kapan kepastian brio satya keluar?

    ReplyDelete
  4. Brio satya mau nongol skitar awal september 2013, mau kluar di pemeran mobil di jkt gt katany. Harga skitar 100 jeti bo'.

    ReplyDelete
  5. Naik sepeda aja deh saya mah......!

    ReplyDelete
  6. Brio Satya infonya mulai diproduksi oktober 2013 dan dikirim ke pemesan november 2013. Saya juga sudah indent satu unit type E. Memang kadang bosan menunggu, lama banget.......ya....... prediksi saya sendiri saya kebagian jatah bulan Februari atau Maret. Karena Meski kendaraan tersebut sudah jadi bulan November pastinya buat yg di Jakarta dulu..... yang didaerah pasti belakangan..... Hik....... Karena bosan nunggu saya iseng beli Honda Beat....... dan utak-atik aja....... Biar Lupa sama si Satya. Siapa tahu...... tiba-tiba muncul si Satya...... wkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  7. Sya udah inden dari oktober, sampai skrg belum kelihatan brio satyanya, lama2 aku busan atau aku pindah beli toyata Agya aja ya...

    ReplyDelete
  8. Aku bosan menunggu inden brio satya dari bulan september hingga Desember >:/ÑG̲̮̲̅͡G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡>:/ datang2 juga, Ǻやªªª mending aku pidah aja inden toyota Agya ya ....

    ReplyDelete
  9. saya juga udah indent dari awal oktober.. sampe sekarang belum kelihatan batang hidung nya nih si satya..
    kata salesnya sih stoknya belum ada.. padahal saya udah bayar DP desember kemarin.. huft..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar gan,, mungkin lagi laris manis brio... banyak yang pesan, jadi antrinya lama...
      tp saya sudah banyak melihat brio satya kok gan di kota-kota kecil, artinya mobil ini cukup diminati pasar :-)

      Delete
  10. saya juga udah indent dari awal oktober.. sampe sekarang belum kelihatan batang hidung nya nih si satya..
    kata salesnya sih stoknya belum ada.. padahal saya udah bayar DP desember kemarin.. huft..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar gan,, mungkin lagi laris manis brio... banyak yang pesan, jadi antrinya lama...
      tp saya sudah banyak melihat brio satya kok gan di kota-kota kecil, artinya mobil ini cukup diminati pasar :-)

      Delete
  11. saya juga indent dari Januari 2014,salesnya bilang saya dapat unitnya akhir bulan Februari,ternyata masih harus nunggu lg,salesnya bilang 1 bln lg,ga bisa dipegang omongannya,mana udh tnda tangan kontrak...cape deh..

    ReplyDelete
  12. Indent dari november udah 4 bulan belum keluar juga brio satya nya...
    Lama2 saya ganti jadi wagon r aja nich..

    ReplyDelete
  13. indent dari tanggal 19 november 2013 sampai sekarang belum nongol juga....janji salesnya cuman dua bulan indentnya bulan januari udah keluar mobilnya ...terus molor satu bulan katanya stok nya belum ada paling pebuari...pass ditagih pebuari molor lagi satu bulan katanya bulan maret adanya ...eeeeh sampai sekarang ditunggu belum nongol juga ... kontrak udah ditanda tangan dp udah dibayar ... huh...pusing jadinya ... lama2 gua cabut juga tuh berkas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana gan jangan2 aku juga gitu yaa..

      Delete
  14. Cabut aja berkasnya bro, tmn gw dari awal des inden,.eh sampe.april di telp.belum bisa dipastikan mei juga ga brani jamin, gw rasa pabrik produksi mobilio harga lebih mahal spek didalam kabin sama persis dng brio, brarti mesinnya produksinya sama... Sabar ya!! Bisa jadi brio kaga diproduksi dulu..

    ReplyDelete
  15. Saya inden dari maret'14 belum ningol jg nih..toling dong konsumen jgn digantungkan begini jadinya kan banyak kecewanya..minta kepastian dong kapan unitnya nongol

    ReplyDelete
  16. Saya inden dari maret'14 belum ningol jg nih..toling dong konsumen jgn digantungkan begini jadinya kan banyak kecewanya..minta kepastian dong kapan unitnya nongol

    ReplyDelete
  17. Saya jd takut nih saya baru inden 17 maret ..mau ready nya kapan tuh brio satya..

    ReplyDelete
  18. Saya inden dari maret'14 belum ningol jg nih..toling dong konsumen jgn digantungkan begini jadinya kan banyak kecewanya..minta kepastian dong kapan unitnya nongol

    ReplyDelete
  19. ane baru aja indent hari ini, janjinya juni atau juli...pasrah sajalah...

    ReplyDelete
  20. Iya sama saya juga baru indent sekarang janjinya juni atau juli pasrah aja lah

    ReplyDelete
  21. Mao nyoba indent ahh.....soalnya kta salesnya 2 bln

    ReplyDelete
  22. saya indent dr Januari tp ampe skrg blm dtg2 jg...Malah sering bgt dikecewakan sama salesnya...Dr masalah warna lah, unit sudah tidak produksi lah...Bener2 ga profesional sales hondanya...Dr awal aja jualan tp ga menguasai produknya...Ditanya spek ga tau apa2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak yang digantung kayak gini,,, semoga pihak Honda mengetahui keluhan tentang honda brio satya ini.

      Delete
  23. Sebenernya Brionya tuh msh produksi enggak sih,aku jg indent dr februari mpe skrng nggak nongol jg,keseeeellll

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar boss,,, kalo bisa coba dicabut dl DPnya.... sapa tahu bisa,,, ane juga ikut geram nih banyak banget yang dikecewakan sama brio satya

      Delete
  24. saya inden 5 maret 2014 di mandala sena malang, sampai sekarang tdk ada kabar. sudah sy hub salesnya, tp tdk dijawab. semoga saja sy tdk dikecewakan. kasihan istriku yg sudah lama nunggu

    ReplyDelete
  25. Aku pesan dari bulan desember sampai sekarang juga gak ada kabarnya sama sekali

    ReplyDelete
  26. saya cuma indent 1 minggu, karena bilang ke salesnya kalo gak mau indent..

    ReplyDelete
  27. saya inden Brio satya E dari bulan april, blum datang2. kayaknya brio setengah hati menggarap pasar LGLC. produksi satya di salip sama mobilio dan sekarang mereka nge push produksi yang brio matic. Sebeeel

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...